Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Wahyuningsih
"Seperti halnya makhluk hidup, organisasi pun memiliki Lifecycle mulai dari suatu ide, lahir, berkembang, hingga mati. Mempelajari Organization Lifecycle dinilai sangat membantu, karena setiap tahapan siklus memiliki tantangan dan permasalahan yang khas. Pendekatan Organization Lifecycle dari Adizes (1983), membagi tahapan siklus ke dalam 10 tahap yaitu : (1) Courtship (2) infancy (3) Go-go (4) Adolescence (5) Prime (6) Stable (7) Aristocracy (8) Early Bureaucracy (9) Bureaucracy (10) Death. Di setiap tahap memiliki karakteristik dan permasalahan yang khas. Permasalahan yang terjadi pada setiap tahap dapat dikelompokkan menjadi normal problem dan abnormal problem. Normal problem adalah masalah yang bisa diselesaikan oleh organisasi itu. Jika normal problem tersebut biasa terjadi pada kebanyakan organisasi yang sendiri berada pada tahap tertentu, maka masalah tersebut dinamakan Sensation, jika jarang terjadi, disebut Transition. Abnormal problem adalah masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh organisasi sendiri, perlu bantuan dari luar. Jika abnormal problem berasal dari Sensation yang tidak bisa diselesaikan, bahkan langkah penyelesaian yang diambil oleh perusahaan justru menimbulkan masalah lain, masalah tersebut adalah Complexity. Untuk abnormal problem yang jarang terjadi dan tidak bisa di atasi oleh perusahaan disebut Pathology. Pathology dapat membuat organisasi tertahan pada satu tahapan tertentu. Dengan mempelajari permasalahan apa yang terjadi dalam suatu organisasi, maka dapat disusun program intervensinya, baik intervensi kuratif untuk menyelesaikan masalah yang ada, atau bahkan intervensi preventif untuk mempersiapkan organisasi agar lebih siap menghadapi permasalahan di tahapan berikutnya. Pendekatan Adizes ini digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan di PT. ASV yang sedang berada pada tahap go-go. PT. ASV memiliki complexity problem, dimana foundemya tidak berhasil mendelegasikan otoritas kepada para manajernya, sehingga para manajer tidak dapat berfungsi efektif Program intervensi yang ditawarkan dalam rancanangan program intervensi ini adalah:
1. Intervensi tingkat Individual untuk Founder dan para manajer
2. lntervensi tingkat interpersonal
3. Intervensi tingkat organisasi
Semua itu disusun untuk meminimalkan resistensi perusahan karena tidak tahu, tidak mampu, dan tidak mau. Rancangan ini diharapkan dapat membantu PT. ASV dalam menyelesaikan masalahnya, sehingga ia dapat melangkah ketahap berikutnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38224
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wempy Halim
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada pengaruh siklus hidup dan keadaan kesulitan keuangan perusahaan terhadap pengambilan keputusan strategi perusahaan yang akan dilakukan. Strategi perusahaan yang dimaksud dalam penelitian adalah restrukturisasi pada bagian operasional, aset, atau finansial. Kemudian penelitian ini juga mengamati efektifitas dari strategi restrukturisasi yang dilakukan terhadap peningkatan performa perusahaan. Penelitian juga mempertimbangkan fase siklus hidup perusahaan dan melihat pengaruhnya terhadap keputusan pengambilan strategi restrukturisasi serta dampaknya bagi performa perusahaan.

ABSTRACT
This research focuses on finding effect of corporate lifecycle and financial distress to firm decision of restructuring strategy. The restructuring strategy in this research are operational, asset, or financial restructuring. This research also observes effectiveness of the restructuring strategy to increase corporate performance. Besides, corporate lifecycle is included as part of consideration, this research tries to define effect of corporate lifecycle stage to restructuring decision and its effect to corporate performance."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmina Zubaedah
"This article provides the results of an exploratory study that investigated the effect of Capability
Lifecycle Path on attaining effective adaptation through innovation. Based on Miles and Snow
(1978), an empirical study was conducted to explore whether performing firms are those that indicate
consistency within the strategy, process, structure and Capability Lifecycle Path arrangement.
