Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nilovar Zalsabillah
"Seiring bertambahnya usia, kemampuan anak untuk melakukan perilaku berbohong cenderung meningkat. Salah satu motif yang menyebabkan anak berbohong adalah untuk melindungi perasaan orang yang disayang oleh anak. Perilaku berbohong ini disebut dengan prosocial lying. Prosocial lying adalah perilaku berbohong yang memiliki motif menguntungkan bagi orang lain, perilaku ini memiliki fungsi sosial dalam interaksi sehari-hari. Kemampuan berbohong menjadi salah satu indikasi perkembangan sosial dan moral pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran empati terhadap perilaku prosocial lying pada anak usia 7-11 tahun. Penelitian ini juga menguji peran faktor lain seperti semantic leakage control dan usia terhadap perilaku prosocial lying. Semantic leakage control merupakan kemampuan anak dalam mempertahankan kebohongan. Sebanyak 74 partisipan siswa/i SDN Beji 05 berpartisipasi pada penelitian ini (M= 9,11 , SD= 1,299). Pengambilan data dilakukan menggunakan disappointing gift paradigm serta kuesioner empati yang diberikan kepada orang tua siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan hierarchical logistic regression. Analisis regresi menunjukkan hasil tidak signifikan secara statistik pada dimensi affective χ2 = .281, p >.05, Nagelkerke R2 = .114 dan cognitive χ2 = .281, p > .05, Nagelkerke R2 = .114, namun analisis point biserial correlation menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan negatif antara prosocial lying dan usia partisipan rpb= -0,287, n=74, p<0,05. Hasil ini mengindikasikan bahwa empati tidak menjadi prediktor prosocial lying, oleh sebab itu, perlu dilihat faktor lain yang menjadi prediktor prosocial lying lain nya seperti executive functions, parenting dan emotional understanding.

As children grow older, their ability to engage in lying behavior tends to increase. One of the motives that leads children to lie is to protect the feelings of people they care about. This type of lying is called prosocial lying. Prosocial lying is a behavior that involves lying for the benefit of others and has a social function in daily interactions. The ability to lie is an indication of social and moral development in children. This study aims to examine the role of empathy in prosocial lying behavior in children aged 7-11 years. This research also tests the role of other factors such as semantic leakage control and age in prosocial lying behavior. Semantic leakage control is the ability of children to maintain a lie. A total of 74 participants from SDN Beji 05 elementary school participated in this study (M=9.11, SD=1.299). Data was collected using the disappointing gift paradigm and empathy questionnaires given to the parents of the students. The data obtained was then analyzed using hierarchical logistic regression. Regression analysis showed statistically non-significant results in the affective dimension χ2 = .281, p > .05, Nagelkerke R2 = .114 and cognitive dimension χ2 = .281, p > .05, Nagelkerke R2 = .114, but point biserial correlation analysis showed a significant negative result between prosocial lying and participant age rpb = -0.287, n = 74, p < 0.05. These results indicate that empathy is not a predictor of prosocial lying, therefore, other factors that may be predictors of prosocial lying, such as executive functions, parenting, and emotional understanding, need to be examined."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Philadelphia: W.B. Saunders , 1983
618.928 DEV
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kustati Budi Lestari
"Dekapan keluarga dan pemberian posisi duduk merupakan alternatif untuk membuat nyaman selama dilakukan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dekapan keluarga dan posisi duduk terhadap distress anak saat dilakukan pemasangan infus. Jenis penelitian kuasi eksperiman dengan sampel 30 anak usia prasekolah dan usia sekolah. Tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata score distress pada anak yang diberi dekapan keluarga dan posisi duduk saat pemasangan infus sebesar 2,30 dan rata-rata score distress pada anak yang tidak diberi dekapan keluarga dan posisi duduk saat pemasangan infus sebesar 3,25. Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh dekapan keluarga dan pemberian posisi duduk terhadap distress anak yang dilakukan pemasangan infus (p: 0,025). Dekapan dan pemberian posisi duduk pada anak yang dilakukan pemasangan infus dapat diterapkan sebagai salah satu intervensi keperawatan untuk menurunkan distress anak usia prasekolah dan usia sekolah.

