Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Adhitya Nur Rachman
"
ABSTRAKBeberapa tahun terakhir, lingkungan bisnis yang berfungsi di dunia telah berubah secara dramatis. Perkembangan teknologi membuat komunikasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain menjadi lebih efisien. Tingkat kompetisi antar para pelaku bisnis juga semakin ketat. Persaingan ini mengarah kepada 2 hal yakni Customer Relationship Management CRM dan Supplier Relationship Management SRM . Salah satu komponen penting dalam kesuksesan pengelolaan Supply Chain Management SCM adalah pengelolaan Suppier Relationship Management SRM yang baik. Industri konstruksi cenderung terlambat dalam mengadopsi SCM ke dalam strategi manajemen mereka. Para kontraktor sadar bahwa kunci untuk menerapkan SCM dalam industri konstruksi adalah melalui perencanaan dan pembelian produksi yang tepat. Dengan kondisi ini, perusahaan perlu membuat model pembelian yang efektif dan efisien untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Portofolio model pembelian yang populer digunakan oleh akademisi dan praktisi adalah Model Kraljic yang ditemukan oleh Peter Kraljic pada tahun 1983 dan telah digunakan untuk menganalisis strategi pembelian oleh profesional.PT. X adalah salah satu perusahaan konstruksi swasta di Indonesia yang berpartisipasi dalam proyek strategis nasional. Untuk membatasi jumlah jenis komoditas, analisis pembelanjaan dilakukan untuk mengetahui komoditas mana yang memberikan kontribusi nilai terbesar dalam pengeluaran total perusahaan pada 2015-2017. Komoditas-komoditas ini dipetakan dalam matriks Kraljic berdasarkan faktor risiko pasokan dan laba untuk setiap komoditas. Berdasarkan hasil analisis menggunakan matriks Kraljic, PT. X dapat dilakukan strategi pembelian yang lebih baik yang dapat memaksimalkan kerja perusahaan dan divisi Supply Chain management di PT. X untuk dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
ABSTRACTNowadays, business environment that works in the world has changed dramatically. The development of technology make communication between one company to another more efficient. The level of competition between each is also getting tighter. This competition leads into two factor, they are Customer Relationship Management CRM and Supplier Relationship Management SRM . One of the key components in succeeding Supply Chain Management SCM is the management of Supplier Relationship Management SCM . Construction industry tends to be late in adopting SCM into their management strategy. The contractors are also aware that the key to applying SCM in the construction industry is through proper production planning and Purchasing. With these conditions, it is necessary for the company to make an effective and efficient model of Purchasing in order to achieve the expected conditions. The popular Purchasing model portfolio used by academics and practitioners is the Kraljic Model which found by Peter Kraljic in 1983 and has been used for analyzing Purchasing strategy by professional.PT. X is one of the private construction companies in Indonesia which participated in national strategic projects. To limit the commodity type quantity, Spending Analysis is performed to know which commodities that give biggest value contribution in company rsquo s total expenditure in 2015 2017. These commodities is mapped in Kraljic rsquo s matrix based on their supply risk and profit impact factor for each commodity. Based on the analysis result using Kraljic rsquo s matrix, PT. X can do better strategy of Purchasing that can maximize company rsquo s work and the Supply Chain management division in PT. X so it could improve purchasing process that work more effective and efficient for the company. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50417
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Felicia Florensi
"Adanya pandemic Covid-19 menjadi tantangan untuk para pemain industri retail untuk dapat menyediakan konsumen dengan omnichannel shopping experience. Walaupun belanja online
sangat menjanjikan, penelitian membuktikan bahwa toko offline masih dibutuhkan untuk meningkatkan brand awareness dan visit intention. Riset terdahulu memperlihatkan bahwa virtual tour adalah alat yang efektif untuk mendorong visit intention. Meski begitu, hal tersebut belum terbukti untuk mendorong purchase intention. Brand equity diharapkan untuk memediasi hubungan antara store brand experience, visit intention, dan purchase intention dimana positive affective response juga diharapkan untuk menjadi mediasi bagi purchase intention. Sebanyak 216 responden yang telah mengalami experience dengan virtual store
IKEA terpilih dan data yang didapat kemudian diolah menggunakan SEM. Hasil menunjukkan bahwa store brand experience secara positif berpengaruh pada visit intention dan purchase intention secara langsung dan secara tidak langsung dengan brand equity
sebagai variabel mediasi. Riset ini juga menemukan bahwa dalam kasus ini, brand equity yang lebih tinggi akan mengarahkan pada visit intention yang lebih tinggi. Teknologi VR ini kemudian menjadi rekomendasi yang baik untuk membantu mengembalikan lalu lintas setelah pandemi karena selain alat ini mudah digunakan siapa saja, alat ini juga bisa digunakan dimana saja
The Covid-19 pandemic challenges retail players to provide customers with an omnichannel shopping experience. Even though online retail shopping seems very promising, researchhave found that offline store is still needed to increase brand awareness and visit intention. Prior research has shown that virtual tours are effective at encouraging visit intention.However, they have not been proven for purchase intention. Brand equity was expected to mediate the relationship between store brand experience, visit intention, and purchase intention when the positive affective response was also expected to mediate for purchase intention. A total of 216 users who experienced the IKEA virtual store experience interface were used as respondents. The data collected were processed using SEM. Results showed thatstore brand experience positively impacts visit intention and purchase intention directly and indirectly with brand equity as a mediate variable. This study also reveals that in this case,higher visit intention are influenced by higher brand equity. Furthermore, this VR experience drives a more positive affective response which in returns creates higher purchase intention.This VR technology is recommended to bring back traffic post pandemic since it is easy to use and can be used by anyone anywhere"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library