Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fathiyah Inayatirrahmi
"Pada penelitian ini telah dilakukan ko-pirolisis trigliserida dan polipropilena (PP) dengan menggunakan katalis asam Ni/ZrO2.SO4. RBDPO (refined, bleached, dedorised palm oil) digunakan sebagai umpan penyedia trigliserida dan polipropilena sebagai donor hidrogen radikal. Untuk dapat menghasilkan bio-oil dengan kualitas baik sebagai hasil ko-pirolisis, diperlukan katalis asam yang memiliki situs asam Bronsted dan asam Lewis, serta diameter pori yang besar (mesopori). Ko-pirolisis dilakukan dengan variasi komposisi PP sebesar: 50%, 75%, dan 100% dari berat total umpan. Variasi ini bertujuan untuk meninjau pengaruh dari komposisi PP dalam umpan terhadap yield serta distribusi komposisi dari biofuel yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ko-pirolisis katalitik dengan umpan trigliserida dan PP menunjukkan adanya efek sinergis yaitu menghasilkan wax dan NCG yang lebih rendah dibandingkan pirolisis secara terpisah. Hasil analisis FTIR, GC-MS, C-NMR menunjukkan bahwa peningkatan komposisi PP pada umpan berhasil meningkatkan komposisi alkana dan alkena serta menurunkan komposisi senyawa oksigenat pada bio-oil. Bio-oil dengan fraksi diesel tertinggi diperoleh dari variasi 50% PP yaitu sebesar 50,73%. Kandungan karboksil dalam biofuel berhasil ditekan hingga sangat rendah dan menyisakan sedikit senyawa oksigenat dengan rantai karbon yang panjang. Diperlukan pengujian untuk mengetahui heating value (HV) untuk melihat apakah biofuel yang dihasilkan sudah memiliki HV yang mendekati diesel komersial
In this study, co-pyrolysis of triglycerides and polypropylene (PP) was carried out using the acid catalyst Ni/ZrO2.SO4. RBDPO (refined, bleached, deodorised palm oil) is used as a feed providing triglycerides and polypropylene as a hydrogen radical donor. In order to produce good quality bio-oil as the product of co-pyrolysis, an acid catalyst which has Bronsted acid and Lewis acid sites and large pore diameters (mesoporous) is needed. Compositions of PP in the feed varied at 50%, 75%, and 100% of the total feed weight. This variation aims to examine the effect of the composition of PP in the feed on the yield and the composition distribution of the produced biofuel. Based on the results of this study, catalytic co-pyrolysis with triglyceride and PP feeds showed a synergistic effect, as it produced wax and NCG which were lower than pyrolysis the feed separately. The results of FTIR, GC-MS, C-NMR analysis showed that increasing the PP composition in the feed succeeded in increasing the composition of alkanes and alkenes and decreasing the composition of oxygenate compounds in bio-oil. . Bio-oil with the highest diesel fraction was obtained from the 50% PP variation (50.73%). The carboxyl content in biofuel has been reduced significantly, leaving only a few oxygenate compounds with long carbon chains. Further testing is required to determine the heating value (HV) to see if the biofuel produced already has an HV that is close to commercial diesel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nelliza Putri
"Biaya logistik secara signifikan dapat mempengaruhi harga TKKS sebagai bahan baku bioethanol generasi kedua, dimana bahan baku itu sendiri merupakan bagian terbesar komponen biaya operasional. Untuk itu diperlukan studi yang secara spesifik merancang rantai pasok biomassa serta mengkuantifikasi biaya transportasi. Pada penelitian ini, telah dikembangkan rancangan logistik untuk beberapa cluster yang masing-masing terdiri dari beberapa PKS (Pabrik Kelapa Sawit) untuk mensuplai pabrik bioethanol berkapasitas 50 kta di Provinsi Riau. Selanjutnya juga dilakukan kuantifikasi biaya logistik dengan mempertimbangkan jarak, jenis kendaraan, kondisi jalan, dan kondisi sumber TKKS. Biaya logistik terdiri dari harga TKKS (dari sumber), biaya transportasi dan biaya pra-perlakuan. Hasil penelitian ini, diharapkan mampu memberikan skema supply network yang optimal dan biaya yang layak dalam mendukung pengembangan bisnis bioethanol generasi kedua berbasis TKKS yang layak secara komersial. Skema tersebut adalah lokasi pabrik bioethanol harus berdekatan dengan pasokan bahan baku terbesar. Didapatkan 3 calon lokasi pabrik bioethanol berkapasitas 50kta di provinsi riau yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri hilir. Lokasi tersebut menghasilkan biaya transportasi terendah calon lokasi pabrik 2 sebesar Rp 156.000 dengan jarak ke terminal BBM sejauh 282 km dan yang termahal terletak di calon lokasi pabrik 1 yaitu dengan biaya transportasi sebesar Rp189.000 dengan jarak ke TBBM sebesar 120 km.
Logistics costs can significantly affect the price of OPEFB as a second generation bioethanol raw material, where the raw material itself is the largest component of the operational costs. For this reason, studies are needed that specifically design biomass supply network and quantify transportation costs. In this study, we developed a design supply network for several clusters, each consisting of 15 PKS to supply a 50kta bioethanol plant in Riau Province. Furthermore, logistics cost quantification is also carried out by considering the distance, type of vehicle, road conditions, and conditions of the OPEFB source. Logistics costs consist of the OPEFB price (from source), transportation costs and pre-treatment costs. The results of this study are expected to be able to provide an optimal supply network scheme and a reasonable cost to support the development of a commercially viable second-generation bioethanol business based on EFB. The scheme is that the location of the bioethanol plant must be close to the largest supply of raw materials. There were 3 candidate locations for bioethanol factories with a capacity of 50kta in Riau province, which are located in Pelalawan and Indragiri downstream districts. This location generates the lowest transportation costs for prospective factory location 2 of Rp. 156,000 with a distance to the BBM terminal as far as 282 km and the most expensive is located in the prospective factory location 1, with a transportation cost of Rp.189,000 with a distance to TBBM of 120 km."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library