Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ulfah Azizah
"Di antara seluruh pengguna jalan, pejalan kaki adalah kelompok yang paling rentan terhadap risiko kecelakaan, dimana kendaraan dan pejalan kaki mengalami konflik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perilaku penyeberangan pejalan kaki, termasuk factor lima kategori (pelanggaran, kesalahan, penyimpangan, perilaku agresif, perilaku positif) serta pertanyaan terkait demografis di Jawa Barat. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki hubungan antara karakteristik pejalan kaki dengan waktu tambahan yang dibutuhkan untuk mengakses fasilitas penyeberangan. Kuesioner Perilaku Pejalan Kaki (Pedestrian Behaviour Question) yang dilaporkan secara mandiri digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang perilaku pejalan kaki. PBQ mencakup 16 item survei yang memungkinkan responden menilai kondisi penyeberangan pejalan kaki. Pada studi ini menemukan bahwa laki-laki lebih rentan mengambil risiko dibandingkan perempuan. Pendapatan juga mempengaruhi perilaku kesalahan, dan positif. Agresi dan pelanggaran juga lebih sering terjadi pada generasi muda. Karakteristik demografi, pola perjalanan, dan perilaku pejalan kaki mempengaruhi kecelakaan pejalan kaki, menurut regresi logistik biner. Kecelakaan 2,3 kali lebih mungkin terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan. Studi ini juga mengeksplorasi alternatif penyeberangan ilegal, termasuk penyeberangan tanpa fasilitas penyeberangan, untuk menilai keselamatan dan waktu berjalan kaki. Temuan menunjukkan bahwa pejalan kaki yang membutuhkakn berjalan kaki terutama yang melebihi enam menit, meningkatkan kemungkinan penyeberangan secara ilegal.

Among all road users, pedestrians are most vulnerable to risk and crossing the street, where vehicles and pedestrians get into conflict. This study aimed to investigate pedestrian crossing behaviour, including five factors’ categories (violation, error, lapse, aggressive behaviour, positive behaviour) and demographic questions in West Java. Furthermore, this study also investigates the relationship between pedestrian characteristics and the additional time required to access them. A self-reporting Pedestrian Behavior Questionnaire (PBQ) was utilized to obtain a good understanding of pedestrian behaviour. The PBQ includes 16 survey items that allow respondents to rate the condition of the pedestrian crossing. The study found that men are more prone than women to take risks. Income also affects error, positive, and lapse behaviour. Aggression and violations are also more common in younger people. Demographic characteristics, travel patterns, and pedestrian behaviour affect pedestrian accidents, according to binary logistic regression. Accidents are 2.3 times more probable for men than women. This study also explores illegal crossing alternatives, including crossing without crossing facilities, to assess the safety-walking time trade-off. Findings show that longer walks, especially those exceeding six minutes, increase the likelihood of illegal crossing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roland Dwi Kurniawan
"Berjalan di jalur pedestrian terkadang merupakan hal yang kurang nyaman karena masih banyak jalan di kota yang lebih mementingkan infrastruktur jalur kendaraan dibandingkan pejalan kaki. Jalan yang lebih mementingkan infrastruktur kendaraan memiliki jalur kendaraan yang besar dan jalur pejalan kaki yang kecil. Akan tetapi banyak pejalan kaki yang melintasi dan beraktivitas dikarenakan mereka tidak punya pilihan lainnya. Skripsi ini akan meninjau kembali kondisi pedestrian di kota Jakarta dan mengungkap aspek - aspek walkability yang menjadikan jalan tersebut hidup meskipun kondisi jalan sudah maupun belum terpenuhi secara standar. Metode untuk mengkaji skripsi ini melalui studi literatur mengenai standar dan teori berkaitan, studi kasus terhadap Jalan Sabang dan Jalan Pecenongan, dan kemudian dilakukan perbandingan analisis. Keamanan dan kenyamanan dalam sebuah jalan merupakan keharusan ketika membicarakan mengenai berjalan. Namun sebelum adanya rasa aman dan nyaman tersebut, terdapat sebuah pemilihan jalan yang menjadi pertimbangan dengan melihat berbagai faktor kondisi. Jalan Sabang memiliki suasana jalan yang hidup meskipun keadaan jalan pedestrian belum memenuhi rasa nyaman. Sebaliknya, kondisi Jalan Pecenongan yang telah mementingkan pedestrian tidak sehidup seperti seharusnya. Melalui ini kita dapat melihat aspek - aspek walkability yang ada pada jalan di kawasan kota Jakarta.

Walking on pedestrian paths is sometimes uncomfortable because many roads in the city are more concerned with vehicle infrastructure than pedestrians. Roads that prioritize vehicle infrastructure have large vehicle lanes and small pedestrian lanes. However, many pedestrians pass through and move because they have no other choice. This thesis will review the pedestrian conditions in the city of Jakarta and reveal the aspects of walkability that make the street lively even though the road conditions have or have not met the standards. The method for reviewing this thesis is through a literature study of related standards and theories, a case study of Sabang Street and Pecenongan Street, and then a comparative analysis. Safety and comfort on the road is a must when talking about walking. But before the sense of security and comfort, there is a selection of roads that are taken into consideration by looking at various condition factors. Sabang Street has a lively street atmosphere even though the condition of the pedestrian street has not fulfilled a sense of comfort. In contrast, the condition of Pecenongan Street, which has prioritized pedestrianization, is not as lively as it should be. Through this we can see the aspects of walkability that exist on roads in the Jakarta urban area."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library