"Seperti diketahui bahwa keberadaan keluarga merupakan dukungan yang sangat berarti
bagi setiap individu, termasuk dalam hal pencapaian prestasi belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengotahui adanya hubungan antara keberadaan keluarga dengan
prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Responden pada penelitian ini berjurnlah
133 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa Program Ekstensi Pagi dan 68 mahasiswa
Program Ekstensi sore. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi
dengan alat ukur kuisioner dan daftar nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama
semester I dan II dari mahasiswa Program Ekstensi angkatan 2004 FIK UI. Analisis data
yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan Chi-square unruk menganalisis
hubungan antara variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang
bormakna antara keberadaan keluarga dan prestasi belajar mahasiswa Program Ekstensi
angkatan 2004 FIK-UI (0,01