Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Kusumo Jati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan on-the-job training dengan pendekatan information system success model di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Variabel yang terkandung pada penelitian ini antara lain variabel system quality, information quality, service quality, system use, user satisfaction, dan OJT effectiveness.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Information System Success Model. Metode analisis data yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling. Hasil yang didapatkan dari hipotesis pengujian menunjukkan bahwa variabel system quality, information quality, dan service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap OJT effectiveness dengan dimediasi oleh system use. Variabel system quality dan service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap OJT effectiveness dengan dimediasi oleh user satisfaction.

ABSTRACT
This study aimed to analyze factors that influence the effectiveness of on-the-job training approach to Information System Success Model at PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Variables contained in this research are system quality, information quality, service quality, system use, user satisfaction, and OJT effectiveness.
This research used Information System Success Model. Methods of data analysis using Structural Equating Modeling. Results obtained from hypothesis testing showed that the variables of system quality, information quality, and service quality has a significant influence on the effectiveness OJT mediated by system use. Variable system quality and service quality has a significant influence on the effectiveness OJT mediated by user satisfaction."
2017
S66519
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Kusumo Jati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan on-the-job training dengan pendekatan information system success model di PT Pelabuhan Indonesia II Persero . Variabel yang terkandung pada penelitian ini antara lain variabel system quality, information quality, service quality, system use, user satisfaction, dan OJT effectiveness.Penelitian ini menggunakan pendekatan Information System Success Model. Metode analisis data yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling. Hasil yang didapatkan dari hipotesis pengujian menunjukkan bahwa variabel system quality, information quality, dan service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap OJT effectiveness dengan dimediasi oleh system use. Variabel system quality dan service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap OJT effectiveness dengan dimediasi oleh user satisfaction.

ABSTRACT
This study aimed to analyze factors that influence the effectiveness of on the job training approach to Information System Success Model at PT Pelabuhan Indonesia II Persero . Variables contained in this research are system quality, information quality, service quality, system use, user satisfaction, and OJT effectiveness.This research used Information System Success Model. Methods of data analysis using Structural Equating Modeling. Results obtained from hypothesis testing showed that the variables of system quality, information quality, and service quality has a significant influence on the effectiveness OJT mediated by system use. Variable system quality and service quality has a significant influence on the effectiveness OJT mediated by user satisfaction."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Solicha
"ABSTRAK
Dalam rangka pengelolaan data yang terintegrasi, terpusat dan dapat diakses secara online, demi meningkatkan kualitas pelayanan data dan informasi MKG yang cepat, tepat dan handal, BMKG berupaya menerapkan Sistem E-Government bernama Sistem BMKGSoft. Implementasi sistem ini diharapkan dapat berhasil dan mampu menjadi single data provider BMKG. Namun di dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai permasalahan yang mengindikasikan implementasi sistem ini belum sukses, diantaranya target monitoring pengiriman data yang tidak tercapai akibat kurangnya entry data hasil pengamatan oleh pegawai di UPT, fitur aplikasi yang belum lengkap, ketersediaan data level 2 yang belum lengkap, belum up-to-date dan belum akurat, format keluaran yang belum sesuai harapan serta belum adanya SOP mengenai entry data hasil pengamatan yang mampu mencerminkan tujuan single data provider. Hal ini menyebabkan harapan Sistem BMKGSoft sebagai single data provider belum dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin melakukan identifikasi terhadap faktor-faktor kesuksesan implementasi Sistem BMKGSoft. Penelitian ini menggunakan model kesuksesan informasi dari Delone dan Mclean 2003 yang dimodifikasi dengan penambahan variabel dari rujukan penelitian terdahulu. Variabel yang digunakan yaitu: System quality, information quality, service quality, facilitating condition, extrinsic motivation, organizational support, management support, intention to use, user satisfaction dan net benefit. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling PLS-SEM dan tools smartPLS 3.2.7. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan implementasi Sistem BMKGSoft adalah system quality, information quality, service quality, extrinsic motivation, intention to use, user satisfaction dan net benefit.

