Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
Maria Imakulata Wahyo
"
ABSTRAK
Nama : Maria Imakulata WahyoProgram Studi : Kajian Administrasi Rumah SakitJudul Tugas Akhir : Pengembangan Prosedur Tetap dan Kriteria Clinical MeetingDalam Rangka Upaya Pelaksanaan Tata Kelola Klinis Yang Baikdi Rumah Sakit Santo Borromeus Kriteria clinical meeting yang telah disusun tahun 2011 di Rumah Sakit Santo Borromeuskurang disosialisasikan, sementara potensi komplain menjadi tuntutan bertambah banyak.Tujuan penelitian menganalisis kriteria dan menyusun prosedur tetap pelaksanaanclinical meeting. Metode penelitian adalah kualitatif dengan wawancara pertanyaanterbuka kepada dua belas informan yang ...
"
2017
T49261
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Retno Indah Pertiwi
"
Pelaksanaan interprofessional collaboration (IPC) oleh perawat belum optimal. Manajer Pelayanan Pasien (MPP) mempunyai peran yang dapat meningkatkan pelaksanaan IPC. Penelitian ini bertujuan agar teridentifikasinya gambaran pelaksanaan IPC, peran MPP yang dipersepsikan perawat dan MPP, serta hubungan peran MPP dengan pelaksanaan IPC oleh perawat dengan menggunakan desain cross sectional. Pelaksanaan IPC diukur menggunakan instrumen yang dimodifikasi dari Assessment of Interprofessional Team Collaboration Scale (AITCS) II dan Interprofessional Collaboration Scale. Peran MPP diukur menggunakan instrumen yang dimodifikasi ...
"
2019
T53313
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Antonius Artanto Endro Purwandono
"
ABSTRAK
Terdapat sekitar 10-15% klaim yang tertunda pembayarannya di Rumah Sakit
Umum Daerah dr Kanujoso Djatiwibowo. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada tertundanya klaim Badan
Penyelenggara Kesehatan Sosial Kesehatan sesuai panduan klaim dan perjanjian
kerjasama. Sumber data yang diambil berasal dari jumlah klaim yang tertunda di
Rumah Sakit Umum Daerah dr. Kanujoso Djatiwibowo periode Januari - Maret
2016 dan menggali penyebab terjadinya permasalahan tersebut melalui informan.
Penelitian bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan metode deskriptif analitik
menggunakan studi retrospektif dari data sekunder ...
"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ana Lusiyana
"
ABSTRAK
Nama : Ana LusiyanaProgram Studi : Kepemimpinan dan Manajemen dalam KeperawatanJudul : Analisis Antara Kompetensi Manajerial Case Manager dengan Burnout, Turnover Intention, dan Kinerja Perawat di Rumah SakitPembimbing : Dr. Hanny Haniyani, S.Kp., M.Kep Abstrak Burnout atau kelelahan emosional, turnover intention atau sikap memutuskan untuk pindah kerja, dan belum optimalnya kinerja perawat merupakan komponen mutu asuhan keperawatan yang masih bermasalah. Resiko yang muncul akibat adanya burnout, turnover intention, dan rendahnya kinerja perawat yaitu tidak efektifnya ...
"
2018
T50911
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Natasya Claresta Viano
"
Manajemen Pelayanan Pasien merupakan peran yang dijalankan oleh case manager, agar tercipta pelayanan yang bermutu dengan biaya yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran case manager terhadap kendali mutu dan kendali biaya pasien rawat inap bedah dengan penjaminan JKN di RS UI tahun 2022. Penelitian menggunakan pendekatan sistem menurut Donabedian dan teori KARS. Kendali mutu dilihat dari LOS, tingkat kepuasan pasien, kepatuhan penerapan clinical pathway, kepatuhan visit dokter, serta penundaan operasi elektif. Kendali biaya ...
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Emailsa Denta
"
Latar Belakang: Stadium saat terdiagnosis merupakan faktor prognostik terpenting yang menentukan kesintasan pasien kanker kolorektal (KKR). Sebagian besar pasien terdiagnosis pada stadium lanjut dan dilaporkan mengalami keterlambatan diagnosis dan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran case manager dalam efisiensi waktu tunggu diagnosis dan terapi serta melihat faktor-faktor yang memengaruhi keterlambatan diagnosis dan terapi tersebut.
Metode: Studi analisis deksriptif dengan desain potong lintang untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi keterlambatan diagnosis dan terapi pada pasien ...
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran, 2019
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ahmad Safar N.
"
Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi RS UI dalam mengedepankan pelayanan kepada pasien yang bersifat holistik, demi kepentingan dan keselamatan pasien. Case manager merupakan jabatan baru di RS UI, sehingga dianggap masih memiliki banyak celah dalam penerapannya. Peran case manager dirasakan belum optimal di lapangan, terutama oleh klinisi dan manajemen. Tujuan penelitian adalah untuk merumuskan tugas pokok fungsi case manager dalam pelayanan pasien Covid-19, dan mengidentifikasi peran yang telah dilaksanakan oleh case manager. Penelitian ini merupakan ...
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Maryam Fathima
"
ABSTRAK
Latar Belakang : Di Indonesia, Kanker Nasofaring (KNF) merupakan insiden terbanyak ke lima yang mencapai 5.2% dari seluruh kasus kanker, dan merupakan kanker terbanyak ke tiga pada laki-laki serta penyebab kematian ke tujuh akibat kanker. Tatalaksana kanker menjadi semakin kompleks sehingga meningkatkan risiko terjadinya keterlambatan pada penanganan kanker, dan kanker nasofaring (KNF) adalah salah satu diantaranya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor keterlambatan penatalaksanaan kanker dan mengetahui peran dan hubungan case manager terhadap keterlambatan diagnosis ...
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran, 2019
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Imelda Avia
"
Kepuasan pasien merupakan indikator dari mutu pelayanan keperawatan. Kepuasan di RS M dan RS P belum mencapai standar indikator kepuasan. Hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan komunikasi perawat MPP yang mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien pun belum mengukur kepuasan pasien terhadap manajemen pelayanan pasien.
Tujuan: menganalisis hubungan kemampuan komunikasi perawat manajer pelayanan pasien dengan kepuasan pasien terhadap manajemen pelayanan pasien.
Metode: crossectional dan purposive sampling, pada 110 pasien dan 20 perawat.
Hasil: ada perbedaan karakteristik ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53564
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Goretty Lusya Angelita
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52779
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library