Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Silitonga, Cynthia Permata br
"Penelitian ini penting dilakukan terhadap produk dari negara asal tertentu di dalam memahami perilaku konsumen dan gambaran produknya diterima dengan baik di negara tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap consumer purchase intention melalui brand image dan brand evaluation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei pada target konsumen skincare Laneige di Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160. Cronbach’s alpha dan confirmatory factor analysis (CFA) digunakan untuk menilai reliabilitas serta validitas. Structur Equation Model (SEM) digunakan dalam pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa country of origin memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap purchase intention. Brand image memiliki pengaruh full mediation sebagai variabel mediator sedangkan brand evaluation memiliki pengaruh no mediation sebagai variabel mediator.
The study is necessary to employ towards a product from a particular country in understanding consumer behavior and market respon in the entry country. This research was conducted because in the intense global competition, producers need to understand the factors that cause purchase intention so that their products can be accepted by the public. This study uses a quantitative approach to survey methods on Laneige skincare target consumers in Jakarta. The sample in this study amounted to 160.Cronbach's alpha and confirmatory factor analysis (CFA) were used to assess reliability and validity. The Structural Equation Model (SEM) is used in hypothesis testing. The results showed that country of origin has a positive but insignificant effect on purchase intention. Brand image has a full mediation effect as a mediator variable, while brand evaluation has no mediation effect as a mediator variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andres Josia Agadiva
"Minat beli termasuk aspek yang penting bagi perusahaan agar produk yang ditawarkan dapat terjual. Pengaruh negara asal atau country of origin muncul sebagai efek yang berada dalam persepsi konsumen dan dipengaruhi oleh lokasi dimana produk tersebut dihasilkan. Negara China menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Namun, penilaian masyarakat terhadap produk smartphone yang berasal dari negara China masih kurang baik. Realme yang baru didirikan pada tahun 2018 dipilih menjadi obyek penelitian karena penjualannya belum terlihat signifikan dan perusahaan ini juga berasal dari negara China. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki pertanyaan bagaimana pengaruh country of origin terhadap minat beli smartphone Realme di Jakarta? Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh country of origin terhadap minat beli smartphone Realme di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penarikan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang mengetahui produk smartphone Realme dan berdomisili di Jakarta. Selain itu, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa variabel country of originberpengaruh terhadap minat beli secara signifikan.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Irawati Tjipto Priyanti
"Penelitian ini telah menjawab pertanyaan penelitian yang terkait dengan Country of Origin yaitu persepsi yang timbul terhadap produk berdasarkan Negara asal produk tersebut. Penelitaian ini secara khusus focus pada konteks bisnis jasa dari negara berkembang, yang akan memasarkan jasanya di pasar internasional. Penelitian ini akan mengkaitkan dengan pengaruh national stereotype dari negara berdasarkan dimensi competence dan warmth, terhadap evaluasi konsumen terhadap kualitas jasa dan perilakunya terhadap kesediaan menggunakan, serta peranan klasifikasi jenis jasa high dan low contact service.Argumentasi utama penelitian ini adalah membuktikan bahwa persepsi konsumen terhadap kedua dimensi competence dan warmth dari national stereotype mempengaruhi evaluasi konsumen terhadap jasa, khususnya pada jasa yang berasosiasi dengan teknologi seperti jasa telekomunikasi. Dengan suatu penelitian Field Experiment yang menggunakan online crowd sourcing dengan menjaring lebih dari 500 partisipan general populasi dari salah satu negara maju Amerika, dan membuktikan bahwa national stereotype mempengaruhi evaluasi konsumen terhadap kualitas jasa dan perilaku konsumen terhadap kesediaan menggunakan jasa. Pada jenis jasa low contact, pengaruh persepsi dimensi competence pada negara yang dominan competence akan lebih tinggi dari pada negara yang dominan warmth. Begitupula telah terbukti sebaliknya bahwa pada jenis jasa high contact, pengaruh persepsi dimensi warmth pada negara yang dominan warmth akan lebih tinggi dari pada negara dominan competence. Temuan lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa meningkatkan pengetahuan bagi konsumen pemula novice akan memberikan pembaharuan terhadap persepsi competence atau warmth. Hal lain yang menjadi temuan tambahan adalah bahwa factor congruity kesesuaian berlaku pula pada konteks COO dan mendukung pula pendapat penilaian terdahulu terhadap COO yang sifatnya adalah multi dimensi, yang meliputi bukan saja penilaian cognitive namun juga affective emosi. Kebaruan penelitian: adalah menguji jasa telekomunikasi negara berkembang yang akan memasarkan jasanya pada pasar Internasional dan peranan national stereotype serta jenis jasa high dan low contact.
