Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
Osgood, Carl C.
Oxford: Pergamon Press, 1982
620.112 3 OSG f (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Manson, S.S.
New York : McGraw-Hill, 1966
620.112 17 MAN t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Asrikin
"
Pengujian fatigue dilakukan pada material komposit fiber glass berjenis woven roving dengan epoxy sebagai matriksnya. Material yang diuji merupakan material yang lolos uji pada serangkaian uji mekanik statis sebelumnya, yaitu WR 200 asimetris epoxy dan WR 400 asimetris-epoxy. Material ini dibuat dengan metode Vacuum Assisted Resin Infusion (VARI) pada suhu ruang. Hasil pengujian fatigue dilanjutkan dengan ekstrapolasi data dari kurva S-N dengan Matlab 7.4 yang berisi curve fitting probabilitas kegagalan untuk memperkirakan masa pakai material. ...
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
S28
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Wanhill, Russel
"
This book provides a concise discussion of fatigue crack growth (FCG) failure and lifing analysis methods for metallic aircraft structures and components. After a reasonably concise historical review, surveys are made of (i) the importance of fatigue for aircraft structural failures and the sources of fatigue nucleation and cracking, (ii) contemporary FCG lifing methods, and (iii) the Quantitative Fractography (QF) required for determining the actual FCG behaviour. These surveys are followed by the main part ...
"
Springer Nature, 2019
e20508364
eBooks Universitas Indonesia Library
Oktavianus Ardhian Nugroho
"
ABSTRAK
Teknik untuk mengetahui RFL remaining fatigue life memiliki beberapa cara antara lain dengan teknik thermography. Dalam studi ini telah dilakukan completely rotating bending fatigue testing sesuai dengan standart JIS Z2274 untuk mengukur nilai Nf Fatigue Life dan untuk mengestimasi nilai RFL dengan teknik thermography. Selama pengujian dengan teknik thermography, perubahan temperature benda uji pada titik kritis diukur dengan menggunkan infrared kamera. Dari hasil pengukuran perubahan temperature tersebut telah dilakukan estimasi nilai RFL. Material yang dipakai ...
"
2017
T49151
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gorga Notonegoro
"
Bagian midship kapal adalah bagian yang mengalami pembebanan yang paling intggi saat kapal berlayar. Pada kapal tanker, dibutuhkan ketahanan pelat berpenegar yang kuat supaya saat kapal beroperasi, kapal dapat membawa muatannya dengan aman. Pembebanan yang biasanya terjadi pada kapal adalah sagging dan hogging di mana beban tersebut termasuk kategori beban siklik dan dapat mengakibatkan kegagalan lelah. Penelitian ini berfkous pada analisis ketahanan lelah dalam studi pengaruh posisi semi eliptical crack pada pelat berpenegar dengan profil ...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68290
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Situmorang, Radi Poda
"
Bagian Midship kapal adalah bagian yang mengalami pembebanan paling tinggi saat kapal berlayar di laut. Pada kapal tanker dibutuhkan kekuatan fatik yang lebih besar karena pembebanan siklik terjadi dengan skala besar saat operasinya. Penelitian ini berfokus pada ketahanan fatik pada bagian midship kapal tanker dengan penegar novel tipe Y yang memiliki nilai section modulus sama dengan penegar konvensional tipe T. Penegar Y akan divariasikan terhadap massa dan mengacu pada massa penegar T untuk mengetahui nilai ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67178
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
New York: Pergamon Press, 1980
620.112 3 FRA (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Talreja, Ramesh
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2012
620.112 6 TAL d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
"
It is commonly accepted that the majority of engineering failures happen due to fatigue or fracture phenomena. Adhesive bonding is a prevailing joining technique, widely used for critical connections in composite structures. However, the lack of knowledge regarding fatigue and fracture behaviour, and the shortage of tools for credible fatigue design, hinders the potential benefits of adhesively bonded joints. The demand for reliable and safe structures necessitates deep knowledge in this area in order to ...
"
Cambridge, UK: Woodhead , 2015
e20427125
eBooks Universitas Indonesia Library