ABSTRACT
Meterological, Climatological and Geophysical Agency BMKG have to manage data that is integrated, centralized and accessible online, in order to improve the quality of Meterological, Climatological and Geophysical data and information quickly, accurately and reliably, BMKG seeks to implement the E Government System called BMKGSoft System. Implementation of this system is expected to be successful and able to become single data provider BMKG. But in fact, there are various problems that indicate the implementation of this system has not been successful, such as The target monitoring of data transmission that is not achieved due to lack of data entry observations by employees in the stations, application features incomplete, the availability of data level 2 is not complete, not up to date and not yet accurate, output format that has not been as expected and the absence of Standard of Procedure on data entry observations that are able to reflect the single provider data destination. This has led to the expectation of BMKGSoft System as single data provider yet to be achieved. Based on this, this study would like to identify the factors of successful implementation of BMKGSoft System. This study uses the success model of information from Delone and Mclean 2003 , modified with the addition of variables from previous research references. The variables used are System quality, information quality, service quality, facilitating condition, extrinsic motivation, organizational support, management support, intention to use, user satisfaction and net benefit. Methods of data analysis using Partial Least Square Structural Equation Modeling PLS SEM and tools smartPLS 3.2.7. The results of the analysis show that factors affect the success of BMKGSoft system implementation are system quality, information quality, service quality, extrinsic motivation, intention to use, user satisfaction and net benefit"
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ikhsan
"Penelitian ini fokus pada analisis penerapan e-government melalui aplikasi Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tujuan dari keberadaan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, cepat, mudah, serta semua pelayanan dapat diproses secara online tanpa ada lagi pelayanan secara manual. Pada penerapannya aplikasi ini masih mengalami beberapa kendala yaitu seperti masih ditemui pelayanan yang belum sepenuhnya dilakukan secara online dan ada beberapa layanan yang tidak aktif digunakan. Dengan menggunakan pendekatan post positivisme, peneliti melakukan analisis terhadap penerapan e-government melalui sistem informasi online layanan administrasi untuk mengetahui sejauh mana peran sistem informasi ini dalam menunjang proses pelayanan di Kemendagri. Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi serta studi literatur dengan menggunakan teori IS Success Model oleh DeLone dan McLean (2003) yang terdiri dari 6 (enam) variabel yaitu system quality, information quality, service quality, intention to use/use, user satisfication dan net benefit, peneliti mendapatkan data sebagai dasar penilaian penerapan e-government melalui aplikasi SIOLA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-government melalui aplikasi SIOLA di Kemendagri belum berjalan dengan baik. Masih terdapat sejumlah indikator penunjang kesuksesan sistem informasi yang dinilai belum memadai.

This study focuses on analyzing the implementation of e-government through the application of the Online Service Administration Information System (SIOLA) at the Ministry of Home Affairs (Kemendagri). The purpose of this application is to improve service quality and create services that are effective, efficient, fast, easy, and all services can be processed online without manual service. In its application, this application still experiences several problems, namely services that have not been fully carried out online and some services that are not actively used. Using a post-positivism approach, researchers conducted an analysis of the implementation of e-government through an online information system for administrative services to determine the extent of the role of this information system in supporting the service process at the Ministry of Home Affairs. Using data collection techniques through interviews and documentation studies as well as literature studies using the IS Success Model theory by DeLone and McLean (2003) which consists of 6 (six) variables namely system quality, information quality, service quality, intention to use/use, user satisfication and net benefit, researchers obtain data as a basis for evaluating the implementation of e-government through the SIOLA application. The results of the study show that the application of e-government through the SIOLA application at the Ministry of Home Affairs has not gone well. There are still a number of indicators supporting the success of information systems that are considered inadequate."
