Ditemukan 27 dokumen yang sesuai dengan query
"Sasaran ergonomi adalah tenaga kerja, baik pada sektor modern, tradisional maupun informal. Sehingga diharapkan penerapan norma-norma ergonomi yang telah disepakati ini dapat berperan dalam hal meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja oleh segenap pihak yang bersangkutan."
MLHA 44-45 (1988)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Reza Alexander Antonius Wattimewa
"
ABSTRAKTulisan ini meruapakan sebuah kajian atas agama sebagai sebuah institusi kompleks yang tertanam dalam budaya sebuah masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis terhadap makna agama dalam kaitan dengan bidang-bidang kehidupan manusia lainnya, seperti budaya, politik dan bahkan kepribadian manusia. Agama lahir dari kompleksitas tersebut, dan turut serta membentuk serta melestarikan kompleksitas yang ada."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2019
330 ASCSM 45 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Moulina Pertiwi
"
ABSTRACTSalah satu pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Depok dapat dilihat di komunitas Crafter yang berdiri mandiri. Komunitas Crafter adalah kelompok bisnis yang berkembang dan memiliki hubungan dengan pemerintah kota Depok dan anggota masyarakat lainnya. Dalam penelitian ini, kita akan membahas modal sosial yang berkembang dari hubungan antara kota Crafter dan pemerintah daerah (Departemen Perindustrian dan Perdagangan dan Kantor Koperasi dan Usaha Kecil Mikro) dan hubungan di antara anggota dan perannya. . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teori modal sosial Halpern (2005) sebagai bahan analitik. Temuan lapangan menunjukkan bahwa ada modal jaringan sosial, norma dan sanksi yang berkembang di antara masyarakat. Dari temuan lapangan juga diketahui bahwa modal sosial memberikan beberapa manfaat.
.ABSTRACTOne of the micro and small business actors in the City of Depok can be seen in the Crafter community that stands independently. The Crafter community is a growing business group and has links with the Depok city government and other community members. In this study, we will discuss the social capital that develops from the relationship between the city of Crafter and the local government (Ministry of Industry and Trade and the Office of Cooperatives and Micro Small Businesses) and the relationship between members and their roles. . This type of research is a qualitative study with the theory of social capital Halpern (2005) as an analytical material. Field findings indicate that there is social network capital, norms and sanctions that develop among the community. From the field findings it is also known that social capital provides several benefits.
"
2019
Spdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
JK 11:1 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dandy Adrian Azkara
"
ABSTRAKTelemedicine adalah pemanfaatan data restoratif diperdagangkan dimulai dengan satu situs ke situs lain dengan cara susun elektronik untuk meningkatkan status kesehatan klinis pasien. Misalnya, beragam mengembangkan kegunaan dan administrasi memanfaatkan video yang dua arah, email, jenis terpencil dan berbagai inovasi transfer informasi. Laporan ini akan menjelaskan tentang betapa pentingnya Telemedicine, dan serta itu akan memecahkan kedua masalah manajemen dan pertanyaan penelitian.
ABSTRACTTelemedicine is the utilization of restorative data traded starting with one site to others by means of electronic interchanges to enhance a patient's clinical health status. For example, a developing assortment of uses and administrations utilizing two-way video, email, remote and different types of information transfers innovation. This report will explain about how important the Telemedicine, and as well as it will solve both of the management problem and research question."
Depok: [Fakultas Eknomi Universitas Indonesia, ], 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Vici Sofianna Putera
"Perilaku mahasiswa yang merokok merupakan suatu masalah yang nyata di kantin Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Intervensi berupa spanduk larangan merokok belum bisa menghilangkan perilaku merokok yang terjadi di kantin Fakultas Psikologi. Kondisi ini jelas menimbulkan masalah lain karena dampak yang ditimbulkannya terhadap para perokok pasif, udara yang tercemar, dll. Perilaku bermasalah dapat terjadi karena adanya mispersepsi antara actual norms dengan perceived norms. Actual norms merupakan representasi sikap atau perilaku individu yang sebenarnya, sedangkan perceived norms adalah persepsi terhadap representasi sikap atau perilaku orang lain di sekitarnya. Norma sosial terbagi menjadi dua jenis norma yaitu injunctive norms dan descriptive norms. Injunctive norms adalah persetujuan orang lain terhadap suatu perilaku, sedangkan descriptive norms merupakan representasi perilaku individu dalam kelompok. Berdasarkan temuan studi baseline, ditemukan terjadi mispersepsi pada aspek descriptive norms.
Intervensi dilakukan dengan memasang spanduk di kantin Fakultas Psikologi yang berisi descriptive norms messages, yaitu sebuah pesan yang berisi informasi tentang jumlah sebenarnya dari orang yang tidak merokok maupun orang yang merokok. Penelitian intervensi menggunakan disain quasy experiment one group pre-post test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan secara signifikan skor mispersepsi dengan p value < 0.05 pada aspek descriptive norms. Namun perilaku merokok mahasiswa tidak menurun secara signifikan p value > 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan intervensi norma sosial ini berhasil mengurangi mispersepsi pada aspek descriptive norms namun belum mampu mengurangi jumlah mahasiswa yang merokok.
