Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mareta Bella Puspita
"ABSTRAK
Perang Dunia merupakan salah satu tema yang banyak diangkat dalam perfilman Prancis. Salah satu film yang mengangkat periode pasca-Perang Dunia I adalah film Frantz karya François Ozon. Artikel ini membahas tentang perang, trauma dan cara para tokoh untuk melepaskan diri dari kenangan buruk akan kematian akibat perang, khususnya yang melibatkan konflik antara Prancis dan Jerman yang direpresentasikan melalui tokoh Frantz. Metode kajian sinema dari Boggs dan Petrie digunakan untuk memaparkan struktur naratif film melalui analisis alur, penokohan dan latar. Selain itu, aspek sinematografis dengan analisis dialog dan mise en scène juga digunakan untuk memperlihatkan memori dan trauma yang dialami para tokoh. Konsep trauma perang dari Nigel C. Hunt digunakan untuk memperlihatkan bahwa trauma yang disebabkan oleh perang dapat mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Hasil analisis memperlihatkan bahwa trauma akibat perang tidak hanya berdampak bagi individu, tetapi juga berdampak bagi masyarakat luas, menjadi memori kolektif yang sulit dihapuskan. Setiap usaha untuk menghapus dan membebaskan diri dari trauma perang akan berbeda tergantung penyebab dan dampak trauma tersebut.

ABSTRACT
World War is one of the themes that often appear in French films. One of the films that convey the post-World War I period is the film of Frantz by François Ozon. This article discusses war, trauma and how the characters escape from bad memories of death due to war, especially those involving conflicts between France and Germany that represented by Frantz. The Boggs and Petrie cinema study methods is used to describe the narrative structures of the film through analysis of plot, characterizations and settings. In addition, cinematographic aspects with dialogue analysis and mise en scène are also used to show the memory and trauma experienced by the characters. The concept of war trauma from Nigel C. Hunt is used to show that trauma caused by war can alter people's mindsets and behaviors. The analysis shows that the trauma caused by war not only affects individuals, but also affects the wider community, becoming a collective memory that is difficult to forget. Every effort to cure and free yourself from the trauma of war will differ depending on the cause and impact of the trauma."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nyoman Ari Sadewa
"Perkembangan film genre horor hingga kini terus terjadi khususnya pada segi penceritaan yang memadukannya dengan elemen genre lain, serta dengan dikelompokkannya genre horor ke dalam beberapa subgenre. Film psychological horror-thriller asal Austria Goodnight Mommy dapat memberikan sensasi horor yang berbeda melalui unsur penceritaannya yang didasari oleh masalah kepribadian tokoh. Masalah kepribadian dialami oleh tokoh utama Elias sebagai akibat dari tingkat kecemasan yang tinggi terhadap kejadian traumatis yang sebelumnya telah dilaluinya. Penelitian ini membahas mengenai proses hilangnya figur ibu bagi tokoh Elias di dalam film Goodnight Mommy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Analisis film dilakukan melalui pendekatan psikoanalisa Sigmund Freud, yang membahas mengenai struktur kepribadian, mekanisme pertahanan, dan mimpi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses hilangnya figur ibu yang menjadi ancaman besar bagi tokoh Elias dipicu secara bertahap oleh perubahan struktur kepribadian, mekanisme pertahanan, mimpi, serta pandangan dan prasangka buruk Elias terhadap ibu.

The development of the horror genre film continues to occur today, especially in terms of storytelling that combines it with other genre elements, and also by grouping the horror genre into several subgenres. The Austrian psychological horror-thriller film Goodnight Mommy can give different sensations through its storytelling that based on personality problem of the character. The main character, Elias, experienced personality problem as a result of high level anxiety over the traumatic event that he had previously been through. This study discusses the disappearance process of mother figure for Elias in Goodnight Mommy. The research method used is qualitative, with analysis descriptive approach. Film analysis is done through Sigmund Freud`s psychoanalysis approach, which discussed about structure of personality, defense mechanism, and dream. The result shows that the disappearance process of mother figure, which is a major threat for Elias, is triggered gradually by the changes of structure of personality, defense mechanism, dream, and Elias` bad perception and prejudice towards mother.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hilmi Putra Abriniado
"Skripsi ini membahas mengenai implementasi Kebijakan Impor Film Asing Cina yang diatur dalam Film Industry Promotion Law sebagai upaya pemerintah Cina dalam mempertahankan ideologi sosialis dari invasi budaya dan ideologi Barat yang masuk melalui film Hollywood. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan teori Cultural Policy dan konsep Core Value System of Socialist, penelitian ini mencoba mengghubungkan penerapan Film Industry Promotion Law dengan upaya pemerintah Cina dalam mempertahankan ideologi sosialis. Berangkat dari asumsi bahwa terdapat keterkaitan antara Film Industry Promotion Law dengan upaya mempertahankan ideologi sosialis, penelitian ini juga menunjukan bahwa keberhasilan penerapan Film Industry Promotion Law berimplikasi dengan hilangnya budaya dan ideologi Barat yang terkandung dalam film Hollywood dan dominasi nilai-nilai sosialis dalam film-film yang beredar di Cina. Dengan begitu melalui kebijakan ini masyarakat Cina tidak terpapar dengan budaya dan ideologi Barat yang berpotensi menggeser budaya dan ideologi Cina.

This thesis discusses the implementation of the Chinese Foreign Film Import Policy that regulated in the Film Industry Promotion Law as an effort to defend the socialist ideology from the Western cultural and ideology invasion that entered through Hollywood movies. This study used qualitative research methods. Using the Cultural Policy theory and The Core Value system of Socialist concept, this research attempts to link the implementation of the Film Industry Promotion Law to the efforts of the Chinese government in maintaining socialist ideology. Based on the assumption that there is a connection between Film Industry Promotion Law and the effort to maintain socialist ideology, this study also shows that the successful implementation of Film Industry Promotion Law has implications for eliminate Western culture and ideology contained in Hollywood movies and the dominance of socialist values in movies circulating in China. In this way, through this policy, Chinese society not exposed to Western culture and ideology which has the potential to shift Chinese culture and ideology.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library