Jakarta: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zainudin Syuhada
"Dalam rangka menunjang program penataan sumber daya manusia, Kementerian Luar Negeri membangun aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pegawai (Simpeg) sebagai tahapan dalam pembangunan Human Resource Information System (HRIS) Kementerian Luar Negeri. Akan tetapi, sistem tersebut memiliki kendala karena tidak berjalan sesuai dengan harapan stakeholder.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan penerapan aplikasi Simpeg di Kementerian Luar Negeri dengan menggunakan model turunan dari Information System Success Model, Technology Acceptance Model, UTAUT dan Trust Model. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 pegawai di kantor pusat serta kantor perwakilan RI di beberapa negara. Data penelitian tersebut dianalisa menggunakan konsep Structural Equation Modelling (SEM) bebasis kovarian dengan menggunakan perangkat lunak Amos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kesuksesan penerapan Simpeg di Kementerian Luar Negeri adalah System Quality, Information Quality, Service Quality, Percieved Ease of Use, Habit dan User Satisfaction.

In order to support Human Resource Management program, Ministry of Foreign Affairs develops Human Resource Information System in a small scale. However, there are some problems while implementing this system because it did notalign with the stakeholder requirements yet.
The objective of this research is to evaluate factors that influence the successful implementation of Human Resource Information System in Ministry of Foreign Affairs using derrivative model of Information System Success Model, Technology Acceptance Model, UTAUT and Trust Model. The research model wa applied to collect from the questionnaries answered by 160 users of Human Resource Information System from the headquarter office and also from Indonesian Embassy offices in some countries.The results were analyzed using Structural Equation Modelling (SEM) covarian-based in Amos.
The results indicated factors that influence the successful implementation of Human Resource Information System in Ministry of Foreign Affais are System Quality, Information Quality, Service Quality, Percieved Ease of Use, Habit and User Satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septian Bayu Kristanto
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh hubungan System Quality (SysQua) terhadap Service Quality (ServQua), System Quality (SysQua) terhadap Work Performance (WorkPef) dan Service Quality (ServQua) terhadap Work Performance (WorkPef). Objek pada penelitian ini yaitu software akuntansi MYOB. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Perolehan data dengan kuesioner terdiri dari 2 tipe yaitu fisik (kertas) dan online (menggunakan Google form). Dari 315 kuesioner yang tersebar terdiri dari 194 responden melalui online dan 116 responden melalui kertas. Semua kuesioner telah kembali. Pengelolahan data menggunakan Structural Equation Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa System Quality (SysQua) berpengaruh positif signifikan terhadap Service Quality (ServQua), Service Quality (ServQua) berpengaruh positif signifikan terhadap Work Performance (WorkPef), dan System Quality (SysQua) berpengaruh positif signifikan terhadap Work Performance (WorkPef). Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa MYOB memiliki kualitas yang baik dan terkait dengan kinerja pengguna. Secara khusus, pengguna mengacu kepada pengguna tingkat dasar, yang merupakan mahasiswa."
Tangerang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2017
330 JOMUT 13:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Friendly Nur Shakti
"Perkembangan industri fintech di Indonesia sangat pesat dan berdampak pada penggunaan teknologi yang digunakan dalam menunjang proses bisnis saat ini maupun di masa depan. Hal ini mendorong PT XYZ melakukan implementasi core banking system untuk mengatasi masalah yang ada pada sistem lama dan untuk meningkatkan efiensi cabang, mempercepat waktu pemasaran produk dan layanan baru serta meningkatkan produktivitas setiap unit bisnis. Core banking system pada PT XYZ telah diimplementasikan sejak akhir 2021 lalu belum dapat dikatakan sukses karena memiliki beberapa masalah seperti informasi yang dihasilkan belum cukup akurat, dan system down yang masih tinggi sehingga diperlukan evaluasi lanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari core banking system yang telah diimplementasikan tersebut dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya dalam perspektif karyawan internal sehingga dapat diketahui rekomendasi apa yang tepat untuk perusahaan lakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan model yang diusulkan oleh DeLone dan McLean yang dikombinasikan dengan model Technology Acceptance Model (TAM) dan faktor dari iklim organiasi yang didapat dari penelitian terdahulu dalam mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keberhasilan suatu sistem informasi. Hal ini menghasilkan 45 indikator yang akan digunakan dalam pembentukan kuesioner. Peneliti juga menggunakan metode analisis Partial Least Squares – Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS sebagai tool dalam mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 hipotesis yang diterima dari 22 total hipotesis yang dibentuk. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan, dibentuklah rekomendasi yang terdiri dari 8 rekomendasi pada aspek manajerial dan 6 rekomendasi pada aspek teknologi yang diharapkan dapat meningkatkan kesuksesan dari CBS di PT XYZ.

