Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
Ade Kiki
"
Masuknya anak berkebutuhan khusus ke dalam sekolah inklusif membuat anak tersebut menghadapi berbagai tantangan, seperti tantangan dalam hal bahasa, atensi dan aktivitas, kemampuan kognitif, serta relasi sosial dan emosional dengan orang lain di dalam kelasnya. Hal ini menuntut anak untuk dapat melakukan penyesuaian di dalam sekolah (school adjustment) dengan berbagai tantangan tersebut untuk dapat meningkatkan performa akademisnya. Dukungan orangtua (parental support)merupakan kontributor utama yang dirasa dapat membentuk school adjustment anak karena penyesuian pertama dengan lingkungan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46879
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Smith, Robert M.
New York: McGraw-Hill, 1975
371.9 SMI e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rockville: Aspen Systems Corporation, 1982
371.9 ASS
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Meyen, Edward L.
Denver: Love Publishing, 1975
371.92 MEY a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Ita Pursitasari
"
Dukungan keluarga diperlukan untuk memandirikan anak berkebutuhan khusus dalam melakukan kebersihan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan melakukan kebersihan diri pada ABK. Dukungan keluarga meliputi dukungan informasi, dukungan instrumental, dukungan emosional dan dukungan penghargaan. Desain penelitian cross sectional dengan 84 responden orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan dengan cara responden mengisi kuesioner yang terdiri dari 3 kuesioner.. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara karakteristik ABK dengan kebersihan ...
"
2019
T53297
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ysseldyke, James E.
California: Corwin Press, 2006
371.92 YSS w
Buku Teks Universitas Indonesia Library
"
Students with disabilities have many obstacles to overcome and challenges to address as they go through the educational system. Besides challenges with academics, behavior, and social situations, these students also need to be able to transition throughout their educational careers from different grade levels to post-school outcomes. Transition for students with disabilities should include input from classroom teachers, school psychologists and other related school personnel, families, the community, and, of course, the student. Specifically, the ...
"
Bingley: Emerald Publishing Limited, 2019
e20511670
eBooks Universitas Indonesia Library
Sandra Handayani Sutanto
"
Down Syndrome adalah salah satu keterbelakangan mental yang paling dikenal luas di masyarakat. Anak dengan Down Syndrome berbeda dengan anak-anak pada umumnya dan memiliki keterbatasan dalam fungsi kognitif dan fungsi adaptif dan tergolong keterbelakangan mental moderat. Karena itu mereka memerlukan intervensi untuk mengatasi keterbatasan mereka sedini mungkin. Intervensi yang ada bertujuan untuk melatih meningkatkan kemampuan dan memyiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dari lingkungan. Intervensi ini terdiri dari terapi wicara, terapi fisik, terapi perkembangan, pelatihan dengan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17885
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fellianti Muzdalifah
"
Dalam membina hubungan dengan orang lain manusia membutuhkan suatu kecakapan untuk memulai dan mempertahankan hubungannya Kecakapan ini disebut dengan keterampilan sosial. Bila seseorang memiliki keterampilan sosial yang sudah baik, maka dirinya akan lebih rnudah melakukan interaksi dan beradaptasi dengan orang lain. Ia juga mampu dalam menganalisa dan memutuskan pennasalahan dari situasi-situasi sosial secara tepat. Namun demikian, tidak semua manusia memiliki keterampilan sosial yang baik. Individu yang memiliki hambatan fisik dan psikis sulit mencapai keterampilan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T37906
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Columbus: Charles E. Merrill, 1983
371.9 SYS
Buku Teks Universitas Indonesia Library