Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
Silma Fatima
"
Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena pariwisata halal, yaitu pariwisata yang prinsipnya sesuai dengan ajaran Islam. Fenomena ini marak terjadi di dunia termasuk di Indonesia, yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Penelitian-penelitian sebelumnya menjelaskan fenomena pariwisata halal hadir dikarenakan tingginya kebutuhan masyarakat muslim khususnya kelas menengah muslim dan atas pada pariwisata berbasis halal dan peluang ekonomi yang dimanfaatkan oleh industry pariwisata halal. DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi pilihan dari target tujuan destinasi pariwisata halal ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Intan Safara
"
Penelitian ini membahas terkait perbandingan pemaknaan wisatawan Muslim Indonesia terhadap konsep Pariwisata Ramah Muslim atau PRM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan perbedaan dalam pemaknaan dan penerapan konsep PRM antara ke dua negara tersebut menurut perspektif wisatawan Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan terdiri dari wawancara dan studi literatur. Wawancara dilakukan kepada wisatawan Muslim Indonesia yang pernah berkunjung ke salah satu atau kedua negara ini. Studi literatur dilakukan sebagai sumber ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ichlasul Ayyub
"
ABSTRAK
Halal Tourism menjadi salah satu program yang disusun oleh pemerintah Kumamoto dalam rangka menarik wisatawan Muslim global dengan memberikan pelayanan wisata yang sesuai dengan aturan agama Islam. Pemerintah Jepang menyusun program ini untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan komodifikasi pariwisata oleh Cohen yang mengkategorikan objek atau kegiatan sebagai produk komersial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur dan wawancara mendalam. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan Halal ...
"
2019
T54958
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dhyayi Warapsari
"
Internet merupakan salah satu sumber informasi yang penting bagi turis yang hendak mengambil keputusan wisata. Komunikasi electronic word-of-mouth dari para turis yang pernah berwisata di suatu destinasi dapat menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata tersebut. Hal itu pun berlaku dalam konteks pariwisata halal. Pariwisata halal dibangun atas dasar nilai-nilai Islami. Turis muslim yang menjadi sasaran dalam pasar tersebut adalah turis yang mempertimbangkan nilai-nilai agama dalam perilaku dan kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini menganalisis pengaruh religiositas, ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mezahyang Reno El Rozak
"
Tujuan dari survey literatur ini adalah untuk mengkaji sejauh mana penelitian tentang pariwisata halal telah berkembang dari hasil penelitian dari tahun 2009 hingga 2018. Sebanyak 63 artikel jurnal dari database Universitas Indonesia dan Google Scholar dipilih untuk ditinjau dan diklasifikasikan. berdasarkan teknik tinjauan literatur tradisional. Dari artikel terpilih, dapat disimpulkan bahwa artikel jurnal dari tahun 2009 hingga 2018 mengalami trend yang positif; metode kualitatif yang paling banyak digunakan; Artikel jurnal ini memiliki topik diskusi yang ...
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Isnafa Safitri
"
Seiring dengan meningkatnya populasi umat Islam, semakin besar peluang untuk mengembangkan konsep pariwisata halal. Indonesia mulai menerapkan konsep pariwisata halal sejak tahun 2012 di mana Lombok merupakan salah satu wilayah yang dipilih Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk dikembangkan pariwisata halalnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan wisatawan Muslim di Lombok terhadap halal destination brand equity Lombok yang terdiri dari brand awareness, brand image, brand quality, brand value, dan brand loyalty dengan menggunakan konsep ...
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Silvana Yuliani
"
Jumlah wisatawan Muslim yang datang ke Jepang semakin bertambah. Faktor pendorongnya adalah kebijakan bebas visa, meningkatnya jumlah fasilitas ruang sholat dan menu makanan halal, depresiasi yen yang berkaitan erat dengan biaya perjalanan murah, serta deflasi Jepang yang menyebabkan harga barang-barang cenderung stabil. Kyoto salah satu kota di Jepang yang giat menjadikan kotanya sebagai Muslim friendly city dengan menyediakan ruangan sholat, restoran halal, hotel ramah Muslim yang tersebar di beberapa lokasi. Namun konsep wisata ramah Muslim ...
"
Depok: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2019
T51944
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Bani Ibnu Fikri
"
Penerapan pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dari sektor pariwisata. Penerapan kebijakan ini sudah diimplementasikan dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2016. Kendati demikian, determinan wisatawan muslim dalam mengembangkan loyalitas mereka terhadap destinasi pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas wisatawan muslim terhadap pariwisata halal di Pulau ...
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rifqi Qowiyul Iman
"
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh sharia compliance dan kualitas layanan pada hotel syariah yang mencakup tangibles, reability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap loyalitas wisatawan muslim yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah wisatawan muslim yang pernah bermalam di salah satu hotel syariah di seluruh Indonesia. Ada pun jumlah sampel yang digunakan yakni berjumlah 210 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling SEM . ...
"
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fahadil Amin Al Hasan
"
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh aspek sharia compliance dan customer experience yang terdiri dari helpfulness, value for time, customer recognition, promise fulfillment, problem solving, personalization, competence, accessibility terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan muslim berkunjung kembali ke hotel syariah. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan muslim yang pernah menginap di hotel syariah di wilayah Lombok, Indonesia, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 205 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation ...
"
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library