Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Maha Willy Chandra
"Mesin otto empat langkah pada umumnya memiliki konfigurasi bore dan stroke yang hampir sama atau square.Walaupun lebih dominan memiliki langkah (stroke) yang lebih besar. Hal tersebut bertujuan agar torsi yang dimiliki mesin tersebut lebih cepat didapat disaat rotasi atau putaran mesin tidak terlalu tinggi. Dengan torsi yang didapatkan lebih cepat disaat putaran mesin yang tidak terlalu tinggi ini, diharapkan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Agar tercapainya tujuan tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan atau bobot yang akan diterima oleh mesin tersebut, maka didesain mesin otto empat langkah yang berkapasitas 65cc. Digunakannya kapasitas sebesar itu karena bobot kendaraan yang akan ditopangnya sebesar 90kg termasuk pengendaranya. Pengembangan mesin otto empat langkah berkapasitas 65 cc meliputi perancangan crankshaft dengan nilai von Mises stress sebesar 65,6 MPa dan pengukuran data performa mesin. Torsi maksimum yang terukur adalah sebesar 5,7 Nm pada 2500 RPM dan daya maksimum yang terukur adalah 1.47 kW pada 2500 RPM.
In the four-stroke engine is now widely circulated in the market, especially motorcycles has bore and stroke configuration is almost the same or square. Although it has a more dominant stroke is greater. It is intended that the engine torque owned more quickly gained when rotation or engine speed is not too high. Torque is obtained more quickly when the engine speed is not too high, the expected consumption of fuel needed is not too much. In order to achieve these objectives are adjusted to the needs or weight that will be accepted by the machine, otto four-stroke engine was designed with a capacity of 65cc. The use of capacity for it because of the weight of the vehicle which will handle of 90kg including the rider. Maximum torque of the engine is 5.7 Nm at 2600 RPM and the maximum power of the engine is 1,47 kW at 2500 RPM."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64838
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jetro Aditya
"Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian-penelitian sebelumnya yang berfokus pada penggunaan LPG sebagai aditif pada mesin motor 4 Langkah. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peningkatan rasio kompresi yang diiringi dengan peningkatan oktan bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin untuk meningkatkan performa, mengurangi konsumsi bahan bakar dan memperbaiki emisi. Alat pencampuran yang digunakan pada penelitian ini menggunakan hasil dari penelitian sebelumnya yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat pencampuran. Pada penelitian ini penulis melakukan uji coba dengan pencarian pemetaan terbaik pada kompresi yang lebih tinggi sehingga didapatkan penggunaan LPG sebagai aditif bahan bakar yang lebih efisien.
This study is the continuation of previous studies focusing the use LPG as an additive on 4-stroke motorcycle engine. The objective of this study is to achieve an improvement in performance, lower fuel consumption and lower exhaust emission by increasing the compression ratio of the engine and also the octane number of the fuel consumed by the engine. This study utilized the mixer used by the previous studies to improve the level of mixing. In this study the author ran the engine on a suitable mapping for higher compression ratio to prove that the LPG is a more efficient fuel additive."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library