The basic premise of this study is adaptability for sustainability, where firms go through adaptation
cycles through Business Model Innovation would perform well when they are able to consistently
create value and effectively manage adopted business models, or denoted as Business Model
Effectiveness. Using data obtained from seven Indonesian firms in various industries, PLS Analysis
was conducted to investigate the relationships between Business Strategy, Firm Resource Configuration,
Capability Lifecycle Path and Business Model Effectiveness. Findings indicated that Capability
Lifecycle Path, or decisions made on the development of capabilities at the mature stage,
is an important part of the series of decisions made during adaptation to ensure performance."
Universitas Indonesia, 2013
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Munjiah Nur Saadah
"In service-oriented computing, web services are the basic foundation that aims to facilitate building of business application in a more flexible and interoperable manner for enterprise collaboration. One of the most promising advantages of web service technology is the possibility of creating added-value services by combining existing ones. A key step for composing and executing services lies in the se-lection of the individual service to use. Much attention has been devoted to appropriate selection of service functionalities, but also the non-functional properties of the services play a key role. A web service selection technique must take as much as possible the important influencing aspects into ac-count to the selection process in order to minimize the selection efforts. This paper evaluates several web service selection techniques published in literature with the focus on their contributions to web service selection. The evaluation results can be used as a basis for improving web service selection techniques and then simplifying the selection tasks.
Dalam komputasi berorientasi layanan, layanan web adalah dasar pembangunan yang bertujuan untuk memfasilitasi pembangunan aplikasi bisnis dengan cara yang lebih fleksibel dan interoperable untuk kolaborasi perusahaan. Salah satu keuntungan yang paling menjanjikan dari teknologi web service adalah kemungkinan untuk menciptakan nilai tambah dengan menggabungkan layanan yang sudah ada. Sebuah langkah kunci untuk menyusun dan melaksanakan layanan terletak pada pemilihan lay-an-an individual yang akan digunakan. Banyak penelitian berfokus pada pemilihan fungsi pelayanan yang tepat, namun properti non-fungsional dari layanan yang memainkan peran kunci juga tetap di-perhatikan. Sebuah teknik dalam menyeleksi layanan web harus mengambil sebanyak mungkin aspek penting yang mempengaruhi perhitungan terhadap proses seleksi dalam meminimalisir upaya seleksi. Penelitian ini mengevaluasi beberapa teknik seleksi layanan web yang dipublikasikan dalam literatur dengan fokus pada kontribusi mereka terhadap pemilihan layanan web. Hasil evaluasi dapat digu-nakan sebagai dasar untuk meningkatkan teknik pemilihan layanan web yang dapat menyederhanakan proses-proses seleksi."
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Faculty of Information and Technology, Department of Informatics, 2014
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sepehr Sadiigh
"In this research, a layered-recurrent artificial neural network (ANN) using the back-propagation method was developed for simulation of a fixed-bed industrial catalytic reforming unit called Platformer. Ninety-seven data points were gathered from the industrial catalytic naphtha reforming plant during the complete life cycle of the catalytic bed (about 919 days). Ultimately, 80% of them were selected as past horizontal data sets, and the others were selected as future horizontal ones. After training, testing, and validating the model with past horizontal data, the developed network was applied to predict the volume flow rate and research octane number (RON) of the future horizontal data versus days on stream. Results show that the developed ANN was capable of predicting the volume flow rate and RON of the gasoline for the future horizontal data sets with AAD% (average absolute deviation) of 0.238% and 0.813%, respectively. Moreover, the AAD% of the predicted octane barrel levels against the actual values was 1.447%, which shows the excellent capability of the model to simulate the behavior of the target catalytic reforming plant."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2013
UI-IJTECH 4:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Ali Ma`sum
"Laporan praktik keinsinyuran ini membahas proses transformasi digital pada proses bisnis bidang Gas Bumi di BPH Migas melalui aplikasi Sistem Informasi Laporan Verifikasi dan Administrasi (SILVIA). Pembahasan difokuskan pada aspek profesionalisme, Kode Etik, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta aspek lingkungan. Metodologi pada pengembangan aplikasi dilakukan dengan Metode Plan, Do, Check, Action (PDCA), dimana pada tahap perencanaan dilakukan analisis dan identifikasi permasalahan pada aplikasi eksisting, identifikasi kebutuhan user untuk pengembangan aplikasi, penyusunan data flow diagram dan penyusunan dokumen functional design. Berdasarkan analisis dan identifikasi permasalahan pada aplikasi eksisting, penyusunan dokumen functional design menjadi faktor yang sangat penting untuk keberhasilan pengembangan aplikasi dan menjadi bagian awal dari model Software Development lifecycle yang digambarkan dalam laporan ini sebagai hasil dari diskusi/brainstorming untuk pengembangan aplikasi selanjutnya. Selain itu, proses transformasi digital diharapkan memberikan dampak untuk memelihara lingkungan melalui paperless activity.

