Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Astrid Raissa Lestari
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas representasi perempuan dalam film Tsuda Umeko: Osatsu ni Natta Ryuugakusei serta menganalisis masalah yang dihadapi oleh Tsuda Umeko dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai kerangka analisis, yaitu feminisme liberal oleh Rosemarie Tong (2006, 2007) dan teori kode televisi John Fiske (2001) yang terdiri dari tiga tingkat, yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis teks dan analisis visual. Dalam analisis tersebut, data yang ditemukan dibagi menjadi dua kategori, yaitu representasi perempuan tradisional yang mengikuti nilai budaya patriarki dan konsep ryousai kenbo, serta representasi perempuan baru yang dipengaruhi oleh feminisme. Ditemukan tujuh data yang menggambarkan representasi perempuan tradisional dan dua belas data yang menggambarkan representasi perempuan baru. Representasi perempuan tradisional menunjukkan perempuan yang bersikap pasif, patuh, tidak berbicara dengan tegas, dan bergantung pada pernikahannya. Sementara itu, representasi perempuan baru menampilkan sikap yang lebih gigih, berani mengutarakan pendapat, dan mengutamakan pendidikan dan karir. Temuan ini, bersama dengan masalah yang dihadapi oleh Tsuda Umeko dalam film, menunjukkan adanya dua ideologi yang bertentangan. Meskipun terdapat nilai-nilai yang sesuai dengan feminisme liberal, dominasi patriarki dalam masyarakat Jepang pada era Meiji masih sangat kuat. Budaya patriarki telah terinternalisasi baik pada laki-laki maupun perempuan, sehingga sulit untuk melakukan perubahan yang bertentangan dengan nilai-nilai tersebut.
This study aims to discuss the representation of women in the film Tsuda Umeko: Osatsu ni Natta Ryuugakusei and analyze the problems faced by Tsuda Umeko in the film. This research uses two theories as an analytical framework, namely liberal feminism by Rosemarie Tong (2006, 2007) and John Fiske's television code theory (2001) that consists of three levels, which is reality, representation, and ideology. The research method used is text analysis and visual analysis. In the analysis, the data found were divided into two categories, the representation of traditional women who follow patriarchal cultural values and the concept of ryousai kenbo, and the representation of new women who are influenced by feminism. Seven data were found describing the representation of traditional women and twelve data describing the representation of new women. The traditional female representation shows a woman who is passive, obedient, does not speak assertively, and is dependent on her marriage. Meanwhile, new female representations show a more persistent attitude, daring to express opinions, and prioritizing education and careers. These findings, along with the problems faced by Tsuda Umeko in the movie, suggest the existence of two conflicting ideologies. Although there are values that are in line with liberal feminism, the dominance of patriarchy in Japanese society during the Meiji era was still very strong. Patriarchal culture has been internalized in both men and women, making it difficult to make changes that contradict these values."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nadila Dara Adani
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan dibalik konstruksi sosial kulit putih dalam serial Orange Is The New Black. Difokuskan dengan dua karakter kulit putih yang kontradiktif dari latar belakang yang juga sangat berbeda, tujuan tulisan ini adalah untuk mengobservasi stereotip dari penggambaran wanita dari kalangan lsquo;kulit putih miskin rsquo; hingga kelas menengah ke atas. Konstruksi sosial kulit putih dalam serial ini direpresentasikan lewat berbagai macam dialog dan simbol, baik di masa sekarang atau kejadian di masa lampau. Penelitian ini juga membahas isu kelas, lebih spesifiknya kepada dampak yang tokoh-tokoh ini rasakan di dalam serial tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya populer, dalam hal ini serial televisi, mempunyai peran penting dalam menulis kembali konstruksi sosial kulit putih yang dipercaya oleh masyarakat.
ABSTRACTThe focus of this research is to discover the social construction of whiteness in the first season of Orange Is The New Black 2009 . By concentrating on two contradictory white characters from two distinct backgrounds, the goal of this journal is to examine the stereotypical representation of upper class, privileged, white woman and white trash. This journal examines the two characters from different backgrounds, which are the upper class, privileged white woman and poor white trash. The social construction of whiteness in this series is depicted through dialogues and symbols, both from the present time and the flashback scenes of their past. The paper also discussed class issue in terms of specifying the impacts they received throughout the series. This research shows that popular culture mdash in this case, television series mdash helped to re inscribe socially constructed stereotypes of whiteness."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library