Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
"
Penelitian ini berawal dari permasalahan pada pembelajaran IPA yang cenderung “content transmission” dan “teacher centered”. Pembelajaran demikian mengakibatkan proses penalaran siswa menjadi terbatas. Hal itu mendorong dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seanjutnya disusun rancangan penelitian strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan siklus belajar 5E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh kemampuan berpikir kritis kelompok eskperimen ...
"
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Situmeang, Ivonne Ruth Vitamaya Oishi
"
Latar belakang: Kurikulum pendidikan dokter di Indonesia disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh seorang lulusan institusi pendidikan dokter. Salah satu upaya untuk menilai capaian kompetensi tersebut diselenggarakan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Ujian ini merupakan salah satu prasyarat untuk mendapatkan sertifikat tanda registrasi agar dapat memperoleh surat ijin praktik. Sayangnya hasil UKMPPD masih belum memuaskan. Beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan angka kelulusan yang rendah, antara lain: motivasi belajar dan strategi pembelajaran ...
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T55524
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Fahd Abdurrahman
"
Latar Belakang
Umpan balik menjadi salah satu bentuk interaksi yang penting antara staf pengajar dan mahasiswa. Untuk mendapatkan umpan balik tersebut, mahasiswa akan melewati suatu proses pencarian umpan balik yang dilakukan secara sadar demi mencapai tujuan yang diinginkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pencarian umpan balik antara lain motivasi dan strategi belajar. Motivasi dan strategi belajar memiliki dampak yang besar terhadap performa mahasiswa yang selanjutnya akan menentukan tercapai atau tidaknya tujuan yang dimiliki. Sampai saat ini, ...
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wina Sanjaya
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
370 WIN s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wina Sanjaya
Jakarta: Kencana, 2006
371.3 WIN s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Fairbanks, Deborah M.
"
The challenge to do more with less and in less time is the mantra of every organization. Accelerated learning is the training professionals answer to this business reality. This Infoline offers you a short course in the principles, process, and techniques of accelerated learning. You will learn how to use whole brain techniques that allow learners to acquire information and skills more efficiently and to retrieve, recall, or respond with confidence ...
"
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press, American Society for Training and Development Press], 2000
e20429051
eBooks Universitas Indonesia Library
"
Tujuan utama kajian ini ilah untuk mengenal pasti keberkesanan teknik pembelajaran 6 langkah iaitu langkah 'priview, question,read,retice, reflect dan review' (PQ4R) terhadap pemahaman membaca tek ...
"
370 JPUKM 24 (1999)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"
The objective of this research was to know: the effect of learning strategy, academic ability, as well as the interaction of learning strategy and academic ability on metacognitive ability and learning outcome. The statistic analysis used were Anacova and LSD. Learning strategy process consistency test was similarity test of regression equation. The conclusion of the research were: (1) learning strategy didn’t affect metacognitive ability, (2) learning strategy affected cognitive learning outcome, in this case multistrategy ...
"
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"
This research was conducted in order to develop the teaching materials for teaching of students PBL and PBL+SM strategies for improving the learning achievement consisting of metacognitive awareness, problem solving skill, and subject matter master. For this purpose, there were 2 types of research, developmental and experimental research. Developmental research was to produce the valid and reliable teaching material. The experimental research was to test the effectiveness of the teaching material to the learning ...
"
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JPK 18(3-4)2012
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library