Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wasiyanto
"Industri kulit berperanan penting dalam perekonomian Indonesia. Industri ini memberikan kontribusi untuk peningkatan kegiatan ekonomi domestik seperti penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja. Terdapatnya kebijakan pajak ekspor kulit mentah menjadi isu sentral dalam konteks ekonomi politik internasional. Hal ini cukup menarik untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ekspor industri kulit dan produk kulit Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ekspor industri kulit dan produk kulit, serta untuk mengidentifikasi implikasi dari implementasi peraturan pemerintah terutama pajak ekspor kulit mentah terhadap kinerja ekspor industri kulit dan produk kulit. Faktor-faktor yang akan dianalisis adalah variabel Produk Domestik Bruto riil (sebagai proxy produksi), harga relatif ekspor, nilai tukar nominal, dummy kebijakan pajak ekspor kulit mentah dan dummy krisis ekonomi. Penelitian meliputi periode 1980 - 2008 dan menggunakan Ordinary Least Square (OLS) regresi ganda.
Hasil uji validitas ekonometrik dalam penelitian ini adalah ketiadaan multicollinearity, heteroscedasticity, dan otokorelasi. Dari hasil regresi, koefisien determinasi (adjusted R Squared) adalah 0,85 yang menunjukkan bahwa sekitar 85 persen variasi penawaran ekspor industri kulit dan produk kulit dijelaskan oleh semua variabel independen dalam model. Di sisi lain sekitar 15 persen variasi variabel dependen tidak dapat dijelaskan oleh semua variabel independen dalam model regresi. Variabel seperti harga relatif ekspor, nilai tukar nominal, dan dummy pajak ekspor kulit mentah secara statistik berpengaruh signifikan terhadap kinerja ekspor industri kulit dan produk kulit. Sementara itu, produk domestik bruto riil sebagai pengganti produksi dan dummy krisis tidak berpengaruh signifikan terhadap penawaran ekspor.
Studi ini menemukan bahwa selama periode penelitian kinerja ekspor (penawaran ekspor) industri kulit dan produk kulit lebih dipengaruhi oleh harga relatif eskpor, nilai tukar nominal dan adanya kebijakan pajak ekspor pada kulit mentah. Dengan demikian kebijakan pajak ekspor pada kulit mentah ini dapat mendorong peningkatan ekspor industri kulit dan produk kulit dengan ketersediaan bahan baku di dalam negeri.

Leather industry plays important roles in Indonesian economy. The industries contribute to increase domestic economic activities such as foreign exchange earnings and labor intensive industry. There is export tax policy on raw leather become central issues in the context of international political economy. It is interesting enough to find the determinant factors that affect on export supply of Indonesian leather and leather products industry.
The objective of this research is to identify and analyze determinant factors of export performance of leather and leather products Industry, and also to identify the impact of the implementation of government regulations mainly export tax on raw leather to export performance of leather and leather products industry. The factors that will be analyzed are variables of real Gross Domestic Product (as proxy of output), relative price of export, nominal exchange rate, dummy export tax policy on raw leather and dummy economic crisis. The research covers period of the study during 1980 - 2008 and uses Ordinary Least Square (OLS) multiple regression.
Econometric validity test in this research is absence of multicollinearity, heteroscedasticity, and autocorrelation. From the regression result, the adjusted R Squared coefficient of determination is 0.85 which indicates that about 85 percent variation of export supply of leather and leather products explained by all independent variables in the model, which means that this form is a good fit for the data. On the other hand, around 15 percent variation of dependent variable cannot be explained by all independent variables in the regression model. Variables such as relative price of export, nominal exchange rate, and dummy export tax on raw leather had a statistically significant influence on export supply of leather and leather products industry. Meanwhile, real gross domestic product as proxy output and dummy economic crisis had not a significant influence on export supply.
This research found that over the period of the study, the export performance (export supply) of leather and leather products industry is more influenced by relative price of export, nominal exchange rate and the policy of export tax on raw leather. Thus, the export tax policy on raw leather may encourage the increased export of leather and leather products industry with the availability of raw materials in the country."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28779
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Panggabean, Randy P.