The fintech industry's rapid development in Indonesia has had a significant impact on the use of technology to support current and future business processes. This has prompted PT XYZ to implement a core banking system to address issues in the old system and enhance branch efficiency, accelerate the marketing of new products and services, and increase the productivity of each business unit. The core banking system at PT XYZ has been implemented since late 2021 but cannot be considered successful yet due to several issues, such as inaccurate information and a high system downtime, necessitating further evaluation. The objective of this research is to assess the success of the implemented core banking system and identify influencing factors from the perspective of internal employees, allowing for appropriate recommendations for the company. The research adopts the model proposed by DeLone and McLean, combined with the Technology Acceptance Model (TAM) and organizational climate factors derived from previous studies to identify the factors affecting information system success. This results in 45 indicators used in questionnaire development. The research employs Partial Least Squares – Structural Equation Model (PLS-SEM) analysis with SmartPLS as a tool for data processing. The research findings show that 13 hypotheses out of 22 formed were accepted. Based on these findings, recommendations are formulated, comprising 8 managerial recommendations and 6 technological recommendations aimed at enhancing the success of the core banking system at PT XYZ."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salvian Athallahrif Fadhil
"Aplikasi investasi merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan investasi secara online di berbagai instrumen atau aset investasi seperti saham, reksa dana, cryptocurrency, dan lainnya. Berdasarkan data dari laporan statistik pasar modal Indonesia KSEI (2022), jumlah investor di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2019. Akan tetapi, jumlah investor tersebut jika dibandingkan dengan rasio penduduk yang ada di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asean. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi customer intention pada aplikasi investasi dengan mengintegrasikan teori initial trust dan IS Success Model. Penelitian ini menggunakan metode analisis mixed-method, dengan didahului oleh proses analisis kuantitatif yang dilanjutkan dengan proses analisis kualitatif. Metode analisis kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan target responden pengguna aplikasi investasi di Indonesia. Sebanyak 489 responden berhasil didapatkan dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modelling (PLS-SEM). Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 7 narasumber. Penelitian ini menemukan bahwa perceived benevolence, perceived integrity, dan perceived ability sebagai penyusun dari initial trust. Penelitian ini juga menemukan bahwa firm reputation, structural assurance, trust propensity, system quality, information quality, dan service quality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap initial trust pengguna. Initial trust dan perceived usefulness juga ditemukan memberikan pengaruh signifikan terhadap intensi pengguna pada aplikasi investasi. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa financial literacy tidak mempengaruhi secara signifikan intensi pengguna dalam mengadopsi aplikasi investasi. Penelitian ini berkontribusi mengenai wawasan terkait integrasi initial trust model, dimension of trust dan IS success model dalam intensi pengadopsi aplikasi investasi di Indonesia. Penelitian ini juga mampu memberikan manfaat kepada penyedia layanan aplikasi investasi dalam mengembangkan aplikasi investasi untuk menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan dari pengguna dan pemerintah Indonesia dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Investment applications are platforms that allow users to invest online in various investment instruments or assets such as stocks, mutual funds, cryptocurrencies, and others. Based on data from KSEI's statistical report on the Indonesian capital market (2022), the number of investors in Indonesia has increased significantly from 2019. However, the number of investors when compared to the population ratio in Indonesia is still lower than other countries in the Asean region. Hence, this study aims to analyze the factors that influence customer intention in investment applications by integrating the initial trust model and the IS Success Model. This research uses a mixed-method analysis, preceded by a quantitative analysis process followed by a qualitative analysis process. The quantitative analysis method is carried out by distributing online questionnaires to the target respondents who are investment application users in Indonesia. A total of 489 respondents were obtained and analyzed quantitatively using the partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method. Qualitative research was conducted by conducting interviews with 7 respondents. This study found that perceived benevolence, perceived integrity, and perceived ability are constituents of initial trust. This study also found that firm reputation, structural assurance, trust propensity, system quality, information quality, and service quality have a significant influence on users' initial trust. Initial trust and perceived usefulness are also found to have a significant effect on user intentions in investment applications. In addition, this study found that financial literacy does not significantly affect the user's intention to adopt investment applications. This research contributes insights related to the integration of the initial trust model, dimension of trust and the IS success model in the intention of adopting investment applications in Indonesia. This research is also able to provide benefits to investment application service providers in developing investment applications to produce products and services that meet the expectations of users and the Indonesian government in order to encourage economic growth in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anatasya Dwijayanti Chang
"Digitalisasi pembayaran yang semakin meningkat menyebabkan sistem pembayaran cashless semakin banyak digunakan, salah satunya adalah PayLater. Peningkatan penggunaan PayLater juga disebabkan karena rendahnya penetrasi penggunaan kartu kredit di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan melihat perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi niat keberlanjutan penggunaan pada Shopee PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka PayLater dengan menggunakan IS success model, expectation confirmation model (ECM), dan self-control theory. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method dan kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui survei online oleh 480 responden Shopee PayLater dan 198 responden Gojek PayLater dan diolah menggunakan metode partial least squares SEM (PLS-SEM) dan independent t-test. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara pada masing-masing lima narasumber Shopee PayLater, Gojek PayLater, dan Traveloka PayLater. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa niat keberlanjutan penggunaan Shopee PayLater dan Gojek PayLater dipengaruhi oleh satisfaction, individual performance, debt attitude, dan impulsive buying. Selain itu, hasil penelitian Traveloka PayLater menunjukkan bahwa niat keberlanjutan penggunaan Traveloka PayLater tergantung oleh kebutuhan, diskon, dan sistem PayLater.

The increasing digitization of payments has led to more use of cashless payment systems, one of which is PayLater. The increase in the use of PayLater was also due to the low penetration of credit card usage in Indonesia. This study aims to investigate and see the differences in the factors influencing the continuance intention of Shopee PayLater, Gojek PayLater, and Traveloka PayLater using the IS success model, the expectation confirmation model (ECM), and the self-control theory. The approach used in this research is mixed method and qualitative. Quantitative data was collected through an online survey by 480 respondents of Shopee PayLater and 198 respondents of Gojek PayLater and processed using the partial least squares SEM (PLS-SEM) and independent t-test. Qualitative data was collected through interviews with five interviewees of Shopee PayLater, Gojek PayLater, and Traveloka PayLater. The results of this study indicate that the continuance intention on Shopee PayLater and Gojek PayLater is influenced by satisfaction, individual performance, debt attitude, and impulsive buying. The results of this study also show that the continuance intention to use Traveloka PayLater depends on the urgency, discounts, and PayLater system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Istianingsih
"ABSTRAK
The purpose of this study is to examine the information system (IS) success of the accounting software based on the user perception. The model used to examine the IS success is the modified IS success model of Seddon (1997). The model employed in this study is applied on data collected through 204 questionnaires distributed to the users of accounting software who work at the variety of companies in Indonesia. In examining the model, we employ the Structural Equation Model (SEM) with the use of LISREL 8. 72 softare. The results of the study show that system quality
significantly affects the perceived usefulness and the user satisfaction. Furthermore,
the results show that informqtion quality significantly ajjects the perceived usefulness
and user satisfaction. On the other hand, the study finds that user satisfaction does
not affect the system use."
Fakultas Ekonomi UI, 2008
J-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>