Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
"
Les psychologues et meme ceux qui n'ont jamais touche de la psychologie reconnaissent importance determinante du role de lamour maternel dans la vie humaine. Le bonheur et la reussite d'un homme sont souvent determines par lamour maternel qu'il a recu dans son enfance. Beaucoup souffrent de son absence, ou bien de son exces. L'amour maternel ne determine pas simple_ment la formation fondamentale de la vie psychique de 1'homme, mais aussi son attitude devant d'autres for_mes ...
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1976
S14256
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurindah I.F. Sophiaan Hadianto
"
ABSTRAK
Setelah dua unsur dalam teks dibahas, yaitu unsur alur dan tokoh, kita dapat melihat perkembangan sikap tokoh Gaston dan tokoh-tokoh lain yang ingin memiliki Gaston. Tokoh Jacques mempunyai peranan yang penting dalam diri Gaston, karena ia mempunyai Gaston dalam pembentujkan identitasnya
...
"
1985
S14472
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Evelyne Harsowignjo Oei
"
Skripsi ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kon_disi penciptaan Emile ou De 1'4ducation bertalian erat dengan isi karya Emile serta kondisi penerimaannya. Metode yang akan dipakai dalam skripsi ini ialah sosio sastra, artinya sastra ditinjau dari hubungannya dengan masyarakat karena keadaan masyarakatlah yang membuat pengarang menciptakan Emile, dan masyarakat pula yang menerimanya.Yang menjadi masalah ialah sebab-sebab Rousseau mejigarang Emile. Masalah ini ditinjau dari kondisi penciptaannya. Sedangkan ditinjau dari kondisi Peneri_maan, yang menjadi masalah ialah sebab-sebab karyanya ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 1979
S8301633
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hutagalung, Frisca Henny Haveyani
"
Keutuhan merupakan prasyarat utama sebuah karya sastra. Keutuhan karya ini sudah dipermasalahkan setidaknya sejak masa Aristoteles (tahun 322 Sebelun Masehi), seper_ti yang terlihat dalam konsepnya mengenai drama. Dalam tragedi (action), wholeness merupakan syarat utama untuk sebuah tragedi yang baik. Untuk mendapatkan efek tragedi yang baik, satu hal yang harus dimiliki ialah keutuhan cerita atau keseluruhan (wholeness) yang mencakup 4 syarat yaitu: aturan, kompleksitas, kesatuan, keterjalinan. Kon-sep ini kemudian digunakan juga dalam semua jenis karya sastra. ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 1985
S14358
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1970
SS14456
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nini Hidayati Jusuf
"
ABSTRAK
Banyak orang menganggap bahwa cerita fantastik merupakan salah satu jenis cerita popular tertua dengan alasan bahwa cerita jenis ini telah ada sebelum munculnya sastra tulisan. Pendapat ini cukup beralasan karena pada cerita-cerita atau dongeng tentang peri-peri yang pada umumnya disampaikan secara lisan, terdapat peristiwa-peristiwa yang tidak wajar yang juga merupakan unsur terpenting dalam sebuah ce_rita fantastik.
Pada sekitar abad 19, cerita fantastik popular kembali bersamaan dengan munculnya aliran Romantisme. Abad ini dikenal sebagai masa yang ...
"
1985
S14259
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zafrullah Khan
"
Eugene Ionesco adalah salah seorang penulis drama Prancis kontemporer yang karya-karyanya dianggap absurd. Pada mulanya karya-karya Ionesco banyak mendapat kritik dari peminat seni drama karena dianggap menyimpang dari konvensi-konvensi penulisan drama. Ionesco sendiri tidak membantah hal tersebut. Bahkan dalam bukunya yang berju_dul Notes et Contre-Notes,Ionesco menjelaskan konsepnya tentang drama atau teater. Ia memberikan sebutan untuk konsepnya itu dengan istilah-istilah seperti anti-theatre (anti-teater), anti-piece (anti-lakon), theatre abstrait (teater abstrak), drame pur (drame murni) dan beberapa istilah ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S14541
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mayon Mendur
"
Pada umumnya, bagian yang pertama kali menarik pada sebuah buku adalah judulnya, karena tertera di halaman pertama. Judul memperkenalkan si colon pembaca pada buku, bahkan dapat membawanya masuk lebih jauh ke dalam isi cerita. Judul sebuah buku bersifat kataforis, artinya judul sudah dapat menggambarkan isi cerita. Pendapat ini kiranya sesuai untuk karya sastra yang berjudul La pharisienne, karena dari judulnya saja sudah dapat ditarik beberapa makna, yang memberikan gambaran mengenai isi cerita. Pertama-tama, kata la ...
"
Depok: Universitas Indonesia, 1980
S14337
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"
Diantara pengarang - pengarang dart awal abad ke XIX , CHATEAUBRIAND menduduki tempat yang khusus. Hidup diantara dua zaman,dia turut melihat berakhirnya suatu dunia,tapi juga saksi dart lahirnya suatu zaman modern, dan bagi kritikus sastra dia adalah pemimpin aliran romantik. Dalam lukisannya yang dibuat oleh GIRODET,terlihat dirinya menonjol di atas pemandangan dari reruntuhan zaman dahulu di belakangnya, matanya menatap jauh ice dunia yang tak dikenal, memper.lihatkan bahwa dirinya terbawa oleh famunannya, sehingga kita ser.ing cenderung ...
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Pandjaitan, Ratna W.
"
ABSTRAK
Roman Sebagai Salah Satu Bentuk Karya Sastra Roman sebagai salah satu bentuk karya sastra ditulis dalam bahasa yang langsung, bebas dari ketentuan gaya atau pun komposisi. Roman bertitik tolak dari suatu kenyataan hidup dan fakta ini dikemu_kakan dalam bentuk suatu cerita yang dibuat seolah-olah benar berkat kemampuan imajinasi pengarang (Coulet:1976).
Sebuah karya sastra dapat disajikan dengan meminjam bentuk penyajian karya non sastra seperti bentuk buku harian atau bentuk surat menyurat. Dengan adanya kesempatan pinjam meminjam ...
"
1984
S13828
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library