Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
JPK 17(1-2)2011
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Eka Juliansyahwiran
"
Pada saat ini implementasi suatu sistem informasi (SI) atau teknologi informasi (TI) merupakan sesuatu yang umum pada sebuah organisasi. Bahkan SI/TI sudah menjadi sebuah perangkat penunjang utama serta nilai tambah dalam berkompetisi bagi sebagian organisasi. Pada dunia pendidikan, salah satu implementasi SI/TI ini berupa ?e-Learning system?. Namun tidak semua implementasi tersebut benar-benar berdampak baik. Salah satu hal yang menjadi kendala adalah tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem atau teknologi baru tersebut. Fasilkom Universitas Indonusa Esa Unggul ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Linawaty Mustopoh
"
ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan diketahui bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan di
sekolah baik karena rendahnya kemampuan umum ataupun kesulitan belajar dalam bidang
tertentu. Siswa-siswa ini masih dapat mengembangkan potensinya bila aspek
kelemahannya diketahui dan dapat ditangani. Untuk itu diperlukan tes seperti Detroit Test
of Learning Aptitude-3 (DTLA-3) yang dikembangkan Donald D. Hammill pada tahun
1991 berdasarkan teori dua faktor Spearman. Adapun berbagai kelebihan yang ditawarkan
oleh DTLA-3 dibandingkan dengan tes inteligensi Iainnya adalah:
l. mengukur kemampuan mental umum (general mental ability), meramalkan
keberhasilan ...
"
1996
S2623
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Reny Wiriandhani
"
ABSTRAK
Learner controlled task merupakan tugas yang memberi kebebasan penuh pada
siswa untuk mengontrol beberapa dimensi yang ada pada tugas tersebut seperti misalnya
urutan pengerjaan, content, atau lama pengexjaan. Dalam tugas yang demikian siswa
hams mampu mengontrol dan mengarahkan sendiri kegiatan belajamya, karena tidak
ada aturan yang baku mengenai cara pengerjaannya. Asumsi dasar penyusunan tugas
ini adalah agar siswa menjadi meningkat motivasi dan prestasi belajarnya berkaitan
dengan kebebasan yang diberikan pada mereka. Namun pada kenyataannya beberapa
siswa justru menjadi terhambat dan tidak terarah ...
"
1995
S2443
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurasiatun Israini
"
Individu harus memiliki keterampilan melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi masalahnya sehari-hari. Agar dapat melakukan pemecahan masalah secara efektif dan efisien seseorang hams menguasai tingkahlaku-tingkahlaku tertentu yang disebut sebagai tingkah laku inteligetL Pendidikan bertujuan akhir mengajarkan siswa untuk mampu melakukan pemecahan masalah dalam berbagai bidang kehidupan. Namun saat ini, hasil pendidikan belum sepenuhnya dapat mencapai tujuan tersebut.
Selama ini metode pengajaran yang paling sering diterapkan adalah metode ceramah Metode ini teibukti kurang efektif untuk meningkatkan keterampilan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2758
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library