Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden Republik
Indonesia melalui iklan televisi ARB Versi Motivasi Untuk Anak Indonesia. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika. Sumber data penelitian ini terdiri atas sumber data
primer berupa iklan televisi ARB versi Motivasi Untuk Anak Indonesia yang terdiri atas ucapan, gerakan, dan
berbagai objek pendukung penggambaran Aburizal Bakrie, dan sumber data sekunder berupa buku, karya ilmiah,
dan sumber informasi online. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan studi
pustaka. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data dilakukan melalui triangulasi penyidik. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dari bulan Februari
2013 - Juli 2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencitraan Aburizal Bakrie sebagai calon Presiden secara
denotasi ditunjukan melalui penggambaran latar belakang ayahnya untuk memberikan gambaran bahwa
dirinya merupakan bagian dari rakyat kecil sebagaimana ayahnya dulu. Pencitraan Aburizal Bakrie sebagai
calon Presiden secara konotasi banyak memperlihatkan makna kesuksesan dan pengalaman Aburizal Bakrie.
Citra Aburizal Bakrie juga terlihat sebagai sosok yang mendukung akan kepentingan anak muda, pendidikan,
dan pengembangan potensi mereka. Aburizal Bakrie juga merepresentasikan diri sebagai orang yang tepat
untuk dijadikan sebagai contoh kesuksesan karena pengalamannya serta kemampuannya. Aburizal Bakrie
merupakan sosok yang terbuka, bersih dan memiliki komitmen tinggi serta memiliki kepekaan relijiusitas
yang dapat membentuknya sebagai pemimpin yang bermoral. Makna mitos dari pencitraan Aburizal Bakrie
sebagai calon Presiden menunjukan bahwa kepentingan politiknya dibangun atas kepentingan rakyat kecil.
Rakyat kecil senantiasa menjadi komoditas untuk membangun citra politik yang pro rakyat."
384 JKKOM 1:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Shinta Larasati
"ABSTRAK
Budaya Indo merupakan hasil percampuran antara budaya Eropa (Belanda) dan Timur (Indonesia). Pada jejaring instagram, terdapat sebuah akun untuk orang-orang Indo (indos be like), yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan Indo dalam bentuk meme. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ciri budaya Indo yang dimunculkan dalam meme tersebut dan melihat unsur bahasa yang digunakan pada meme. Teori yang dipakai ialah denotasi konotasi Roland Barthes. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan hasil pembahasan berupa deskripsi dari temuan analisis. Ditemukan bahwa ciri orang Indo sebagian besar lebih condong mengikuti budaya orang Indonesia. Pada analisis unsur bahasa meme, ditemukan adanya peminjaman istilah-istilah bahasa Indonesia serta pengejaan kosakata bahasa Belanda yang mengikuti pelafalan orang Indonesia. Kesimpulannya, meme indos be like mencirikan budaya Indo dengan cara memunculkan stereotip-stereotip orang Indo di dalamnya. Penggunaan bahasa pada meme menunjukkan identitas kaum Indo yang merupakan hasil dari percampuran budaya Belanda dan Indonesia.

ABSTRACT
Indo culture is the result of a mixture of European (Dutch) and Eastern (Indonesian) cultures. On instagram, there is an account for Indo people (indos be like), which contains things related to Indo in the form of memes. This study aims to uncover the characteristics of the Indo culture that was raised in the meme and see the elements of language used in memes. Roland Barthes semiotic theory, which includes the denotation and connotation of a sign was used to analyze the memes. This study used a qualitative method, with the results in the form of a description of the findings from the analysis. It was found that the characteristics of Indo people were mostly more inclined to follow the culture of the Indonesian people. In the analysis of the language elements, it was found that there are some terms borrowed from Indonesian language and there are some vocabulary spellings in Dutch that follow Indonesian pronunciation. In conclusion, indos be like memes characterizes Indos culture by giving Indos stereotypes in it. The use of language in memes shows the Indos culture identity which is the result of a mixture of Dutch and Indonesian cultures."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Armina Dewi
"Makalah ini membahas mengenai makna denotasi dan konotasi yang muncul dalam parfum yang dibuat oleh seorang pria yang berasal dari Belarus yang berkolaborasi dengan majalah Leaders, yaitu Vladislav Rekunov. Parfum tersebut adalah parfum " Leaders Number One Inspired by Vladimir Putin" yang merupakan parfum yang terinspirasi oleh sosok presiden Rusia yaitu Vladimir Putin yang telah mengabdi lebih dari 15 tahun dan memiliki kepribadian yang tegas, tangguh, berani dan elegan. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjabarkan makna-makna yang terlihat didalam bentuk parfum "Leaders Number One Inspired by Vladimir Putin" menggunakan teori semiotika denotasi dan konotasi milik Roland Barthes. Adanya unsur-unsur denotasi dan konotasi didalam parfum akan digunakan untuk membuktikan bahwa melalui teori denotasi dan konotasi milik Roland Barthes terdapat kesesuaian antara pesan yang disampaikan pembuat parfum kepada pembeli.

