Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Putri Oktaviani
"Bangsa Arab adalah bangsa yang sangat besar dan berbudaya. Banyak peninggalan- peninggalan bersejarah yang sampai sekarang masih dapat kita nikmati, baik itu bangunan fisik maupun tulisan-tulisan berseni tinggi. Salah satunya adalah karya sastra Arab yang berasal dari zaman Jahiliyah yaitu mulai dari satu setengah abad atau dua abad sebelum Islam hingga zaman Modern yaitu mulai abad 13 H. Pada zaman Jahiliyah, puisi (As-syi‟ir) merupakan karya yang menempati posisi tertinggi. Salah satu penyair terkenal meski bukan termasuk al mu‟allaqat ketika itu adalah Al-Khansa yang memiliki banyak karya diantaranya puisi yang bertemakan ar-ritsa (ratapan). Makalah memaparkan unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi ar-ritsa karya Al-Khansa dengan menggunakan metode studi literatur kepustakaan dan analisis struktural terhadap puisi tersebut. Puisi ar-ritsa karya Al-Khansa adalah bukti bahwa ia merupakan penyair wanita yang memiliki kelebihan karena keindahan kata-katanya dan mudah dimengerti. Puisi Al-Khansa merupakan puisi zaman Jahiliyah yang masih terikat aturan pembuatan puisi zaman Jahiliyah yaitu memiliki wazan atau bahr (mengikuti prosodi atau ritme gaya lama) dan keunikan dalam penempatan awal larik yang beragam, ada yang dimulai dari pinggir kanan, ada yang dimulai dari tengah.
Arab nation is a nation that is very great and cultured. Many historic relics that are still can be enjoyed, are building physical and high artistic writings. One is the work of Arabic literature from the Jahiliya era which is from a half a century or two centuries before Islam to the Modern era starting from the 13th century H. In the Jahiliya era, poetry (As-syi'ir) is a work of the highest position. One of the famous poet, although not including al mu'allaqat, was Al-Khansa who has many works of poetry on the theme of which ar Ritsa (lament). This paper is made to explain the intrinsic and extrinsic elements of poetry ar-ritsa by Al-khansa using structural analysis of the literature and the poetry. Poetry ar-ritsa by Al-Khansa is proof that she was poetess who had the advantage of the beauty of her words and simple to understand. Al-Khansa poetry is poetry that still bound the Jahiliya era rules of poetry-making era Jahiliya that has wazan or bahr (prosody or rhythm following the old style) and uniqueness in the initial placement of a diverse array, there are starting from the right edge, there is the beginning of the middle."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Siti Nurrohmah
"Bangsa Arab merupakan bangsa yang kaya akan karya sastra. Puisi merupakan cabang karya sastra yang penting sejak zaman jahiliyah. Perkembangan puisi dari masa jahiliyah hingga modern mengalami pasang surut. Kejayaan puisi masa jahiliyah meredup seiring dengan penguasaan bangsa Asing di dunia Arab. Penyair Mahmud Sami al Barudi hadir membawa kebangkitan puisi bagi kesusastraan Arab dengan aliran neoklasiknya. Dengan aliran ini ia berusaha membangkitkan kejayaan puisi klasik. Banyak karya ia cetuskan dengan aturan-aturan klasik namun dengan ide baru. Puisi politik ini merupakan salah satu puisi karyanya yang memiliki aturan puisi zaman Jahiliyah yaitu memiliki wazan atau bahr (mengikuti prosodi atau ritme gaya lama) dan qafiyah (rima akhir atau kesesuaian akhir baris/satr). Makalah ini dibuat untuk menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi politik karya Mahmud Sami al Barudi dengan menggunakan metode studi literatur kepustakaan dan analisis struktural terhadap puisi tersebut.
The United Arab Emirates is a nation with an immense quantity of literary works. Poetry is an important branch of literature since the Jahiliyah era. The development of poetry from Jahiliyah to modern have ups and dawns. The glory of poetry at the Jahiliyah era weakened with the mastery of foreign in the Arab world. A poet Mahmud Sami al Barudi present lead to a resurgence of poetry for Arabic Literature with his neoclassic genre. With this genre he tried to raise the glory of classical poetry. He has produced many works with the classic pattern, but with the new idea. This political poetry is one of his poems wich have rules like poetry in jahiliyah era which have wazan or bahr a (based on old rhythm) and qafiyah (closing rhyme or the resemblance of sound/satr). This paper aims to elaborate the intrinsic and extrinsic features of politic poems written by Mahmud Sami al Barudi through the method of literary studies and structural analysis toward the poetry"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Venny Indri Christiyanti
"Makalah ini mengangkat puisi karya Sylvia Plath untuk menganalisa bagaimana ideologi gender bekerja dalam puisinya dalam hal memposisikan tokoh laki-laki dan perempuan. Konsep the Self and the Other Simone de Beauvoir merupakan teori utama yang digunakan. Beberapa hal yang menjadi pertanyaan di antaranya: 1) dengan cara apa Plath sebagai the Other menggambarkan dan memposisikan tokoh laki-laki dalam puisinya?; 2) apakah image the Self melemah atau menguat?; dan 3) apakah hal tersebut membuat the Other terlihat lebih inferior daripada the Self? Ada empat temuan utama dari hasil analisis. Pertama, image the Self atau image tokoh laki-laki menguat dalam beberapa aspek. Akibatnya, the Other terlihat lebih inferior. Terdapat pula oposisi biner dalam memposisikan the Self, sementara itu the Other terkadang disuguhkan secara paradoksikal. Kesimpulannya, ideologi gender yang bekerja dalam puisi-puisi karya Sylvia Plath dapat dilihat sebagai keberlangsungan superioritas laki-laki, karena hampir semua tokoh the Self diposisikan lebih tinggi daripada the Other. Meskipun demikian, dengan menyuguhkan tokoh the Other secara paradoksikal dan menunjukkan oposisi biner dalam menghadirkan tokoh the Self, Plath pada saat yang bersamaan melakukan resistesnsi terhadap superioritas laki-laki.
This paper carries the works of Sylvia Plath to analyze how gender ideology works in her poetry in terms of positioning male and female characters. Simone de Beauvoir’s concept of the Self and the Other becomes the main theory used. Some problems need to be answered are: 1) in what way Plath as the Other portrays and positions male characters through her poetry, 2) whether the Self image is strengthened or weakened and 3) whether or not it makes the Other appear more inferior than the Self. There are four key findings of the analysis. First, the Self image or the image of male characters in Plath’s poems is strengthened in some ways. As a result, the Other counterpart looks more inferior to the Self. There are also binary oppositions in positioning the Self characters, while ‘the Other’ ones are sometimes presented paradoxically. In conclusion, the gender ideology working on Sylvia Plath’s poetry can be seen as the perpetuation of male superiority, for most Self characters are positioned higher than the Other ones. However, by paradoxically presenting the Other characters and performing binary oppositions in portraying the Self ones, Plath at the same time presents resistance to male’s superiority."
Depok: [Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, ], 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Shafwan Hadi Umry
Medan: Format Publishing, 2011
808.81 SHA s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Spacks, Patricia Meyer
Chichester: Wiley-Blackwell, 2009
821.509 SPA r
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Malden: Blackwell, 2007
821.008 CLA
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library