This report discusses the digital transformation process in the Natural Gas business process at BPH Migas through the Verification and Administration Report Information System (SILVIA) application. The discussion is focused on aspects of professionalism, Code of Ethics, aspects of Occupational Health and Safety and also environmental aspects. The methodology in developing applications with the Plan, Do, Check, Action (PDCA) method, where in the planning, analysis is carried out related to identifying problems in existing applications, identifying user needs for application development, preparing data flow diagrams and preparing functional design documents. The results of the analysis based on the identification of existing application problems, the preparation of functional design documents is a very important success factor of application development and becomes the initial part of the Software Development lifecycle model described in this report as a result of discussions/brainstorming for further application development. The digital transformation process is expected to have an impact on maintaining the environment through paperless activity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Iwany Amalliah Badruddin
"Karies gigi merupakan masalah kesehatan global dan penyakit gigi yang paling tinggi prevalensinya. Peningkatan masalah penyakit karies gigi di Indonesia masih mengkhawatirkan berdasarkan tren prevalensi pada Riskesdas 2007 sampai 2018, sedangkan Pemerintah telah menetapkan target Indonesia Bebas Karies 2030 untuk kelompok usia 12 tahun. Tren peningkatan prevalensi dan keparahan penyakit karies gigi terjadi pada semua umur, karena itu, tujuan penelitian ini adalah meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman karies di Indonesia melalui data populasi Indonesia dengan pendekatan siklus kehidupan.
Metode: Analisis data sekunder dari Riskesdas 2018 berdasarkan kelompok usia menurut WHO, yaitu kelompok usia 5, 12, 15, 35-44 dan 65-74 tahun.
Hasil: Besar sampel untuk masing-masing kelompok usia adalah 668, 690, 649, 8123 dan 2602 subjek. Prevalensi penyakit karies gigi pada masing-masing kelompok usia adalah 93,4%, 68,8%, 68,1%, 92,1% dan 95,2%. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pengalaman karies pada kelompok anak dan remaja, adalah variabel persepsi tentang masalah kesehatan gigi, dengan nilai asosiasi Odds Ratio (OR) berkisar antara 3,066 sampai dengan 11,714. Faktor sosioekonomi dan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi juga menunjukkan hubungan yang bermakna dengan pengalaman karies anak dan remaja. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pengalaman karies pada kelompok dewasa adalah jenis kelamin (OR=2,007;95%CI 1,703-2,366). Sedangkan untuk kelompok lansia, faktor yang paling berpengaruh terhadap pengalaman karies adalah faktor kecukupan tenaga dokter gigi di puskesmas pada tingkat provinsi (OR=1,626;95%CI 1,069-2,475). Faktor merokok aktif menunjukkan asosiasi yang kuat (OR>1; p<0,05) di kelompok dewasa dan lansia. 
Kesimpulan: Faktor yang berpengaruh terhadap pengalaman karies berbeda pada setiap kelompok usia. Hal ini berimplikasi pada program pencegahan penyakit karies gigi.

Dental caries is a global health problem and the highest prevalence of dental disease. The increase in the problem of dental caries in Indonesia is still worrying based on the prevalence trend in Riskesdas 2007 to 2018, while the Government has set the 2030 Caries-Free Indonesia target for the 12 year age group. The trend of increasing prevalence and severity of dental caries occurs at all ages, therefore, the purpose of this study is to examine the factors that influence the caries experience in Indonesia through Indonesian population data with a life cycle approach.
Methods: Analysis of secondary data from Riskesdas 2018 based on age groups according to WHO, namely age groups 5, 12, 15, 35-44 and 65-74 years.
Results: The sample sizes for each age group were 668, 690, 649, 8123 and 2602 subjects. The prevalence of dental caries in each age group was 93.4%, 68.8%, 68.1%, 92.1% and 95.2%, respectively. The most influential factor on the caries experience in the group of children and adolescents is the variable perception of dental health problems, with the association value of Odds Ratio (OR) ranging from 3.066 to 11.714. Socioeconomic factors and utilization of dental health services also showed a significant relationship with the caries experience of children and adolescents. The most influential factor on the caries experience in the adult group was gender (OR=2.007; 95%CI 1.703-2.366). As for the elderly group, the most influential factor on caries experience was the adequacy of dental personnel at Public Health Centre at the provincial level (OR=1,626; 95%CI 1.069-2.475). The active smoking factor showed a strong association (OR>1; p<0.05) in the adult and elderly groups.