Family holding and proper sitting position are an alternative provision to make comfortable while treatment. This research proposed to determine The Impact of Family Embrace and Children Sitting Position to avoid distress while infusing. Type of quasi-experimental study with a sample of 30 preschoolers and school age. Sampling technique was purposive sampling. The results of this research shows that the average distress score to the children who have family embrace and proper sitting position while infusion is 2,30 and the average distress score to the children who don't have family embrace and proper sitting position while infusion is 3,25. Examination statistic results shows there is effect of family embrace and proper sitting position avoid the distress children during infusion (p: 0,025). Embracing and proper sitting position of children during infusion is applicable as a nursing intervention to avoid distress preschoolers and school age."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2103
T32555
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Herlina Limyati
"ABSTRAK
Salah satu gangguan klinis yang dapat terjadi pada masa perkembangan adalah Attention-Deficit Hyperactmty Disorder (ADHD). Terdapat lebih dari separuh populasi anak dengan ADHD yang mengalami kesulitan dalam hubungan interpersonalnya dengan anak lain, orang tua, dan guru. Perilaku anak-anak tersebut menimbulkan respons negatif dari lingkungan teman sebayanya yang mengakibatkan munculnya tingkat penolakan yang tinggi terhadap mereka. Mereka dianggap mengganggu, sebagai penyebab keributan, sulit menyesuaikan diri, dan mudah
tersinggung. Hal itu dikaitkan dengan karakteristik perilaku mereka yang bersifat
inatentif, hiperaktif, dan impulsif.
Intervensi dini terhadap anak yang menunjukkan simtom ADHD penting untuk dilakukan guna mengurangi kemungkinan munculnya perilaku agresif, oposisional, dan perilaku hiperaktif-impulsif di tahapan usia selanjutnya. Intervensi tersebut diharapkan dapat membantu mengembangkan interaksi yang positif antara orang tua dengan anak serta meningkatkan fungsi adaptasi anak di lingkungan keluarga dan sekolah. Pelatihan keterampilan sosial merupakan salah satu penanganan yang dapat membantu anak dengan ADHD dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihan keterampilan sosial, dalam ha! ini dipilih keterampilan mengikuti instruksi (following
histruction) sebagai sasaran perilaku. Keterampilan mengikuti instruksi ini dipilih
karena merupakan keterampilan yang mendasar untuk dikuasai oleh anak agar dapat
terlibat aktif dalam kegiatan sehari-hari serta merupakan prasyarat untuk menguasai
keterampilan yang lebih kompleks.
Berdasarkan analisis, rancangan program pelatihan ini perlu memusatkan perhatian pada satu aspek perilaku yang lebih spesifik. Selain itu, generalisasi penguasaan keterampilan yang dilatihkan memerlukan waktu yang lebih lama dan perlu dilakukan secara bertahap pada setting yang berbeda-beda."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38126
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana K Rachmah
"ABSTRAK
Attention Deficit Hyperactive Disorder merupakan gangguan perilaku yang memiliki karakteristik utama, yaitu tidak dapat memusatkan perhatian (inatensi), impuslifitas, dan hiperaktivitas; yang menetap selama enam bulan dan timbul sebelum usia 7 tahun (Silver, 1992). Penanganan terhadap AD/HD merupakan penanganan yang bersifat multimodal treatment. Beberapa penanganan yang lazim diberikan adalah intervensi psikologis seperti terapi modifikasi perilaku, terapi sensori integrasi; intervensi medis berupa obat-obatan stimulan, maupun pembekalan ketrampilan pada orangtua.
Mengingat pentingnya peranan orangtua dalam mengoptimalkan penanganan pada anak AD/HD, maka penulis mencoba menyusun modul pelatihan pengasuhan efektif bagi orangtua dengan anak AD/HD. Pelatihan ini disusun berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Barkley (dalam Schaefer & Briesmeister, 1989) dan Wiranata (2005) mengenai pengasuhan efektif bagi anak AD/HD.
Pelatihan ini melibatkan 2 pasang orangtua dari anak yang telah didiagnosa AD/HD dan telah menjalani sejumlah penanganan seperti modifikasi perilaku. Pelatihan dilakukan selama 2 hari, dengan 9 sesi. Alur pelatihan disusun berdasarkan 2 teknik yang akan diajarkan pada peserta, yaitu membangun hubungan positif dengan anak (terdiri dari Mendengar Aktif, Pesan Diri, dan No Loose Strategy) dan teknik modifikasi perilaku (Penguatan, Home token, dan Time Out).
Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan, evaluasi yang dapat optimal dilakukan adalah evaluasi pemahaman peserta terhadap materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan. Terkait materi pelatihan, peserta menunjukkan hasil yang optimal pada materi AD/HD, penyebab, penanganannya, dan dasar pengasuhan efektif anak AD/HD dimana pemahaman peserta terhadap materi-materi tersebut mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan. Pemahaman mengenai membangun hubungan positif juga mengalami peningkatan meskipun untuk aspek no loose strategy tampaknya kurang optimal dipahami olch peserta. Adapun mengenai pemahaman terhadap materi-materi modifikasi perilaku, pemahaman peserta cukup beragam. Ada yang sudah memahami jenis-jenis dari modifikasi perilaku yang diajarkan dalam pelatihan ini, namun ada juga sebagian peserta yang baru memahaminya secara parsial. Pada akhirnya, disimpulkan bahwa materi-materi yang disusun dalam pelatihan ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi materi pelatihan pengasuhan efektif bagi orangtua dengan anak AD/HD mendatang."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38219
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Permata Sari
"Penelitian ini membahas tentang perubahan perilaku sosial anak di Yayasan Nara Kreatif dan faktor pendorong dan penghambat perubahan perilaku sosial anak di Yayasan Nara Kreatif sebagai layanan berbasis kelembagaan substitusi dengan studi kasus dua anak asuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan perilaku sosial anak di yayasan terlihat pada tahap awal dan tahap implementasi rencana pengasuhan. Studi kasus ini dilakukan pada dua anak asuh karena mereka adalah 2 dari 30 anak asuh yang memiliki latar belakang unik yaitu sebagai mantan anak jalanan, dorongan yang kuat terhadap kehidupan masa lalunya sebelum menjadi anak asuh dan perbedaan cara anak asuh mengartikan layanan yang mereka berikan. oleh yayasan menjadi faktor pendukung atau faktor penghambat perubahan perilaku pada anak asuh.

