Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yourcenar, Marguerite
Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2015
843 YOU c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sekarsari Utami
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan kajian terhadap novel Leyla (2006) karangan Feridun
Zaimoglu yang mengaplikasikan teori penggambaran orient dalam orientalisme
serta diaspora untuk menggambarkan posisi Migran Turki di Jerman dan posisi
pengarang. Argumentasi utama tesis ini didasarkan pada relasi antara posisi
pengarang yang berlatar belakang sebagai masyarakat diaspora Turki dengan
karya sastra yang mengangkat persoalan orient dan situasi multikulturalisme di
Jerman. Sebagai pengarang generasi kedua yang dilahirkan di Turki namun besar
dan mendapatkan pengetahuan di Jerman Zaimoglu menjadi subjek dengan
identitas yang hybrid. Dalam Leyla Zaimoglu meminjam cara pandang orientalis
untuk mengonstruksi citra Turki sebagai orient. Hal tersebut terlihat pada berbagai
kritik terhadap tradisi Turki dan pengukuhan stereotip-stereotip. Meskipun
demikian, di saat yang bersamaan pengarang juga menghadirkan penggambaran
Orient yang lain dengan cara mematahkan stereotipe, selain dengan menegaskan
cerita sebagai gambaran generasi pertama masyarakat diaspora Turki di Jerman.
Dengan demikian melalui Leyla Zaimoglu menghadirkan perspektif yang baru
dalam karya sastra masyarakat diaspora generasi kedua yang dapat diterima oleh
publik Jerman. Hal tersebut signifikan sebagai strategi atau dialog antar budaya
yang berkaitan dengan isu multikulturalisme di Jerman

Abstract
This thesis is a study of the novel entitled Leyla (2006) written by Feridun
Zaimoglu, that applies a theory about the portrayal of Orient in orientalism and
diaspora to describe the position of Turkish Migrants in Germany and the position
of the author. The main argument of this thesis is based on the relation between
the position of the author, whose background as a Turkish diasporic, offering a
piece of literature that raises the issue of orient and the situations of
multiculturalism in Germany. As an author from the second generation who was
born in Turkey but raised and gains knowledge in German, Zaimoglu is a subject
to a hybrid identity. In Leyla Zaimoglu borrows Orientalist perspective to
construct the image of Turkey as the orient. This is evident in the criticism of the
inaugural Turkish tradition and stereotypes. Nevertheless, the author also presents
another depiction of the Orient by breaking the stereotypes, and affirms the story
as a portrayal of the first generation of Turkish diasporic in Germany. Thus
through Leyla, Zaimoglu brings new perspectives in the literature of the second
generation diasporic that can be accepted by the German public. This is significant
as a strategy or intercultural dialogue relating to issues of multiculturalism in
Germany"
2012
T30381
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alvandi Bagastha Mufid
"Video musik sebagai produk budaya populer mampu menyampaikan pesan kepada para penontonnya dengan cepat, baik berupa opini, informasi, perspektif, dan kritik. Perspektif yang hendak disampaikan berkaitan dengan suatu hal yang seringkali luput dari kesadaran umum. Dalam sejarah, perkembangan video musik di Rusia dimulai ketika penampilan musik dilakukan juga dalam pementasan sebuah opera. Dengan kemajuan zaman dan perkembangan digital, video musik memasuki ranah baru melalui platform Youtube, seperti yang dilakukan Otkazniki.ru dalam kampanye video musik Мамы не из рекламы atau Mama Bukan Dari Iklan yang mencoba menggambarkan dan menyampaikan pesannya kepada masyarakat terkait peran mama atau ibu dalam keluarga, khususnya dalam mengasuh anak dan kegiatan domestik rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan didukung oleh teori Camera Lucida milik Roland Barthes, yaitu studium dan punctum. Hasil penelitian ini adalah representasi Mama atau ibu yang disampaikan dalam film tersebut memiliki sifat yang positif dan menggambarkan kasih sayang yang tulus dari seorang ibu.

Music videos as a product of popular culture can convey messages to the audience quickly, in the form of opinions, information, perspectives, and criticisms. The perspective to be conveyed is related to something that often escapes public awareness. Historically, the development of music videos in Russia began when musical performances were also performed in the performance of an opera. With the advancement of the times and digital developments, music videos have entered a new realm through the Youtube platform, as did Otkazniki.ru in the music video campaign Мамы не из рекламы or Mama Not From Advertising which tries to describe and convey its message to the public regarding the role of mama or mother in the family, especially in raising children and domestic household activities. This research uses a descriptive-analytical method and is supported by Roland Barthes' Camera Lucida theory, namely the studium and punctum. The result of the research is that the representation of Mama or mother conveyed in this film has a positive nature and describes the sincere love of a mother."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Contemporary digital information society has globalized information structures and facilitated easier access to information across libraries, cultural institutions, and the Internet. While this has helped shaped global discourses, it has often done so at the expense of localized meaning and ethics. This conference sparks a conversation about the tension between the global information structures and grounding meaning and ethics in localized contexts. "
United Kingdom: Emerald, 2017
e20528303
eBooks  Universitas Indonesia Library