Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nuri Handayani
"
ABSTRAKSeperti yang telah diketahui, hiperbola merupakan gaya bahasa yang mengekspresikan sesuatu secara berlebihan. Ciri khas hiperbola ini dapat dimanfaatkan dalam iklan produk yang biasanya dikonsumsi oleh wanita. Hiperbola pada umumnya terdapat pada catch phrase. Pada penelitian ini mencermati majas hiperbola pada lima iklan berbahasa Jepang .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memerikan majas hiperbola yang terdapat pada catch phrase iklan berbahasa Jepang. Dalam penulisan ini, data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang mengandung majas hiperbola diuraikan secara deskriptif berdasarkan konteks leksikon. Berdasarkan pencermatan atas data, ditemukan dua sudut pandang hiperbola yang terdapat pada catch phrase iklan berbahasa Jepang, yaitu (i) hiperbola atas capaian hasil, (ii) hiperbola atas proses.
ABSTRACTAs we all know, hyperbole is figurative language that express something excessively. Characteristic of hyperbole can be applied in product advertisement that usually consumed by women. Hyperbole usually can be found in catch phrase. This research would analyze hyperbole in five Japanese advertisement. The purpose of this study is to describe hyperbole that can be found in catch phrase of Japanese advertisement. This study would analyze with qualitative descriptive as method to analyze data. This data contained hyperbole that analyze descriptively with based on the context of lexicon. Based on this data, this study found two viewpoints of hyperbole. Those are (i) hyperbole on output, (ii) hyperbole on process."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Prithvi Rahmatul Ainiyyah
"Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji merek asing yang terkenal di seluruh dunia termasuk di Belanda. Burger King Nederland secara rutin melakukan promosi melalui akun Instagram resmi mereka @burgerkingnl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari setiap caption dengan gaya bahasa pertanyaan retoris dan hiperbol pada unggahan bertema perayaan tahunan dan promosi produk musiman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat belas caption dari akun Instagram @burgerkingnl dalam kurun waktu Januari hingga April 2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis-deskriptif. Caption dianalisis dengan cara diamati satu per satu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan gaya bahasa pertanyaan retoris dan hiperbol pada akun @burgerkingnl memiliki persamaan pada fungsi kalimat sebagai bentuk persuasi. Selain itu, terdapat perbedaan pada makna kalimat. Gaya bahasa pertanyaan retoris memiliki fungsi sebagai bentuk interaksi dengan audiensi, sedangkan gaya bahasa hiperbol memiliki fungsi sebagai bentuk penekanan.
Burger King is one of the foreign brands fast food restaurants that are well known throughout the world, including in the Netherlands. Burger King Nederland regularly carries out promotions through their official Instagram account @burgerkingnl. This research aims to determine the meaning of each caption with rhetorical questions and hyperbole on all posts with the theme of annual celebrations and promotions of seasonal products. The data used in this research are fourteen captions from the Instagram account @burgerkingnl within the period from January to April 2021. This research was conducted using descriptive-analytic method. Captions were analyzed by observing one by one. The results of this research show that the style of rhetorical questions and hyperbole on the Instagram account @burgerkingnl have similarities in the function of sentences as a form of persuasion. In addition, there are differences in the meaning of sentences. Rhetorical question language style has function as a form of interaction with the audience, while hyperbole has function as a form of emphasis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library