"Penulis memilíh topik ini karena melihat bahwa industri kulit imitasi yang merupakan salah satu industri kimia, memiliki konsumen pada segmen industri yang amat luas dan mempunyai keunggulan-keunggulan kompetitif nasional, ikut mengalami kemerosotan penjualan akibat krisis Pertumbuhan pasar kulit imitasi sejak awal ?90-an terus berkembang pesat sehíngga mencapai puncaknya tahun 1996. Turun sekitar 20% pada akhir 1997; merosot lagi 50% sepanjang tahun 1998 lalu nyaris tidak ada perubahan pada tahun 1999, dan akhimya mulai ada geliat pertumbuhan sekitar 5 ? 10% sampai dengan kuartal III tahun 2000. Yang menarik adalah, segmen industri pengguna kulit imitasi tenis bertumbuh khususnya yang beronentasi ekspor. Hal ini curna dapat berarti bahwa permíntaan luar ne?eri untuk produk yang menggunakan kuLit imitasi sebagai salah satu bahan baku atau sel uruhnva. terbuka lebar dan meningkat.
Sangat disayangkan bahwa akibat krisis tidak sedikit pelaku industri yang tidak mampu bertaban, padahal sebelumnya sehat dan menguntungkan. Hal ini menggelitik keingintahuan penulis untuk meneliti bagaimana sebenamya strategi yang diterapkan pada masa lalu dan bagaimana sebenamya strategi yang tepat untuk ditempuh dalam rnenghadapi krisis yang lambat pemulihannya, kesejahteraan masyarakat memburuk, inflasi, depresíasi rupiah, dan menjelang persaingan global yang dicanangkan oleh pemerintab pada tahun 2003. Satu hal yang pasti, situasi dan kondisi perekonomian Indonesia tidak akan pulih dalam waktu dekat, dan persaingan global cepat atau lambat akan tiba. Menghadapi tangangan yang sudah berat dan semakin berat jadi. Tidak ada kata lain bagi industri kulit imitias di lndonesia selain meninjau kembali kemampuan diri dan mengukunya terhadap persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku industri global. Sebab pasar masa depan adalah dunia, bukan hanya wilayah atau negara. Pasar yang tidak lagi dibatasi oleh tempat, budaya dan bahkan waktu juga tidak lagi aktif/pasif melainkan interaktif.
Pada saat pasar interaktif itu terjadi, keunggulan bersaing suatu industri dan bangsa haruslah memenuhi standar global yang berlaku. Industri yang ragu dan tidak siap dalarn pengertian strategi internal dan eksternal, akan mengalanhi kemunduran dan kegagalan dalam persaingan global.
Tujuan penulisan adalah untuk melakukan perumusan sirategi yang sebaiknya diadopsi industri kuilt imitasi Indonesia agar dapat bersaing baik di pasar dalam negeri. ma upun yang lebih luas dan potensial, pasar global. Dalam pembahasan tulisan ini, untuk dapat menganalisis strategi yang dilakukan oleh industri kuht irnitasi di Indonesia, penulis mengambil contoh studi kasus PT. Rasico Industry Corp., Ltd. (Rasico) yang merupakan perintis industn kulit imitasi JCfliS Polyurethar1e dan Polyvinyl Chloride dengan proses coating sejak tahun 1974. Berjuang dan awai dan berhasil menjadi market leader dalam periode sekitar tahun 1986 1996. Sebagai pcrusahaan keluarga yang dikelola secara konservatif dan konvensional, ternyata rapuh kctika diterpa krisis. Namun demikian, dengan keunggulan-keunggulan yang distriktif masih dapat hertahan dan menyadari perlunya dilakukan terobosan strategi yang tcpat agar dapat keíuai dan kaneah permasalahan dan persaingan sebagai pemenang.
Pada analisis yang dilakukan dalam tulisan ini, penulis menempuh sistematika proses manajemen strategik yang dipadukan dengan kaidah seria strategi pemasaran dan persaingan Secara garis besar analisis dibatasi pada identifikasi peluang dan ancaman dan lingkungan eksternal. analisis persanigan dan bauran pmasaran, identifjkasi keunggulan dan kelemahan dan Iir1gkungan internal, analisis posisi dan strategi yang sesuai bagi unit bisnis/perusahaan, serta bentuk-bentuk penerapan dan pengembangannya.