Conclusion: The factors that influence the caries experience are different in each age group. This has implications for the dental caries prevention program.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bima Bijak Prasetyo
"Repositori Institusi menjadi bagian yang penting dalam pengelolaan karya-karya yang dihasilkan institusi. Pengembangannya Repositori Institusi sebagai sebuah layanan perlu berorientasi kepada kepentingan pemangku kepentingan. Maka penelitian ini, bertujuan untuk melihat kebutuhan dan harapan sivitas akademik terhadap repositori institusi ITL Trisakti. Penelitian dengan pengembangan Repositori Institusi ITL Trisakti sebagai objek penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam kepada informan dan observasi untuk mendapatkan data penelitian,. Menggunakan teori
Maslow mengenai kebutuhan manusia sebagai dasar analisis, berikut adalah hasil
penelitian yang diperoleh: kebutuhan sivitas akademika atas repositori ITL Trisakti merupakan kebutuhan fisiologis, yakni sebagai tempat penyimpanan yang baik sehingga karya-karya yang dihasilkan akan aman untuk kepentingan jangka panjang (kebutuhan rasa aman). Dengan adanya repositori terjalin komunikasi ilmiah antara sivitas akademika dengan masyarakat ilmiah yang menurut Maslow merupakan kebutuhan cinta dan rasa saying. Repositori dapat menampilkan kemampuan diri melalui karyakarya yang dihasilkan merupakan kebutuhan aktualisasi diri. Adapun Harapan yang diinginkan oleh sivitas akademika ITL Trisakti antara lain, Repositori memiliki tujuan (Goal) menjadi tempat penyimpanan karya-karya ITL Trisakti dengan kualitas baik sehingga bisa menjadi informasi dan rujukan dalam bidang transportasi dan logistik.
Dengan strategi (Pathway Thinking) membuat kebijakan yang jelas, menghasilkan
karya-karya dengan kualitas yang baik. Pengelolaan repositori dengan pemilahan
(kurasi) untuk menjaga kualitas, untuk peningkatan penyimpanan dan penggunaan
repositori perlu dilakukan promosi. Selanjutnya untuk memotivasi dorongan untuk
memulai dan mempertahankan repositori (Agency Thinking). Dengan menerapkan open
access atas repositori akan menjadikan karya-karya yang telah dihasilkan dilihat dan dikutip oleh masyarakat ilmiah (sebuah bentuk aktualisasi diri). Perlunya penghargaan dari institusi terhadap karya-karya yang telah dihasilkan oleh sivitas akademika.
Diperlukan pula sebuah kebijakan yang jelas sehingga Repositori Institusi ini
berkembang dan menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan Kebutuhan dan Harapan
tersebut, the DCC curation lifecycle menjadi model yang cocok untuk memenuhinya.

