Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Karel Jurniadi
"
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum, tradisi budaya, dan urgensi pendidikan multikultural di sekolah Kota Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk strategi studi kasus terpancang. Sumber data yang digunakan yaitu informan, tempat dan peristiwa, dokumen, serta literatur. Validitas data menggunakan triangulasi dan teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan multikultural di Kota Singkawang penting untuk memberikan sikap toleransi dalam kehidupan plural masyarakatnya. Salah satu bentuk ...
"
Kalimantan Barat: Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, 2018
900 HAN 1:2 (2018) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Valensius Ngardi
"
Abstrak
Tulisan ini mendeskripsikan bagaimana gagasan tentang multikulturalisme diintegrasikan ke dalam muatan lokal yang dijadikan sebagai materi pembelajaran di SMP/ MTs. Tulisan ini bertujuan menjelaskan pentingnya penerapan pendidikan multikultur di Kalimantan Barat dengan cara menganalisis isi buku, dan implementasi muatan lokal tersebut pada beberapa SMP/MTs. di Kota Pontianak. Data diperoleh dari buku muatan lokal pendidikan multikultur untuk SMP/MTs, buku-buku yang relevan, dan media cetak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah perseteruan antarentnis yang kelam dan traumatis bagi ...
"
Kalimantan Barat: Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, 2018
900 HAN 1:2 (2018) (1)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Myunghee Kim
"
ABSTRACT
This paper is an attempt to theorize a conceptual framework for Korean English education in response to the contextual need that South Koreans are facing in the age of neoliberal globalization. As an impact of globalization, the influx of foreign people and cultures has made South Korea a growing multicultural society. However, Koreas response to globalization does not reflect the multicultural aspect of its local context, considering the nationality and ethnicity of foreign residents in ...
"
Seoul : OMNES, 2019
350 OMNES 9:2 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"
Prejudice is one key factor that ignites social conflict in a diversed community, especially Indonesia. It is a result of the inability of the people to comprehend and implement Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity) in their Daily life. Consequently, they consider diversity and difference as an obstacle in this diversed nation. In this paper we propose Community-based Multicultural Education as a mean to induce. We proposed a Community-based Educational model because we see that ...
"
330 ASCSM 27 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library