Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rosenberg, Robert
New York: Holt Rinehart and Winston, 1970
621.436 ROS e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf Syahputra Gani
"Transportasi memerlukan sumber energi. Saat ini Energi fosil masih mendominasi pemenuhan kebutuhan energi untuk transportasi. Namun seiring semakin menurunnya sumberdaya energi fosil dan meningkatnya kebutuhan akan energi karena pertambahan populasi manusia yang terus meningkat pemenuhan kebutuhan akan energi menjadi suatu masalah hampir diseluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, dimana persediaan sumberdaya alam sebagai sumber energi yaitu energi fosil seperti minyak bumi untuk transportasi semakin berkurang jumlahnya. Meski sektor transportasi hanya menyumbang 4,5% dari PDB nasional, namun sektor ini menjadi penggerak roda perekonomian yang juga penting. penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Creswell, 2010). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa environmental concern tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, sementara perceived ease of use, perceived price value, dan perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention. Menilai dari hasil analisis, nilai insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat terkait subsidi pembelian motor listrik sudah tepat. Hal ini dapat dilihat dari tingginya penilaian masyarakat terhadap penerimaan kesesuaian harga yang harus dibayarkan dengan kualitas yang akan didapatkan dengan membeli kendaraan listrik, juga dapat dianalisa dari berpengaruhnya perceived price value dalam keputusan individu untuk membeli atau tidak membeli kendaraan listrik.

Transportation requires a source of energy. Currently, fossil energy still dominates the fulfillment of energy needs for transportation. However, as fossil energy resources decrease and the need for energy increases due to the increasing human population, meeting the need for energy is a problem in almost all countries in the world, including in Indonesia, where the supply of natural resources as an energy source, namely fossil energy such as petroleum for transportation decreasing in number. Even though the transportation sector has only grown 4.5% of national GDP, this sector is also an important driving force for the economy. This study uses research methods using a certain population or sample, sampling techniques are generally carried out randomly, data collection uses instrument research, data analysis is quantitative or statistical with the aim of testing the hypotheses that have been set (Creswell, 2010). The hypothesis put forward in this study indicates that environmental awareness has no significant effect on purchase intention, while perceived ease of use, perceived price value, and perceived usefulness have a positive and significant effect on purchase intention. Judging from the results of the analysis, the value of the incentives provided by the government to the public regarding subsidies for buying electric motorbikes is appropriate. This can be seen from the high public assessment of the acceptance of price adjustments which must include the quality that will be obtained by buying an electric vehicle. It can also be analyzed from the effect of perceived price value on individual decisions to buy or not buy an electric vehicle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku yang berjudul "Handbook of electric motors" ini merupakan sebuah buku panduan mengenai alat penggerak elektrik. "
New York: Marcel Dekker, 1995
R 621.46 HAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Boldea, I.
New York: John Wiley & Sons, 1985
621.310 42 BOL l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Drury, Bill
"Variable speed drives and the associated electrical motors play a central role in industry as well as the buildings in which we live, work and are entertained. They are arguably the most potent tool we have in the quest to save energy and thereby reduce our carbon footprint. Their rate of development has been rapid and today?s product is in many ways unrecognisable for its ancestors of even twenty years ago. Development continues apace in the components used in the products, the products themselves and the ways in which the products are used."
London: Institution of Engineering and Technology, 2001
e20452689
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Drury, Bill
"Variable speed drives and the associated electrical motors play a central role in industry as well as the buildings in which we live, work and are entertained. They are arguably the most potent tool we have in the quest to save energy and thereby reduce our carbon footprint. Their rate of development has been rapid and today?s product is in many ways unrecognisable for its ancestors of even twenty years ago. Development continues apace in the components used in the products, the products themselves and the ways in which the products are used.
This book contains a great deal of practical information for drives and industrial engineers who use motors and drives. It is a comprehensive guide to the technology underlying drives and motors. It contains sufficient theory to give both user and student an insight into the design of these components and thereby the constraints and opportunities that exist. It has been radically revised and expanded from the previous edition to contain much new information."
London: Institution of Engineering and Technology, 2009
e20452789
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Smeaton, Robert W.
"Buku yang berjudul "Motor application & maintenance handbook" ini merupakan sebuah buku panduan mengenai apllikasi motorik dan perawatan."
New York: McGraw-Hill, 1987
R 621.462 MOT (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Rizky Fathony
"Pada saat ini, tingkat polusi dari emisi gas buang sudah di tingkat yang cukup tinggi. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk mencari berbagai macam solusi agar dapat menekan angka emisi gas buang yang terus meningkat ini, salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik, baik sebagai transportasi pribadi ataupun transportasi umum. Penggunaan kendaraan listrik telah menjadi alternatif yang semakin populer untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi gas buang. Salah satu jenis kendaraan listrik adalah bus listrik yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Dalam penelitian ini, dilakukan perbandingan konsumsi energi bus listrik yang menggunakan motor listrik permanent magnet synchronous motor (PMSM) dan motor listrik induksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi dengan menggunakan dua bus listrik, rute, dan kecepatan yang sama,tetapi dengan jenis motor listrik yang berbeda. Hasil pengujian dari studi ini diharapkan penulis dapat mengetahui jenis motor listrik mana yang paling efisien dan cocok untuk digunakan pada bus kuning listrik. Hasil dari percobaan yang dilakukan adalah berdasarkan SOC, Berdasarkan SOC, dengan menggunakan motor listrik PMSM  akan membuat bus listrik menjadi lebih irit sebesar 2.11% daripada motor listrik Induksi. Selain itu, Bus listrik dengan motor listrik PMSM memiliki efisiensi sebesar 96.8%, sedangkan bus listrik dengan motor listrik induksi memiliki efisiensi sebesar 91%. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan dikarenakan motor listrik PMSM magnet permanen untuk menciptakan medan magnetik pada rotor, mengurangi kebutuhan arus listrik pada rotor seperti pada motor induksi.