Institutional repositories are an important part of managing the intellectual works of an
institution. The development of Institutional Repositories as a service needs to be
oriented to the stakeholders. So this research aims to see the needs and expectations of
the academic community towards the repository. This research is qualitative as the
object is ITL Trisakti as an organization, with in-depth interviews with informants and
observations to obtain research data. With the following research results, the needs of
the ITL Trisakti academic community based on Maslow's theory are as follows; storage
area (physiological needs), a well-managed repository so that the works produced will
be safe for long-term interests (safety needs), with a repository for scientific
communication between the academic community and the scientific community (love
and affection needs), then the repository can display one's abilities through the works
produced (self-actualization needs). And the hope that is wanted by the ITL Trisakti
academic community is, among other things, the Repository has the goal (goal) of being
a place for storing ITL Trisakti works of good quality so that it can become information
and reference in the field of transportation and logistics. With the strategy (Pathway
Thinking) making clear policies, producing good quality work, managing repositories
with sorting (curation) to maintain quality, to increase storage and use of repositories,
promotion needs to be done. Furthermore, to motivate the drive to start and maintain
repositories (Agency Thinking), with repositories having open access or open access to
make the works that have been produced seen and quoted by the scientific community
(a form of self-actualization), then the need for appreciation from institutions, for works
-The work that has been produced by the academic community, lastly is a clear policy
so that this Institutional Repository stands and carries out its functions properly. With
these needs and expectations, the DCC curation lifecycle becomes a suitable model for
implementation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shahnaz Nadiva
"[ABSTRAK
Penggunaan online shopping, khususnya di bidang fashion, sebagai salah satu
pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia memiliki proses penerimaan yang
kompleks berdasarkan perilaku konsumen yang late adopters, risk averse, socially
oriented, dan impulsive buyers. Salah satu model behavior yang sesuai dengan
perilaku konsumen tersebut adalah Schwartz Motivational Value. Penelitian ini
dikhususkan pada responden yang pernah melakukan pembelian secara online di
Zalora selama tiga bulan terakhir dan diolah menggunakan metode Structural
Equation Modelling untuk memperoleh value apa saja yang mempengaruhi behavior
konsumen dalam mengadopsi online shopping, sehingga diketahui sejauh mana
konsumen menerima online shopping melalui framework technology adoption
lifecycle serta dapat memberikan rekomendasi terkait strategi marketing perusahaan
e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup konsumen socially oriented
dan impulsive buyers yang secara signifikan memanfaatkan resources internet dalam
melakukan online shopping, namun pada saat yang sama grup konsumen socially
oriented merasakan ketidakyamanan dalam melakukan online shopping. Selain itu,
dengan adanya resources dalam melakukan online shopping tidak serta merta
membuat konsumen sering melakukan online shopping dan berdampak pada uang
yang dikeluarkan, akan tetapi adanya ketidaknyamanan justru berdampak signifikan
terhadap frekuensi online shopping yang dilakukan konsumen serta uang yang
dikeluarkan. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa konsumen Zalora berada pada tahap Early Majority dalam menerima Zalora
sebagai salah satu online shopping di Indonesia.
ABSTRACT
The usage of online shopping, especially in the field of fashion, as one of the needs
fulfillment for Indonesian community seems to have a complex adoption process
based on the nature of Indonesian?s consumer behavior, which are late adopters, risk
averse, socially oriented and impulsive buyers. One of the behavior model that
corresponds to this consumer behavior is Schwartz Motivational Value. This research
is devoted to the respondents who had made a purchase online in Zalora over the past
three months and the data is processed using Structural Equation Modeling to obtain
values that influence the behavior of consumers in adopting online shopping, how far
consumers receive online shopping technology through the framework of technology
adoption lifecycle based on the result, and also provide recommendations related to
the company's marketing strategy. The results show that consumer who tends to be
socially oriented and impulsive buyers significantly utilize internet resources in doing
online shopping, but at the same time socially oriented consumers feel inconvinience
in doing online shopping. Moreover, with the resources to do online shopping does
not necessarily mean that consumers often do online shopping and spent more money
on online shopping, but the inconvinience in online shopping is precisely a significant
impact on the frequency of consumer online shopping done and the money that is
spent on it. Therefore, based on these results we can conclude that Zalora consumers
are at the stage of the Early Majority in accepting Zalora as one of the online
shopping in Indonesia., The usage of online shopping, especially in the field of fashion, as one of the needs
fulfillment for Indonesian community seems to have a complex adoption process
based on the nature of Indonesian’s consumer behavior, which are late adopters, risk
averse, socially oriented and impulsive buyers. One of the behavior model that
corresponds to this consumer behavior is Schwartz Motivational Value. This research
is devoted to the respondents who had made a purchase online in Zalora over the past
three months and the data is processed using Structural Equation Modeling to obtain
values that influence the behavior of consumers in adopting online shopping, how far
consumers receive online shopping technology through the framework of technology
adoption lifecycle based on the result, and also provide recommendations related to
the company's marketing strategy. The results show that consumer who tends to be
socially oriented and impulsive buyers significantly utilize internet resources in doing
online shopping, but at the same time socially oriented consumers feel inconvinience
in doing online shopping. Moreover, with the resources to do online shopping does
not necessarily mean that consumers often do online shopping and spent more money
on online shopping, but the inconvinience in online shopping is precisely a significant
impact on the frequency of consumer online shopping done and the money that is
spent on it. Therefore, based on these results we can conclude that Zalora consumers
are at the stage of the Early Majority in accepting Zalora as one of the online
shopping in Indonesia.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62137
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>