This study has to answer research questions associated with the Country of Origin is the perception that ensue for products based on the country of origin of the product. This penelitaian specifically focus on the context of business services from developing countries, which will market their services in international markets. This research will relate to the effect of national stereotypes of the country based on the dimensions of competence and warmth, the consumer evaluation of the quality of services and behavior towards a willingness to use, what types of services and the role of high and low contact service.The main arguments of this study is to prove that consumer perceptions of both competence and warmth dimensions of national stereotypes affect consumers 39 evaluation of the services, particularly the services associated with technology such as telecommunications services.Field Experiment with a study that uses an online crowd sourcing to encompass more than 500 participants from the general population is one of the developed countries of America, and proved that national stereotypes affect consumers 39 evaluation of the quality of services and consumer behavior towards a willingness to use the services. At low service type of contact, influence the perception dimensions of competence in the dominant state competence will be higher than in countries that are predominantly warmth. Neither has proven otherwise that the type of service high contact, influence the perception of warmth dimension in the dominant country warmth will be higher than in the dominant state competence. The findings further confirm that improve consumer knowledge for the beginner novice will provide updates on the perception of competence or warmth. Another thing is the additional finding was that factor congruity suitability shall also apply in the context of the COO and supports the previous assessment, the opinion of the COO is multi dimensional in nature, which include not only votes but also cognitive affective emotional. The novelty of the research is to test telecommunications services developing countries that will market their services on the international market and the role of national stereotypes as well as the types of services high and low contact ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
D2429
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
M. Naufal Yazid
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh Negara Asal (Country of Origin) terhadap minat beli (Purchase Intention) konsumen melalui persepsi kualitas (Perceived Quality). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang merupakan orang yang mengetahui produk jam tangan merek Swatch asal negara Switzerland. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan non-probability sampling serta penentuan sampel berdasarkan teknik purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah menggunakan AMOS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Country of Origin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase Intention, Country of origin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perceived Quality serta Perceived Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Purchase Intention.
This research purposes to describe and discover the influence of Country of Origin on Purchase Intention through Perceived Quality. This research was developed based on the quantitative research. The sample for this study comprised 200 respondents who are people who know about the watches products of Swatch brand. This research using non-probability sampling and determine the sample through using purposive sampling technique. The research used questionnaire as research instrument, analyzed with using Structural Equation Modeling (SEM) and processed using AMOS 19.0. The result showed that Country of Origin had significant influence on Purchase Intention, Country of origin had significant influence on Perceived Quality and Perceived Quality had significant influence on Purchase Intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66309
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alifya Puspadianty
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan membeli produk green skincare pada milenial dan generasi Z menggunakan pendekatan the theory of planned behavior dengan country of origin dan price sensitivity sebagai variabel moderasi nya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 389 responden yang merupakan responden berusia 17 - 40 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Indonesia, dan pernah menggunakan skincare dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) PLS dalam pengolahan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Attitude memiliki pengaruh positif pada Purchase Intention; (2) Subjective Norm memiliki pengaruh positif pada Purchase Intention; (3) Perceived Behavioral Control memiliki pengaruh positif pada Purchase Intention; (4) Country of Origin yang positif tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antara Attitude dan Purchase Intention; (5) Country of Origin yang positif memperkuat hubungan antara Subjective Norm dan Purchase Intention; (6) Country of Origin yang positif tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antara Perceived Behavior Control dan Purchase Intention; (7) Price Sensitivity yang tinggi melemahkan hubungan antara Attitude dan Purchase Intention; (8) Price Sensitivity yang tinggi melemahkan hubungan antara Subjective Norm dan Purchase Intention; (9) Price Sensitivity yang tinggi tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antara Perceived Behavior Control dan Purchase Intention.
This study aims to determine the factors that influence the desire to buy green skincare products for millennials and generation Z using the theory of planned behavior approach with country of origin and price sensitivity as moderating variables. The sample used in this study were 389 respondents who were respondents aged 17-40 years, domiciled in Jabodetabek, Indonesia, and had used skincare in the last 6 months. This research uses PLS Structural Equation Modeling (SEM) in data processing. The results of this study prove that: (1) Attitude has a positive effect on Purchase Intention; (2) Subjective Norm has a positive influence on Purchase Intention; (3) Perceived Behavioral Control has a positive effect on Purchase Intention; (4) Positive Country of Origin has no significant effect on the relationship between Attitude and Purchase Intention; (5) Positive Country of Origin strengthens the relationship between Subjective Norm and Purchase Intention; (6) Positive Country of Origin has no significant effect on the relationship between Perceived Behavior Control and Purchase Intention; (7) High Price Sensitivity weakens the relationship between Attitude and Purchase Intention; (8) High Price Sensitivity weakens the relationship between Subjective Norm and Purchase Intention; (9) High Price Sensitivity has no significant effect on the relationship between Perceived Behavior Control and Purchase Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Septianto Dimas Pratama
"Tiongkok merupakan negara yang perekonomiannya mengalami pertumbuhan pesat pada lima tahun terakhir. Meskipun demikian, persepsi masyarakat terhadap produk asal Tiongkok masih kurang baik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh negara asal terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang memiliki ketertarikan untuk membeli telepon pintar Xiaomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel negara asal, secara signifikan memiliki pengaruh terhadap minat beli.
For the past five years, China`s economic growth has been increased significantly. However, public perception of the product from China is still not good. Based on that problem, the objective of this research is to analyze the influence of the country of origin towards the purchase intention. This research applied the quantitative approach with 100 respondents who have the willingness to buy the Xiaomi`s smartphone, as the sample. The result of this research indicates that the country of origin has a significant effect towards the purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65169
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library