Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
Zakiah Husni Ramadani
"
Perubahan-perubahan pada aspek perkembangan di masa remaja berpengaruh pada kemampuan remaja dalam meregulasi diri. Ketidakmampuan remaja dalam meregulasi diri dapat menyebabkan kegagalan akademik. Oleh karena itu, remaja harus memiliki kemampuan dalam meregulasi diri terutama dalam aspek pembelajaran atau yang biasa disebut dengan self regulated learning. Beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan siswa dalam meregulasi diri. Selain itu, keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler juga teridikasi mempengaruhi hubungan antara kepribadian Big Five dan Self regulated learning.
Penelitian ini ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46980
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sinulingga, Laura T. V.
"
Sehunk & Zimmerman (2003) mengemukakan bahwa siswa yang diasumsikan termasuk kategori ?seMregu1a1ed ? adalah siswa yang aktif dalam proses belajarnya, baik secara rnetakognitif, motivasi. maupun perilaku. Mereka menghasilkan gagasan, perasaan, dan tindakan untuk mencapai tuj uan bclajarnya. Secara metakognitif mereka bisa memiliki strategi tertemu yang efektif dalam memproscs informasi. Sedangkan motivasi berbicara tentang semangat belajar yang sifatnya internal. Adapun perilaku, ditampilkannya adalah dalam bentuk tindakan nyata dalam belajar.
Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian anak dalam ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Tri Darmayanti
"
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah intervensi psikologis, yang pada umumnya dilakukan secara tatap muka dalam laboratorium, kelas atau Iingkungan lain, dapat dilakukan melalui jarak jauh. Intervensi psikologis pada penelitian ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar dari mahasiswa tahun pertama pada pendidikan jarak jauh. Dalam konteks sistem pendidikan jarak jauh formal, mahasiswa tahun pertama harus menyesuaikan diri dan menghadapi lingkungan belajar yang berbeda dengan sistem pendidikan tatap muka yang ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
D686
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Agustina Untari
"
Kualitas belajar siswa tergantung pada bagaimana ia mengarahkan dirinya sendiri di saat belajar, atau disebut dengan istilah self-regulated learning. Untuk dapat belajar secara efektif, siswa perlu mempunyai kemampuan dan kemauan untuk menggunakan berbagai strategi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajarnya. Namun, lingkungan belajar yang banyak diterapkan di sekolah dinilai kurang dapat mendorong perkembangan self-regulated learning. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dihadirkan metode belajar kolaboratif yang direkomendasikan memberikan lingkungan yang subur bagi berkembangnya self-regulated ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2568
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fridondy Prawira Dilaga
"
Penelitian ini membahas tentang Self-Regulated Learning pada atlet putra sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada atlet putra sepakbola timnas Indonesia U19. Penelitian ini diikuti oleh partisipan yang berjumlah 30 pemain terbaik yang tergabung dalam timnas sepakbola putra Indonesia U19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan meminta kesediaan partisipan untuk mengisi kuisioner self-regulated scale. Pengukuran selfregulated learning dilakukan secara kuantitatif menggunakan alat ukur The Self Regulation Scale (The SRS) dari Toering, T. T., Elferink-Gemser, M. ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55848
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Veronica Kristiyani
"
Penelitian menguji kontribusi parental beliefs dan self-regulated learning siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman bacaan siswa SMP di Bali. Pengujian untuk melihat kontribusi antara parental beliefs suku Bali terhadap pemahaman bacaan siswa dan kontribusi self-regulated learning terhadap pemahaman bacaan juga dilakukan secara terpisah. Sampel penelitian ini terdiri dari 71 anak yang merupakan siswa SMP dan orang tua yang berasal dari suku Bali yang berdomisili di Kabupaten Karangasem, Bali. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan metode nonprobability sampling ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54524
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kuny Zalikhatul Mardhiyah
"
Remaja perlu melakukan aktivitas eksplorasi sebelum berkomitmen terhadap pilihan karier, akan tetapi masih banyak siswa SMA yang belum melakukan eksplorasi karier dan tidak yakin dengan pilihan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri akademik dalam memperantarai hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan komitmen terhadap pilihan karier pada siswa SMA. Komitmen terhadap pilihan karier adalah kondisi ketika seseorang yakin pada pilihan kariernya, optimis dengan masa depan kariernya dan sadar akan adanya hambatan karier. ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50708
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khairun Nisa
"
Self regulated learning merupakan aspek yang penting dalam kesuksesan akademik siswa. Pada sisi personal, goal orientation diketahui mempengaruhi komitmen seseorang dalam meregulasi dirinya pada proses belajar. Pada sisi kontekstual, classroom goal structure diketahui juga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya self regulated learning siswa. Pada masyarakat Indonesia yang cenderung embedded, classroom goal structure sebagai faktor kontekstual diasumsikan memiliki peran yang lebih besar dibandingkan dengan goal orientation. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kontribusi peran goal orientation dan classroom ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T46975
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tirza Naomi Miranda
"
Dalam memenuhi tanggung jawab peran ganda sebagai siswa atlet, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat memaksimalkan aspek akademik. Strategi Self-Regulated Learning terbukti memiliki dampak positif di berbagai aspek. Kualitas proaktif siswa dalam Self-Regulated Learning salah satunya berasal dari keyakinan motivasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran motivasi intrinsik dalam memprediksi Self-Regulated Learning siswa atlet di SKO Ragunan DKI Jakarta. Partisipan penelitian ini adalah 86 siswa atlet SKO Ragunan DKI Jakarta dengan usia maksimal ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library