Ditemukan bahwa pemasaran strategik Rasico untuk penode 2001 ?2003 tidak dapat melanjutkan strategi konvensional yang lama. ditemukan peluang yang baik bahkan dalam keadaan sulit sekarang khususnva segmen industri utama dan pasar ekspor, narnun diidentifikasi pula kelemahan yang menghalangi keungguan yang telah dimiliki untuk menangkap pe!uang secara optimal. Langkah pemasaran strategik yang disarankan adalah kornbinasi strategi pertumbuhan dengan pemantapan dan strategi diversifikasi. Strategi pertumbuhan dengan pemantapan adalah perbaikan menyeluruh dan peningkatan produktifitas dengan menerapkan prinsip-prinsip efisiensi yang efektit tokus kepada segmen utama yang dikuasai dan rnenguntungkan. Diferensiasi produk dengan biaya reiatif rendah harus terus menerus diciptakan, baik produk maupun layanan yang berorientasi kepuasan pelanggan. Strategi diversilikasi melipuli produk usaha baru/alternatif yang dapat ditempuh demi mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh lingkungan dan persaingan aktititas bisnis ini."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T5924
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Larasati
"Dalam rangka menaikkan daya saing ekspor produk kulit, Pemerintah memberikan kebijakan berupa kemudahan dalam mengimpor bahan baku untuk diproduksi menjadi barang dengan tujuan ekspor, yang disebut Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Kebijakan KITE yang diberikan pada Industri Kulit diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada Industri Kulit, yaitu mengenai kontinuitas bahan baku. Atas kemudahan yang diberikan dalam fasilitas ini, diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada Industri Kulit yang nantinya akan berpengaruh juga terhadap harga dari produk kulit yang tujuannya diekspor akan lebih bersaing. Penelitian ini akan membahas implementasi Kebijakan KITE atas Industri Kulit serta hambatan yang dihadapi dalam implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan yang dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kebijakan KITE atas Industri Kulit belum cukup efektif, karena terdapat hambatan-hambatan yang belum diselesaikan secara optimal. Akibatnya masih banyak perusahaan Industri Kulit yang belum menggunakan fasilitas ini.

In order to increase the competitiveness, the Government provided a policy in the form of easing importing raw materials to be produced into goods for export purposes, which is called “Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)”. The KITE Policy given to the Leather Industry is expected to overcome the problems that occur in the Leather Industry, which is the continuity of raw materials. The convenience provided by this incentive is expected to be able to overcome the problems that occur in the Leather Industry, which will also affect the prices of leather products in which its purpose to be exported. This study will discuss the implementation of KITE Policy for the Leather Industry and the obstacles faced in its implementation. This study uses a qualitative approach with descriptive design dan data collection techniques such as library research and field studies which is conducted with interviews. The results show that the implementation of KITE Policy for the Leather Industry have not been really effective, because there are obstacles that have yet to be resolved optimally. As a result, there are still many companies in the Leather Industry that have not use this incentive."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Romanus Anugrah Jalil Budipatmana
"Industri penyamakan kulit ( tannery ) cukup berkembang di Indonesia. Industri ini merupakan penghasil bahan baku bagi industri yang mengolah kulit menjadi bahan jadi seperti: sepatu, koper, tas, jaket, kerajinan tangan dan lain-lain.
Perkembangan industri penyamakan kulit harus diimbangi dengan perkembangan teknologi pengolahan limbah, terutama limbah cairnya. Hal ini disebabkan karena limbah cair yang dihasilkan oleh industri penyamakan kulit mempunyai beban pengolahan yang besar, yaitu: 144,9 kg/ton BOD, 351,9 kg/ton COD, 48,3 kg/ton TSS; 3,45 kg/ton krom total, 3,45 minyak dan 12,42 kg/ton amoniak serta debit limbah cair sebesar 191,3 m / hari.
Berdasarkan data kualitas limbah cair industri penyamakan kulit di atas, maka unit pengolahan limbah cair disarankan agar limbah cair tersebut memenuhi baku mutu yang ditetapkan adalah : pengolahan fisik (oil-catcher, fine-screen, comminutor, bak ekualisasi), pengolahan kimia (presipitasi krom.oksidasi sulfida, netralisasi, koagulasi-flokulasi-sedimentasi) dan pengolahan biologi (activated-sludge).
Dengan menggunakan unit pengolahan tersebut diharapkan kualitas limbah yang keluar dari unit pengolahan ini adalah : BOD = 60 mg/L, COD = 204 mg/L dan TSS = 42 mg/L. Industri PT. Budi Makmur Jayamumi yang dievaluasi pada prinsipnya juga menggunakan unit pengolahan limbah cair seperti di atas. Limbah cair yang dihasilkan instalasi pengolahan limbah cair juga masih memenuhi baku mutu yang ditetapkan, sehingga instalasi pengolahan limbah cair tersebut layak digunakan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S34711
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library