Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kusmiyati
"ABSTRAK
Indonesia merupakan salah satu dari sepuluh negara penghasil batubara
terbesar di dunia. Karakteristik pertambangan yang padat teknologi membuat
industri tambang tidak luput dari risiko kecelakaan kerja yang disebabkan oleh
banyak faktor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran penyebab
langsung dan penyebab dasar kecelakaan kerja pada kegiatan penambangan
batubara terbuka di divisi Mining Operation PT X Tahun 2015. Penelitian ini
mengacu pada teori Domino dan Loss Causation Model. Desain penelitian yang
digunakan adalah mixed methods research. Data kuantitatif menggunakan data
sekunder berupa laporan investigasi kecelakaan untuk melihat distribusi gambaran
penyebab kecelakaan kerja yang kemudian dilanjutkan dengan studi kualitatif
analisis penyebab kecelakaan kerja pada insiden property damage dan lost time
injury. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah SCAT dan wawancara
mendalam. Hasil penelitian menunjukkan penyebab langsung yang berkontribusi
paling banyak adalah pengambilan keputusan yang tidak tepat dari operator,
pelanggaran, dan kondisi lingkungan yang berbahaya. Sementara penyebab dasar
mencakup: sikap agresif yang tidak tepat, kelelahan dan perilaku selamat yang
penting tidak cukup diidentifikasi. Tindakan perbaikan saat ini telah dilakukan oleh
operator dengan mengetahui dan mematuhi prosedur kerja. Supervisor akan
meningkatkan pengawasan dan manajemen melakukan refreshment terhadap
prosedur kerja untuk mencegah kecelakaan serupa tidak terulang kembali.

ABSTRACT
Indonesia is one of the ten largest coal producing country in the world. Mining
characteristics which complicated and surrounded with high technology make the
risk of workplace accidents in mining industry unavoidable which occur due to
many factors. The purpose of this study is to describe the immediate causes and
basic causes of occupational accidents on surface coal mining activities in Mining
Operation Division PT X in 2015. This study refers to Domino and Loss Causation
Model theory. The design uses a mixed methods research. The quantitative data
using secondary data from the accident investigation reports to get the accident
causes distribution, then followed by a qualitative study which analyzing
occupational accident causes of property damage and lost time injury incidents. The
research tools use SCAT and in-depth interview. The results show that the most
contributing factor as a direct cause are improper decision making, violation, and
hazardous environmental conditions. While the basic causes include: inappropriate
aggression, fatigue and inadequate identification of critical safe behaviors.
Improvement behavior is now performed by operators by obey the work
procedures. Supervisors will upgrade supervision intensively and management will
do the refreshment of working procedures to prevent similar accidents happen again
in the next day"
2016
S63311
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alles Sandra Tardeli
"Kegiatan pertambangan merupakan industri yang padat modal dan padat risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3), yang meliputi tahapan kegiatan penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan/atau pemurnian, pengangkutan dan pencucian serta pascatambang, yang pada umumnya dilaksanakan di area yang terpencil (remote area), oleh karena itu kegiatan pertambangan sangat rentan terhadap risiko K3 terutama kecelakaan tambang. Tujuan penelitian ini melakukan kajian analisis gap Human Factors dengan metode HFACS dan Interaksi antar faktor yang berkontribusi terhadap kejadian Kecelakaan Tambang Berakibat Fatal pada tahun 2022. Metode Human Factors Analysis and Classification System (HFACS) dikembangkan oleh Wiegmann dan Shapell pada tahun 2003 yang didasarkan pada model swiss cheese, pada penelitian ini akan secara lebih mendalam mengungkap bahwa faktor kontribusi manusia yang tidak muncul secara tiba-tiba atau akibat pelanggaran individual pekerja namun ada kontribusi dari kegagalan pengelolaan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain case study terhadap laporan Berita Acara hasil investigasi Kecelakaan Tambang berakibat 8 perusahaan pertambangan mineral dan batubara pada tahun selama periode bulan Januari sampai dengan Desember 2022. Hasil dari penelitian ini terdapat 43 penyebab dari sisi human factors, dengan distribusi terdiri atas skill-based error sebesar 2%, decision error sebesar 14%, perceptual error 2%, exceptional violation 0%, lingkungan fisik 5%, lingkungan teknis 9%, kondisi operator 7%, keterbatasan fisik/mental 0%, kegagalan pengelolaan pekerja 7%, kesiapan personil 2%, supervisi yang tidak memadai 16%, operasi yang tidak sesuai rencana 5%, gagal memperbaiki masalah 0%, pelanggaran kepemimpinan 2% dan proses organisasi sebesar 9%.

Mining activities are a capital-intensive and occupational safety and health (K3) risk-intensive industry, which includes the stages of general investigation, exploration, feasibility studies, construction, mining, processing and/or refining, transportation and washing and post-mining activities, which are generally carried out in remote areas, therefore mining activities are very vulnerable to K3 risks, especially mining accidents. The aim of this research is to study the Human Factors gap analysis using the HFACS method and the interactions between factors that contribute to fatal mining accidents in 2022. The Human Factors Analysis and Classification System (HFACS) method was developed by Wiegmann and Shapell in 2003 which is based on the model swiss cheese, this research will reveal in more depth that the human contribution factor does not appear suddenly or as a result of individual workers' violations but there is a contribution from failure in organizational management. This research uses a qualitative method with a case study design on the Minutes of Mining Accident Investigation Reports affecting 8 mineral and coal mining companies in the period January to December 2022. The results of this research are 43 causes from the human factors side, with a distribution consisting of on skill-based error of 2%, decision error of 14%, perceptual error of 2%, exceptional violation 0%, physical environment 5%, technical environment 9%, operator condition 7%, physical/mental limitations 0%, worker management failure 7%, personnel readiness 2%, inadequate supervision 16%, operations not according to plan 5%, failure to fix problems 0%, leadership violations 2% and organizational processes 9%."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Lumongga Hakim
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2010
S24811
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Maulana
"ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis risiko kecelakaan kendaraan alat berat pada jalan hauling tambang batu bara PT. X Tahun 2020 dengan menggunakan metode bowtie. Metode bowtie digunakan untuk mengidentifikasi ancaman, pengendalian, dan konsekuensi pada kronologi kecelakaan yang kemudian dianalisis untuk mengetahui tingkat efektifitas pengendalian berdasarkan data kecelakaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa perusahaan perlu mengimplementasikan barrier management system, peningkatan teknologi pada pengendalian kecelakaan, pengawasan dan pemeliharaan rutin yang disiplin, serta kebijakan yang menekankan peningkatan kompetensi dan kedisiplinan pekerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan.

ABSTRACT
This study analyzes the risk of heavy equipment accidents on coal mining hauling road of PT. X of 2020 using the bowtie method. The bowtie method is used to identify threats, barriers, and consequences on accident chronology which are then analyzed to determine the level of effectiveness based on accident data. This research is a qualitative research with a descriptive design. The results of the study suggest that companies need to implement barrier management system, technological improvements in accident control, routine supervision and maintenance, and policies that emphasize the improvement of employee competency and discipline as an effort to prevent accidents."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library