This research discusses changes in children's social behavior at the Nara Kreatif Foundation and the driving and inhibiting factors for changing children's social behavior at the Nara Kreatif Foundation as an institutional-based substitution service with a case study of two foster children. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The result of this study is that changes in children's social behavior in foundations can be seen at the early stages and the implementation stages of the parenting plan. This case study was conducted on two foster children because they are 2 out of 30 foster children who have a unique background, namely as former street children, strong encouragement towards their past life before becoming foster children and the differences in how the foster children interpret the services they provide. by the foundation to be a supporting factor or inhibiting factor for behavior change in foster children."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rania Nadinda
"Regulasi emosi merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan untuk mencegah masalah dalam aspek sosial emosional anak seperti perilaku internalizing dan externalizing. Usia prasekolah merupakan masa yang kritikal untuk mengembangkan regulasi emosi yang optimal. Orang tua memiliki peranan penting dalam perkembangan regulasi emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kualitas hubungan orang tua-anak dapat memprediksi regulasi emosi anak usia prasekolah. Partisipan penelitian ini adalah 133 partisipan orang tua dengan anak usia prasekolah (3-6 tahun) di Indonesia. Pengukuran regulasi emosi anak dilakukan menggunakan alat ukur Emotion Regulation Checklist (ERC), sementara pengukuran kualitas hubungan orang tua-anak dilakukan menggunakan alat ukur Child-Parent Relationship Scale (CPRS). Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hubungan orang tua-anak secara signifikan memprediksi regulasi emosi anak usia prasekolah.

Emotion regulation is one of the skills needed to prevent problems in children’s socio-emotional aspects such as internalizing and externalizing behavior. Preschool is considered to be a critical period for the optimal emotional regulation development. Parents have an important role in the development of children's emotional regulation. This study aims to see whether the quality of parent-child relationship can predict the emotional regulation of preschoolers. There were 133 Indonesian parents of 3-6 years old children involved in the study. Children's emotion regulation was measured using the Emotion Regulation Checklist (ERC), and the quality of the parent-child relationship was measured using the Child-Parent Relationship Scale (CPRS). Data processing is done by linear regression analysis. The results showed that the quality of the parent-child relationship significantly predicted the emotional regulation of preschoolers. It was also shown that both conflict and closeness significantly predicted emotion regulation of preschoolers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faber, Adele
New York: Scribner, 2012
155.4 FAB h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Schaefer, Charles E.
Jakarta: Restu Agung , 2003
155.4 SCH b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Trisna Kartika Wono
"Peneliti ingin mengetahui profil problem scales Child Behavior Checklist pada kanak-kanak madya yang menerima disiplin secara inkonsisten dari lingkungan rumah. Dengan mengetahui profil problem scales Child Behavior Checklist, akan diperoleh profil masalah tingkah laku anak-anak tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Keduanya digunakan karena peneliti menggunakan data sekunder kuantitatif (CBCL berbentuk kuesioner dengan pilihan jawaban berbentuk skor) dan data sekunder kualitatif (anamnesis terhadap orang tua subjek). Kemudian peneliti menganalisis data secara kuantitatif dengan perhitungan rata-rata dan persentase dengan hasil berbentuk angka yang selanjutnya disajikan dalam grafik, lalu menganalisis sindrom masalah tingkah laku secara kualitatif (Creswell, 1994).
Berdasarkan hasil perhitungan dari data yang ada, diperoleh bahwa masalah atensi (attention problems) merupakan sindrom masalah tingkah laku yang perlu perhatian khusus pada kanak-kanak madya yang menerima disiplin secara inkonsisten dari lingkungan rumah. Selanjutnya, berdasarkan analisis pada sindrom masalah atensi yang muncul, terdapat beberapa tingkah laku yang kadang-kadang sampai sering kali ditampilkan oleh sebagian besar kanak-kanak madya tersebut, yaitu: sulit berkonsentrasi atau memusatkan perhatian dalam waktu yang lama; berperilaku kekanak-kanakan untuk usianya; dan tidak dapat duduk dengan tenang, tidak bisa diam, hiperaktif."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>