Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Djunaha Widyawati
"
Sekolah sebagai suatu sistem menekankan pada proses belajar mengajar yang merupakan proses membelajarkan subyek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subyek didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan secara efektif dan efisien.
Dengan demikian, belajar mengajar sebagai suatu system, terdiri dari sejumlah komponen yang terorganisir antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran, dan tindak lanjut pembelajaran.
Mutu pendidikan salah satunya diukur dengan pencapaian prestasi belajar. ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T28155
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Diba Nurharyati
"
ABSTRAK
Seiring dengan perubahan jaman ke arah era globalisasi dan era
perdagangan bebas, maka usaha peningkatan sumber daya manusia mutlak
diperlukan. Diklat SPAMEN adalah salah satu wadah yang ditujukan untuk
mengembangkan sumber daya manusia seiring dengan perubahan jaman tersebut,
khususnya bagi para pegawai negeri yang akan menduduki jabatan tingkat eselon
dua.
Proses pembelajaran adalah hal yang kompleks. Apalagi bila peserta
program belajar adalah para manusia dewasa yang telah memiliki berbagai Iatar
belakang pendidikan yang berbeda-beda. Suatu strategi pengajaran yang tepat perlu
dikembangkan sehingga proses pembelajaran ...
"
1998
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ambar Rahmagari
"
ABSTRAK
Penelitian ini mencoba untuk melihat dari adanya perbedaan yang ada antara
system pada sekolah formal dengan sekolah informal apakah juga terdapat perbedaan
prestasi belajf pada siswaii homeschooling jika dihubungan dengan tanggung jawab
siswali peserta homeschooling yang duduk di kelas tinggi (kelas 4 & 5) Sekolah
Dasar denganj berdasarkan pada teori tanggung jawab Sukiat (1993) yang mencoba
memahami is ilah tanggung jawab dalam dua konteks yang berbeda yaitu konteks
"kepada" dan konteks "untuk". Konteks kepada yaitu individu mempertanggung
jawabkan tingkah laku dan keputusannya ...
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57210
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Herlina Indrawati
"
ABSTRAK
Salah satu tujuan pendidikan adalah mendorong pertumbuhan dan
perkembangan kreativitas peserta didik (Utami Munandar, 1999). Belajar piano
menipakan salah satu cara mengembangkan aktivitas dan kreativitas anak. Karena
selain dibutuhkan keterampilan membaca not balok, anak juga dilatih dalam ketepatan
koordinasi jari, tangan, dan lengan (latifah Kodijat, 1993).
Dengan adanya berbagai faktor keterampilan yang diperlukan dalam
pembelajaran piano, maka penguasaan terhadap suatu alat musik (dalam hal ini
piano), diperlukan motivasi guna menunjang prestasi anak dalam belajar piano.
Dengan adanya motivasi dalam diri seseorang, diprediksi memudahkan ...
"
2003
S2848
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"
This volume explores ways how to manage change in educational processes and contexts, focusing, in particular, on the concepts of transition and transformation. How do we educate a skilled workforce, sensitive professionals and responsive citizens who are able not only to cope with change but also to adopt required roles as agents of change? How do we prepare students and employees to cope adequately with changes and transitions in their careers and personal ...
"
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20401253
eBooks Universitas Indonesia Library