This paper discusses the meaning of denotations and connotations that appear in perfumes made by a man from Belarus who collaborated with Leaders magazine, namely Vladislav Rekunov. The perfume is "Leaders Number One Inspired by Vladimir Putin" which is a perfume inspired by the Russian president, Vladimir Putin who has served more than 15 years and has a firm, tough, brave and elegant personality. The purpose of this paper is to describe the meanings seen in the form of perfume "Leaders Number One Inspired by Vladimir Putin" using the theory of semiotic denotations and connotations of Roland Barthes. The existence of denotation elements and connotations in perfume will be used to prove that through the theory of denotation and connotation of Roland Barthes there is a match between the message conveyed by perfume makers to perfume buyer."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Shinta Larasati
"ABSTRAK
Budaya Indo merupakan hasil percampuran antara budaya Eropa (Belanda) dan Timur (Indonesia). Pada jejaring instagram, terdapat sebuah akun untuk orang-orang Indo (indos be like), yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan Indo dalam bentuk meme. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ciri budaya Indo yang dimunculkan dalam meme tersebut dan melihat unsur bahasa yang digunakan pada meme. Teori yang dipakai ialah denotasi konotasi Roland Barthes. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan hasil pembahasan berupa deskripsi dari temuan analisis. Ditemukan bahwa ciri orang Indo sebagian besar lebih condong mengikuti budaya orang Indonesia. Pada analisis unsur bahasa meme, ditemukan adanya peminjaman istilah-istilah bahasa Indonesia serta pengejaan kosakata bahasa Belanda yang mengikuti pelafalan orang Indonesia. Kesimpulannya, meme indos be like mencirikan budaya Indo dengan cara memunculkan stereotip-stereotip orang Indo di dalamnya. Penggunaan bahasa pada meme menunjukkan identitas kaum Indo yang merupakan hasil dari percampuran budaya Belanda dan Indonesia.

ABSTRACT
Indo culture is the result of a mixture of European (Dutch) and Eastern (Indonesian) cultures. On instagram, there is an account for Indo people (indos be like), which contains things related to Indo in the form of memes. This study aims to uncover the characteristics of the Indo culture that was raised in the meme and see the elements of language used in memes. Roland Barthes semiotic theory, which includes the denotation and connotation of a sign was used to analyze the memes. This study used a qualitative method, with the results in the form of a description of the findings from the analysis. It was found that the characteristics of Indo people were mostly more inclined to follow the culture of the Indonesian people. In the analysis of the language elements, it was found that there are some terms borrowed from Indonesian language and there are some vocabulary spellings in Dutch that follow Indonesian pronunciation. In conclusion, indos be like memes characterizes Indos culture by giving Indos stereotypes in it. The use of language in memes shows the Indos culture identity which is the result of a mixture of Dutch and Indonesian cultures.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jasmine Nabila Widyaningrum
"Konstruksi gender merupakan sebuah masalah yang sudah ada sejak dulu hingga sekarang. Permasalahan tersebut muncul antara laki-laki dan perempuan karena adanya banyak perbedaan dalam peran yang dimiliki, fungsi, dan tanggung jawab. Konstruksi gender bahkan sudah terlihat saat bayi baru lahir. Penelitian ini bertujuan mencari tahu bagaimana perbandingan konstruksi gender dalam poster iklan rokok Belanda (Caballero 1980, Caballero 1995, dan Marlboro 1999) dengan poster iklan rokok dari Indonesia (Djarum Super 1985, Djarum Super 1989, dan Gudang Garam 1999). Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teori semiotika Roland Barthes mengenai makna denotasi dan konotasi, penelitian ini membandingkan representasi konstruksi gender berdasarkan teori J. MacInnes pada tiga poster iklan rokok Belanda dengan tiga poster iklan rokok Indonesia. Analisis menghasilkan kesimpulan bahwa poster iklan rokok Indonesia lebih banyak memunculkan konstruksi gender dibandingkan poster iklan rokok Belanda. Poster iklan rokok Belanda memperlihatkan nilai toleransi lebih tinggi karena tokoh dengan gender yang berbeda digambarkan sebagai individu yang setara.