The behavior of students who smoke is a real problem in the cafeteria of the Faculty of Psychology, University Indonesia. Intervention in the form of banners smoking ban has not been able to eliminate the smoking behavior that occurs in the cafeteria of the Faculty of Psychology. This situation clearly raises other problems because of their impact on passive smokers, polluted air, etc. Behavioral problems can occur because of the misperception between the actual norms with perceived norms. Actual norms is actual representation of individual attitude and behavior, while perceived norms is the perception of attitude and behavior of others in the vicinity . Social norms are divided into two types of norms that injunctive and descriptive norms. Injunctive norms is the approval of others to a behavior, while descriptive norms is a representation of the behavior of individuals in the group. Based on the findings of the baseline study, found a misperception on the aspect of descriptive norms. The intervention is done by putting up banners in the cafeteria of the Faculty of Psychology, which contains descriptive norms messages, which is a message that contains information about the actual number of people who do not smoke and those who smoke. Interventions research using quasy experimental design one group pre post test. The results of this study indicate that there is a significant reduction in scores misperception with p value 0.05 on aspects of descriptive norms. However, the smoking behavior of students not decrease significantly with p value 0.05. The conclusion of this study indicate social norms intervention is successful decreasing misperception on the aspect of descriptive norms but have not been able to decreasing the number of students who smoke."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46885
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yogi Pambudi
"Penelitian ini menguji intervensi norma sosial dan arsitektur pilihan untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik di restoran. Penelitian ini terdapat dua tahap, yaitu studi baseline dan intervensi. Pada tahap studi baseline menerapkan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Target responden baseline terdiri dari 106 kuesioner dan 12 responden wawancara. Selama studi baseline ditemukan bahwa alasan penggunaan sedotan pada pengunjung karena disediakan, kebiasaan, dan penggunaan praktis. Norma deskriptif yang tergambarkan adalah sebagian besar pengunjung menggunakan sedotan ketika meminum, dan untuk norma injungtif menyatakan bahwa pengunjung mempercayai tidak menggunakan sedotan salah satu cara mengurangi sampah plastik. Pada tahap intervensi menggunakan quasi-ekperimental selama lima hari di ketiga kelompok , yakni dua kelompok intervensi dan satu kelompok kontrol. Studi intervensi menguji pemberian teknik arsitektur pilihan dengan pesan norma sosial dibandingkan kelompok kontrol, pemberian intervensi arsitektur pilihan dengan kelompok kontrol, dan pembandingan pemberian intervensi berganda arsitektur pilihan dengan pesan norma sosial dengan intervensi tunggal arsitektur pilihan. Hasil uji dengan Kruskal-Wallis terdapat perbedaan signifikan dari ketiga kelompok (p<,05). Selanjutnya dilakukan pengujian Mann-Whitney antar kelompok dengan p<,0167. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan intervensi dinyatakan terdapat perbedaan penggunaan sedotan dibandingkan kelompok kontrol, dan jika dibandingkan antar kelompok intervensi ditemukan bahwa penerapan intervensi berganda arsitektur pilihan dan pesan norma sosial lebih signifikan dibandingkan intervensi tunggal arsitektur pilihan saja.
This study examined social norm interventions and architectural choices to reduce the use of plastic straws in restaurants. This study had two stages, namely the baseline study and intervention. At the baseline study stage, the interview method, observation, and questionnaire were applied. The target of the baseline respondents consisted of 106 questionnaires and 12 interview respondents. During the baseline study, it was found that the reason visitors using staws were because the straws are provided, habits, and practical use. Descriptive norms illustrated that most visitors use straws when drinking, and while in injunctive norms stated that visitors believe that they do not use straws one way to reduce plastic waste. At the intervention stage using quasi-experimental for five days in the three groups, namely two intervention groups, and one control group. Intervention studies examined the administration of selected architectural techniques with social norm messages versus the control group, the choice of architectural intervention options with the control group, and a comparison of the provision of multiple intervention architectural choices with messages of social norms with a single intervention of choice architecture. The results of the Kruskal-Wallis test showed significant differences from the three groups (p <.05). The Mann-Whitney test was then carried out between groups with p <.0167. So it was concluded that the application of the intervention stated that there were differences in the use of straws compared to the control group, and when compared between intervention groups it was found that the application of multiple intervention architectural choices and messages of social norms was more significant than single-choice architectural interventions."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53338
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Meltry Silvani Desta
"Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya hubungan antara sikap, norma sosial, dan kontrol perilaku dengan willingness to buy pada kosmetik vegan di Indonesia. Sikap, norma sosial, dan kontrol perilaku terbukti memiliki peranan dalam willingness to buy produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dan regresi. Partisipan mahasiswi Sarjana/Diploma (N = 70) yang mana pernah memakai, membeli, atau berniat menggunakan produk kosmetik vegan. Temuan utama dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat dan positif antara sikap, norma sosial, dan kontrol perilaku dengan willingness to buy r(70) = 0,844 , R2 = 0,7, F = 54,668, p < .05. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peranan sikap, norma sosial, dan kontrol perilaku dalam meningkatkan perilaku sustainability. Penelitian ini konsisten dengan prediksi theory planned behavior.
