Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zulfikar Eka Putra Ficky
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social commerce Facebook terhadap kepercayaan dan niat pembelian konsumen sepeda motor di Indonesia. Pengujian ini dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software IBM AMOS 21. Responden diperoleh melalui dua cara yaitu penyebaran kuesioner secara online dan juga mendatangi langsung acara-acara komunitas sepeda motor. Dari penyebaran kuesioner tersebut didapatkan jumlah responden sebanyak 240 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social commerce memiliki pengaruh terhadap kepercayaan dan niat pembelian konsumen, namun kepercayaan konsumen tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap niat pembelian konsumen.

This research is aimed to analyze the effect of social commerce towards consumers trust and intention to buy in motorcycle industry in Indonesia. This research use Structural Equation Modelling (SEM) and IBM AMOS 21 software. Respondent are acquired in two ways, first the questionnaire are shared online and the second way is the questionnaire are shared in the forum and community events. From the questionnaire sharing researcher acquired 240 respondent to use in this research. The result of this research is that social commerce is having influence towards consumers trust and intention to buy. But trust doesn?t have direct effect towards consumers purchase intention."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S59197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edo Rissandi
"[Peningkatan situs jejaring sosial telah menawarkan perkembangan ke
paradigma e-commerce lain yang disebut s-commerce (social commerce). Scommerce
adalah bagian dari e-commerce dan menggunakan media jejaring sosial
online untuk interaksi sosial dan kontribusi pengguna untuk mendorong
pembelian online dan menawarkan berbagai macam barang dan jasa. Di tahuntahun
belakangan telah terlihat perkembangan cepat s-commerce di Indonesia,
namun perkembangan ini masih termasuk berbagai isu terkait transaksi, misalnya,
tidak ada alat angkut dan penyampaian hal yang salah. Secara khusus,
kepercayaan pembeli yang merujuk kepada sikap dan niat beli konsumen, menjadi
faktor penting untuk pencapaian keberhasilan perusahaan s-commerce,
mewajibkan organisasi ini untuk berusaha meraih kepercayaan, sikap dan niat beli
konsumen. Penelitian ini mengakui reputasi dan rujukan promosi mulut-ke-mulut
sebagai elemen kunci kualitas yang mempengaruhi kepercayaan, sikap dan niat
beli konsumen Indonesia di s-commerce. Hasil penelitian dengan
memperhitungkan sampel dari 171 pengguna s-commerce menunjukkan semua
karakteristik faktor kunci (dengan pengecualian rujukan promosi mulut-ke-mulut
pada niat beli) memiliki efek yang signifikan pada kepercayaan, sikap dan niat
beli konsumen., The improvement of social networking sites has offered ascent to another
e-commerce paradigm called s-commerce (social commerce). S-commerce is a
subset of e-commerce and uses online social networking media for social
interactions and user contributions to encourage the online purchasing and
offering various items and services. Late years have seen the quick development
of s-commerce in Indonesia, yet this development has included various
transaction-related issues, for instance, no conveyance and the conveyance of
wrong things. Specifically, shoppers' trust, as it prompts attitude and purchase
intention, has turn into an essential factor for the success achievement of scommerce
firms, obliging these organizations to endeavor consumers' trust,
attitude and purchase intention. This study recognizes reputation and word-ofmouth
referral as the key element qualities that impacts Indonesian purchasers'
trust, attitude and purchase intention in s-commerce. The results of the research
taking into account a sample of 171 s-commerce users demonstrate all the key
factor characteristics (with the exception of word-of-mouth referral on purchase
intention) had significant effects on consumers' trust, attitude and purchase
intention.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59311
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nandini Antya Kirana
"Pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan signifikan terhadap kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia. Salah satu tren yang muncul akibat fenomena ini merupakan migrasi kegiatan berbelanja pada toko offline ke platform social commerce. Migrasi ini mendorong platform-platform social commerce untuk terus berkembang dan meningkatkan keunggulan bersaing. TikTok Shop merupakan salah satu platform social commerce yang terintegrasi dengan media sosial TikTok yang baru dilansir ke pasar pada tahun 2021. Dengan perkembangan aplikasi TikTok yang cukup pesat sejak rilis aplikasi, TikTok Shop memiliki potensi kesuksesan yang besar dalam industri online commerce. Salah satu aspek yang mendukung pertumbuhan dari TikTok Shop sendiri merupakan aspek usability di mana dengan kondisi baru dilansir, TikTok Shop masih mempunyai banyak ruang untuk berkembang dalam aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan mewujudkan kebutuhan pengguna TikTok Shop. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka alternatif dari TikTok Shop yang dirancang menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara pengguna, desain alternatif yang dirancang telah menyediakan perbaikan terhadap 18 halaman utama dengan fitur-fitur yang mendukung proses pencarian produk, pembelian produk, dan pelacakan pesanan. Rancangan desain alternatif kemudian dievaluasi menggunakan Usability Testing (UT), wawancara kontekstual, dan System Usability Scale (SUS). Hasil dari UT menyatakan mayoritas task mendapatkan success rate sebesar 100% dengan nilai terkecil sebesar 90%. Sementara itu, didapatkan bahwa hasil SUS dari desain alternatif TikTok Shop mendapatkan skor akhir sejumlah 83,67 yang termasuk kategori grade B dengan rating excellent sehingga sistem dinilai memiliki usability yang cukup baik untuk digunakan.

The rise of the Covid-19 pandemic has driven significant changes in the shopping habits of Indonesian citizens. One of the trends that have been recurrent because of this phenomenon is the shift from shopping in offline stores to social commerce platforms. This shift has pushed social commerce platforms to grow and increase their competitive advantage. TikTok Shop is one of the new social commerce platforms being released in 2021. It is a shopping feature of the popular social media TikTok. With the fast growth of TikTok since its release, TikTok Shop has a high success potential in the online commerce market. One of the aspects supporting TikTok Shop’s growth is its usability. This research is intended to analyze further and realize TikTok Shop users’ needs. The end product of this research is an alternative interface design based on users’ needs collected using a User-Centered Design (UCD) approach. Based on the data collected through surveys and interviews, an alternative interface design of TikTok Shop has been made with 18 main pages consisting of features to help with product search, purchase, and order tracking. The alternate interface design was then evaluated once more using Usability Testing (UT), contextual interview, and a System Usability Scale (SUS). UT results have shown that the majority of the tasks have a success rate of 100%, with the lowest rate being 90%. Meanwhile, the design has achieved an average SUS score of 83,67, which could be interpreted as a “B” in letter grades, indicating that the system has good usability."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library