Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
Yunita Kusumaningsih
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi prestasi belajar penerima beasiswa program S2 dalam negeri BPK-RI. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan 14 variabel independen yaitu nilai TPA, TOEFL, IPK S1, pengalaman kerja, usia, latar belakang pendidikan, jenis kelamin, motivasi belajar, kehadiran, faktor kondisi keluarga (status perkawinan dan jumlah anak) dan kondisi ekonomi (pekerjaan pasangan, kecukupan penghasilan dan pekerjaan sampingan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang berpengaruh signifikan ...
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27469
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Linda Primana
"
Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa baru Universitas Indonesia angkatan 2013 berjumlah 726 dan bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti mengenai ?Apakah dukungan makna belajar dari dosen, motivasi intrinsik, self-efficacy, dan pandangan mahasiswa terhadap dosen sebagai otoritas sumber informasi berpengaruh terhadap keterlibatan belajar mahasiswa dalam perkuliahan??. Untuk meneliti dan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan belajar mahasiswa dalam aktivitas perkuliahannya, peneliti menggunakan sudut pandang antropologi untuk menjelaskan dinamika yang terjadi dalam diri mahasiswa dan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
D2043
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Wahyu Indianti
"
[ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah yang sering muncul dalam perkembangan karir pada remaja terutama dalam hal memilih, meningkatkan, dan mempertahankan konsistensi dalam memilih karir seperti pilihan pendidikan. Kemampuan itu disebut adaptabilitas karir. Penelitian ini mempertanyakan faktor apa yang mempengaruhi peningkatan adaptabilitas karir. Asumsi yang ditegakkan adalah ketika individu berhasil menerapkan regulasi diri dalam belajar, yang pembentukannya dipengaruhi oleh dukungan sosial, maka perencanaan, pemilihan dan pengembangan karir akan lebih mudah dilakukan. Untuk membuktikan asumsi ...
"
2015
D2087
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Yulia Puji Sulistyani
"
[Stres diperkirakan dapat memengaruhi motivasi belajar. Remaja perlu melakukan koping untuk mencegah dampak stres tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dan koping dengan motivasi belajar remaja di sekolah berbasis Islamic boarding school. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Responden penelitian berjumlah 108 remaja di SMPIT Al-Kahfi dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat stres dengan tingkat motivasi belajar (p value: 0,006). Namun, tidak ada hubungan antara koping ...
"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S60549
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sardiman A.M.
Jakarta: Rajawali, 2012
371.3 SAR i (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Boy Subirosa Sabarguna
Jakarta: UI Publishing, 2019
371.3 BOY d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
"
The investigation of learning motivation at Junior High School are still lower. One of alternate efford which is done by using resitasi model at VII C Public Junior High School number I Pekanbaru class student... ...
"
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Nico Binsar
"
Moving kelas atau kelas bergerak/berpindah adalah suatu strategi pembelajaran yang diciptakan untuk menjadikan siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, dimana siswa akan semakin akti ...
"
Jakarta: The Ary Suta Center, 2023
330 ASCSM 61 (2023)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Washington: National Education Association , 1974
370.15 STU
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rimonta F. Gunanegara
"
Latar belakang: Self directed learning (SDL) merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang dokter. Kurikulum berbasis kompetensi dengan pendekatan problem based learning (PBL) didukung dengan motivasi diri mahasiswa yang tinggi akan meningkatkan kesiapan penerapan SDL mereka. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi diri, kesiapan penerapan SDL pada mahasiswa kedokteran dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya.
Metode: Penelitian dilakukan dengan mixed method pada kelompok mahasiswa tahun pertama dan kelompok mahasiswa kepaniteraan. Penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner motivasi diri ...
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T58753
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library