This study aims to determine whether or not there is a relationship between attitudes, social norms, and behavioral control with willingness to buy on vegan cosmetics in Indonesia. Attitudes, social norms, and behavioral control are proven to have a role in willingness to buy cosmetic products. This research uses correlational and regression research methods. Participants were undergraduate/diploma students (N = 70) who had used, purchased, or intended to use vegan cosmetic products. The main finding of this study is that there is a strong and positive relationship between attitudes, social norms, and behavioral control with willingness to buy r(70) = 0.844 , R2 = 0.7, F = 54.668, p < .05. The implication of this research is the importance of the role of attitudes, social norms, and behavior control in increasing sustainability behavior.This study is consistent with the predictions of the theory of planned behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Alfiannor
"Penelitian ini mengkaji norma sosial seperti norma deskriptif dan injungtif yang mempengaruhi cara individu melihat serta memberi bantuan terhadap kelompok minoritas seksual. Selain itu, penelitian ini juga menginvestigasi faktor psikologis seperti dorongan untuk menghindari patogen yang memoderasi pengaruh norma sosial terhadap perilaku prososial terhadap kaum homoseksual. Sebelumnya, belum ada penelitian yang secara spesifik membahas hubungan antara norma sosial dan perilaku prososial terhadap kelompok luar serta mempertimbangkan efek dari penghindaran patogen. Penelitian ini terdiri dari dua studi: yang pertama adalah studi kuantitatif korelasional dengan 254 partisipan menggunakan formulir daring, yang meneliti bagaimana norma deskriptif dan injungtif membentuk perilaku prososial terhadap kelompok homoseksual, mengungkapkan efek utama dan efek interaksi melalui analisis regresi hierarkis. Studi kedua adalah studi eksperimental dengan 98 partisipan menggunakan ANOVA campuran, yang mengeksplorasi peran moderasi faktor psikologis seperti kejijikan terhadap patogen dalam hubungan antara norma sosial dan perilaku prososial terhadap individu berorientasi homoseksual, yang menemukan tidak adanya efek signifikan dari norma kelompok atau efek interaksi. Temuan ini memberikan wawasan lebih mendalam tentang bagaimana persepsi dan penerimaan sosial terhadap kaum homoseksual memengaruhi perilaku sosial dan respons masyarakat secara umum.
This research examined social norms such as descriptive and injunctive norms that influenced how individuals viewed and provided support to sexual minority groups. Additionally, the research investigated psychological factors such as the drive to avoid pathogens that moderated the influence of social norms on prosocial behavior towards homosexuals. Previously, no studies had specifically addressed the relationship between social norms and prosocial behavior towards out-groups while considering the effects of pathogen avoidance. The research consisted of two studies: the first was a quantitative correlational study with 254 participants using online forms, which investigated how descriptive and injunctive norms shaped prosocial behavior towards homosexual groups. We found both main effects and interaction effects through hierarchical regression analysis. The second study was an experimental study with 98 participants using mixed ANOVA, which explored the moderating role of psychological factors such as pathogen disgust in the relationship between social norms and prosocial behavior towards individuals with homosexual orientations. We found neither significant main effects of group norms nor interaction effects. These findings provided deeper insights into how social perceptions and acceptance of homosexuals influenced social behavior and general societal responses."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Chatherine Rafa Amadea
"TikTok adalah media sosial dengan tujuan utama menciptakan dan menyebarkan video berdurasi pendek. Ada beberapa faktor yang mungkin berkorelasi dengan konsumsi TikTok, termasuk injunctive norms dan sense of belonging seorang individu. Maka dari itu, studi ini dilaksanakan untuk menemukan hubungan antara konsumsi TikTok dengan injunctive norms serta sense of belonging. Studi korelasional ini melibatkan 281 partisipan yang direkrut melalui convenience sampling. Hasil analisis korelasi Pearson menemukan korelasi positif antara konsumsi TikTok dan injunctive norms, namun konsumsi TikTok tidak memiliki korelasi dengan sense of belonging. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan pengaruh dari ekspektasi sosial, dan rasa memiliki seorang individu mungkin tidak ditentukan oleh penggunaan TikTok. Akan tetapi, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan.
TikTok is a social media with a main focus on creating and sharing short videos. There are several factors that may be correlated with TikTok consumption, including injunctive norms and an individual's sense of belonging. Therefore, this study was conducted to find the correlation of TikTok consumption with injunctive norms and the sense of belonging. This correlational study involved 381 participants recruited through a convenience sampling. Results of Pearson’s correlational analyses found a positive correlation between TikTok consumption and injunctive norms, but no correlation between TikTok consumption and a sense of belonging. Based on the results, it can be concluded that there is a possible influence of social expectations, and that an individual's sense of belongingness may not necessarily be determined solely by TikTok usage. However, further research is needed to investigate the topic further."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library