Gender construction is a problem that has existed until now. These problems arise because of the differences in roles, functions and responsibilities between men and women. Gender construction can even be seen when a new baby is born. This study aims to compare gender construction in Dutch cigarette advertising posters (Caballero 1980, Caballero 1995, and Marlboro 1999) with cigarette advertising posters from Indonesia (Djarum Super 1985, Djarum Super 1989, and Gudang Garam 1999). This research uses a descriptive qualitative method and Roland Barthes' semiotic theory which discusses the meaning of denotation and connotation. This study compares the representation of gender construction based on J. MacInnes theory on three Dutch cigarette advertisement posters with three Indonesian cigarette advertisement posters. The analysis concludes that Indonesian cigarette advertisement posters generate more gender constructs than Dutch cigarette advertisement posters. Dutch cigarette advertisement posters show a higher tolerance value because characters with different genders are depicted as equal individuals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Agus Erinita
"
ABSTRAK
Penelitian mengenai metafora seputar Liga Dunhil dilakukan dengan tujuan menemukan metafora yang ada di dalam bidang persepakbolaan dan mencari ranah metafora apa saja yang digunakan di dalam olehraga tersebut.
Selain digunakan dalam bidang sastra, metafora juga ditemukan dalam bidang olahraga. Kuhusus dalam penelitian ini menggunakan data siaran langsung sepak bola. Berbeda dengan siaran langsung di televisi, siaran langsung di radio cenderung lebih lengkap dan variatif. Oleh karena itulah sering muncul kata-kata yang semula digunakan dalam kehidupan sehari-hari ternyata dalam siaran sepak bola tersebut --secara spontan--juga digunakan penyiar untuk mendeskripsikan situasi pertandingan sepak bola yang sedang dibawakannya. Dari gejala itu, maka muncullah berbagai kata yang metaforis dan ranah metafora yang sering digunakan penyiar dalam siarannya tersebut.
Dengan berpedoman pada pendapat Susan S. Beans (1981) dan beberapa pendapat lain untuk metafora, kombinasi pendapat Spradley (!980) dan Lakoff (1980) untuk penentuan ranah metafora serta data pertandingan sepak bola Liga Dunhill 1996, menghasilkan beberapa kesimpulan yang merupakan pembuktian dari tujuan penelitian, ini. Beberapa bentuk dan ranah metafora yang ditemukan, dibahas dan diuraikan berdasarkan landasan pendapat yang ilmiah.
"
1997
S11136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhuha Hadiyansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kebahasaan dan makna konotasi untuk membangun citra dan pemosisian iklan praktik perdukunan. Penelitian ini fokus pada empat iklan perdukunan di majalah Misteri dan Mystic dengan mengggunakan metode kualitatif. Keempat iklan tersebut adalah iklan praktik perdukunan Ki Joko Bodo, Gus Ridho, Ust Lukman HAR, dan Nyi Husna. Tiap-tiap dukun yang diteliti membangun citra yang berbeda-beda. Ki Joko Bodo ingin mencitrakan dirinya sebagai orang yang kesaktiannya tiada tanding, tetapi tetap gaul dan nyentrik, dengan lebih banyak menggunakan teknik kebahasaan berupa metafora. Dia menargetkan konsumen dari kalangan masyarakat yang cukup ekslusif, kalangan kelas menengah atas dari agama apa pun. Gus Ridho mencitrakan dirinya sebagai dukun yang religius, terkenal dan berkelas internasional. Dengan menggunakan beberapa slogan, dia menargetkan (positioning) masyarakat Islam yang religius. Ust Lukman HAR juga menonjolkan karakternya yang religius dan terkenal, tetapi citra religiusitasnya lebih kuat daripada Gus Ridho, yaitu dengan mengutip ayat dari Kitab Suci untuk melegitimasi praktik perdukunanya. Dia juga menggunakan beberapa slogan, dan memposisikan jasa dan produknya untuk kalangan Islam yang religius. Sementara itu, satu-satunya dukun perempuan, Nyi Husna, membangun citra dirinya sebagai dukun spesialis cinta. Dengan menggunakan beberapa ekspresi metaforis, dia menargetkan pangsa pasar perempuan.

This study aims to analyze the verbal strategies and connotations to build brand image and positioning in quackery practice advertisements. This study focuses on four magazine advertisements in Misteri and Mystic magazine with a qualitative method. The four quackery practice advertisements are Ki Joko Bodo's, Gus Ridho's, Ust Lukman HAR's, and Nyi Husna's. Each quack builds different images. Ki Joko Bodo wants to portray himself having unmatched supernatural power, but he is 'social butterfly' and quirky, with more use of metaphors as his verbal techniques. He targets consumers from quite exclusive society class, upper middle class of any religion. Gus Ridho portrays himself as a religious, famous and internationally classy quack. Using some slogans, he targets (positioning) religious Muslim community. Ust Lukman HAR also highlights his religious and famous character, but his religiosity image is stronger than that of Gus Ridho, by quoting verses from the Holy Book to legitimate his quackery practices. He also uses some slogans and targets his products and services for religious Muslim circles. In the meantime, the only female quack, Nyi Husna, builds her image as a love specialist quack. By using some metaphorical expressions, she targets a market share of women."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T30861
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library