Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
Mustopa
"
Penelitian ini berangkat dari fenomena warga Tionghoa yang memeluk Islam. Tidak sebagaimana agama Hindu atau Katolik, beralihnya warga keturunan Tionghoa pada agama Islam melahirkan ragam wacana dan pendapat, terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Peralihan agama yang dilakukan sebagian komunitas ini menyisakan sejumlah persoalan terutama karena masih kuatnya kesenjangan pergaulan antara warga keturunan Tionghoa dengan warga pribumi. Sebagian orang kemudian mempertanyakan, benarkah orang-orang Tionghoa telah memeluk Islam?
Meski tema dan wacana pembauran sudah jauh ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22546
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hendra Wijaya
2001
S2778
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yurizal Firdaus
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S3007
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tanti Budi Suryani
"
ABSTRAK
Sejak 1989, konflik antar etnik menjadi akar kekerasan yang
menggantikan perang antara negara bangsa di dunia. Konflik etnik menjadi unik
karena penanganannya menjadi resisten terhadap upaya resolusi yang sifatnya
rasional karena seringkah memperebutkan tujuan-tujuan yang tidak terukur salah
satunya adalah etnosentrisme. Kelompok - kelompok etnik dapat bertikai yang
disebabkan oleh etnosentrisme, dapat dijelaskan melalui proses transmisi
kebudayaan setiap kelompok etnik dalam enkulturasi. Pada masa enkulturasi
individu mempelajari apa yang menjadi standar alamiah kelompoknya dalam
melakukan perbandingan antarkelompok. Sumner (1906) menyebutnya sebagai
etnosentrisme, untuk menggambarkan ...
"
2002
S3126
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alifa Nisfiyani
"
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat etnosentrisme konsumen di kalangan mahasiswa FISIP UI khususnya pada produk sepatu lokal juga apakah ada perbedaannya berdasarkan jenis kelamin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jumlah sampel sebanyak 100 orang mahasiswa dari berbagai jurusan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan menggunakan metode non probability sampling dalam penggunaannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat etnosentrisme konsumen pada produk sepatu lokal di kalangan mahasiswa FISIP UI cukup tinggi dan tidak ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S45805
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amalia Winne Sulistya
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran etnosentrisme konsumen, citra negara, citra produk skincare Korea, pengetahuan subjektif dan appearance consciousness dalam memprediksi minat konsumen dalam membeli produk skincare impor menggunakan theory of planned behavior. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan 719 penduduk Indonesia dengan rentang usia 18 tahun keatas yang pernah menggunakan skincare Korea dan berpartisipasi dalam penelitian ini menggunakan survei online. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dalam mengolah data. Hasil ...
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
R.M. Koentjaraningrat, 1923-1999
Jakarta: UI-Press, 1993
302.1 KOE m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Umar Perkasa
"
Ide pengadaan mobil nasional telah banyak diupayakan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, sehingga salah satu masalah yang dipertimbangkan adalah mencari segmen konsumen yang memiliki potensi membeli mobil nasional. Mobil nasional adalah mobil produksi Indonesia yang paten dan mereknya dimiliki oleh orang Indonesia. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kuantitatif dari consumer ethnocentrism dan country of origin stereotype pada konsumen Indonesia yang mapan secara ekonomi dan cukup umur untuk membuat keputusan membeli mobil pribadi, lalu ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S44521
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andrari Putri
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari cosmopolitanism dan consumer ethnocentrism pada perilaku pembelian antara produk domestik dan produk asing pada jenis produk kosmetik untuk wajah dan mata. Model penelitian di uji dengan data yang berasal dari 134 responden dengan menggunakan metode structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh consumer ethnocentrism terhadap perilaku pembelian terhadap produk domestik dan hasil penelitian juga menunjukan adanya pengaruh yang negatif dari consumer ethnocentrism terhadap perilaku pembelian produk asing. ...
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44636
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cyntha Dwi Anggraini
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap terhadap produk nationality Indonesia dan bangsa asing antara kelompok low ethnocentrism dan high ethnocentrism. Namun produk nationality tidak harus selalu sama dengan negara darimana produk tersebut berasal, melaikan dapat dibentuk melalui komunikasi visual yang mengarah kepada suatu negara. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Treatment atau stimulus yang digunakan adalah dua macam packaging yaitu packaging dengan nationality Indonesia dan Italia. Uji beda independen T-tes digunakan untuk melihat perbedaan sikap ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S53965
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library