Ditemukan 65 dokumen yang sesuai dengan query
Mohamad Ichsan
"
ABSTRAK
Sebagai institusi, science center PP-IPTEK masih terkesan eksklusif,
sementara tatanan sosial masyarakat telah banyak berubah seiring dengan
pengaruh globalisasi yang beriklim inklusif. Maka tentu saja situasi eksklusif
seperti ini sudah tidak lagi relevan dengan perubahan sosial yang terjadi, dan
menjadi suatu ancaman bagi keberlangsungan institusi mengingat fungsi science
center yang sangat berhubungan erat dengan masyarakat, yaitu sebagai
komunikator. Oleh karena itu perubahan ke arah inklusif adalah salah satu solusi
yang tepat untuk science center PP-IPTEK. Inklusivitas merupakan karakteristik
sosial di era globalisasi ini ...
"
2013
T35837
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sahetapy, Triska Christy
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran guru SMA inklusif (n=70) dan SMK inklusif (n=70). Penelitian kuantitatif ini menggunakan MATIES VI (Mahat, 2008) untuk mengukur sikap guru dan BCSQ VI (Bender, 1988) untuk mengukur strategi pengajaran yang digunakan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada komponen sikap terhadap pendidikan inklusif antara guru SMA inklusif dan SMK inklusif. Adapun guru SMK inklusif diketahui lebih banyak menggunakan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56014
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diva Soviana
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran guru SMP Negeri Inklusif ditinjau dari kelompok mata pelajaran Ujian Nasional (n=56) dan non-Ujian Nasional (n=57). Penelitian kuantitatif ini menggunakan MATIES (Mahat, 2008) untuk mengukur sikap terhadap pendidikan inklusif dalam komponen kognitif, afektif, dan perilaku. Alat ukur BCSQ (Bender, 1992) untuk mengukur strategi pengajaran keseluruhan, individual, dan kognitif di kelas inklusif. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan pada komponen perilaku ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S57094
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sihombing, Cahaya Murni
"
ABSTRAK
Sikap dan strategi pengajaran pada guru di sekolah inklusif memiliki pengaruh yang positif terhadap keberhasilan pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara sikap dan strategi pengajaran gruru. Sebanyak seratus guru yang mengajar di SD inklusif dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menemukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan strategi pengajaran guru di SD negeri inklusif. Di sisi lain, terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan strategi pengajaran guru di SD swasta ...
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56671
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marantika, Dika
"
Pendidikan inklusif merupakan model pendidikan terintegrasi yang sedang berkembang bagi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap pendidikan inklusif dan strategi pengajaran pada guru SMA Negeri Inklusif (N=56) dan SMA Swasta Inklusif (N=57). Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan alat ukur The Multidimensional Attitude Toward Inclusive Education Scale (MATIES) dan Bander Classroom Structure Questionnaire (BCSQ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara sikap terhadap ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57314
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Erlian Prabawati
"
Setiap anak memiliki hak untuk memperoleh pendidikan. Hal ini disetujui oleh seluruh negara dan wajib memenuhi kebutuhan pendidikan bagi warga negaranya. Namun terdapat sejumlah anak yang tidak dapat memperoleh pendidikan yang sama pada umumnya, yaitu mereka yang berkebutuhan khusus. Maka dari itu, pemerintah membuat kebijakan pendidikan inklusif yang dpaat memberikan kesempatan bagi mereka untuk menempuh pendidikan di sekolah reguler. Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor keberhasilan dan keberlanjutan pendidikan inklusif. Teori yang digunakan adalah teori dari ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kindy Trishana
"
Pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia masih mengalami masalah seperti rendahnya komitmen guru. Strategi guru sekolah inklusif mengatasi kesulitan dan menghadapi tantangan bisa jadi menentukan keputusan untuk tetap bekerja sebagai guru. Self-compassion merupakan salah satu cara individu untuk menghadapi pengalaman buruk. Penelitian ini menguji hubungan antara komitmen profesi dengan self-compassion guru SD inklusif. Komitmen profesi pada guru diukur dengan Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) dari Ingarianti (2015) yang disesuaikan dengan teori komitmen profesi yang digunakan. Teori komitmen ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
JPK 16:4(2010 )
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JPK 18(3-4)2012
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Syarif Hidayatullah
"
Kehadiran anak berkebutuhan khusus di tengah-tengah keluarga, telah membawa dampak kepada perubahan sikap, karakter, dan kondisi didalam keluarga. Ada keluarga yang dapat menerima karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, ada juga keluarga yang belum bisa menerima kehadiran mereka di tengah-tengah keluarga. Penelitian kualitatif ini mencoba untuk mengetahui bagaimana suatu keluarga dapat menerima kehadiran anak berkebutuhan khusus didalam keluarga, dan membangun ketahanan keluarga.
Melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan kunci dan informan pendukung, diketahui ...
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library