Currently, the pollution level from exhaust emissions has reached a significant level. This has prompted the government to seek various solutions to reduce the increasing emissions. One of the solutions is the use of electric vehicles, both for private and public transportation. The use of electric vehicles has become a popular alternative to reduce energy consumption and exhaust emissions. One type of electric vehicle is the electric bus, which uses an electric motor as its propulsion system. In this study, an energy consumption comparison is conducted between electric buses using a permanent magnet synchronous motor (PMSM) and an induction motor. The research method employed in this study is simulation, using two electric buses with the same route and speed, but different types of electric motors. The results of this study are expected to determine which type of electric motor is more efficient and suitable for use in electric buses. Based on the experiments conducted, it was found that using the PMSM electric motor results in a 2.11% higher energy efficiency compared to the induction motor, based on the State of Charge (SOC). Additionally, the electric bus with the PMSM electric motor achieved an efficiency of 96.8%, while the electric bus with the induction motor achieved an efficiency of 91%. This can be attributed to the use of permanent magnets in the PMSM motor, which reduces the need for electric current in the rotor compared to the induction motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geiger, Dana F.
New York: John Wiley & Sons, 1981
621.462 GEI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Angga Dexora
"Meningkatnya kebutuhan hidup menuntut kita untuk melakukan pekerjaan dengan lebih cepat, praktis dan dengan tenaga yang besar. Motor listrik adalah alat yang berperan penting dalam dunia industri. Penggunaan motor listrik dalam waktu yang lama akan mengakibatkan temperatur motor listrik melebihi temperatur kerja yang disarankan. Temperatur yang berlebih dapat mengakibatkan umur pakai dan efisiensi dari motor listrik menjadi berkurang. Salah satu solusi aplikatifnya adalah menggunakan heat pipe berbentuk - L sebagai pendingin pada motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa heat pipe berbentuk - L dalam mendinginkan motor listrik. Variasi yang dilakukan dalam pengujian ini adalah daya, waktu dan jumlah heat pipe.
Dari hasil penelitian ini penggunaan 8 buah heat pipe berbentuk - L dapat membuat temperatur dinding motor pada kisaran 68,21oC. Jumlah kalor paling tinggi yang dapat dilepas heat pipe ke lingkungan yaitu 25,515 J/s dan laju perpindahan kalor pada motor paling rendah ketika beban maksimal 150 W adalah 108,504 J dengan penggunaan 8 buah heat pipe.

The increasing of people?s needs require us to work faster, do more practical and need a high power. Electric motor is the important tool in industry. However, the use of an electric motor for a long time may cause the electric motor exceed the recommended working temperature. The exceed temperature may reduce teh lifespan and the efficiency of the electric motor. One of the applicative solution is using L - shaped heat pipe as a cooler on electric motor. This research aims to determine the performance of the L - shaped heat pipe effectiveness in cooling the electric motor. The variants of this research are power, time, and the number of the heat pipes.
The result of this research by using 8 L - shaped heat pipes is these pipes can raise the motor wall temperature until around 68.21oC. The highest heat that heat pipe can release to surroundings is 25.525 J/s and the lowest heat transfer in motor when using 150 W load is 108.504 J by using 8 heat pipes.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62536
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>