Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Fenny Zulfiyah Mayang
"
ABSTRAKIndonesia memiliki pasar yang potensial bagi industri halal mengingat populasi Muslim di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Untuk menarik perhatian konsumen Muslim, beberapa perusahaan kosmetik menerapkan halal branding sebagai salah satu strategi pemasaran untuk memperoleh market share pasar industri kosmetik Indonesia. Namun, dari sudut pandang konsumen, halal bukan merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan ketika membeli produk kosmetik. Hal tersebut bertentangan dengan fakta bahwa agama merupakan sesuatu yang penting bagi masyarakat Indonesia dan hal tersebut mempengaruhi perilaku konsumsi mereka. Penelitian ini berusaha untuk mempelajari peran orientasi keagamaan dalam memperkuat pengaruh kredibilitas merek terhadap loyalitas pelanggan kosmetik dengan halal branding. Kuesioner disebarkan secara online ke wilayah-wilayah di Indonesia dan diperoleh 515 responden. Structural equation modelling diterapkan untuk mengevaluasi hubungan antar variabel. Penelitian ini menemukan kepercayaan dan kualitas yang dirasakan secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kredibilitas merek serta kredibilitas merek terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu terdapat peran mediasi kredibilitas merek pada pengaruh kepercayaan dan kualitas yang dirasakan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menemukan adanya peran moderasi orientasi keagamaan pada pengaruh kepercayaan dan kualitas yang dirasakan terhadap kredibilitas merek.
ABSTRACTIndonesia has a potential market for the halal industry since Indonesia has the largest Muslim population in the world. To attract Muslim consumer, some cosmetic companies apply halal branding as one of their marketing strategies because it could help them to gain Indonesian cosmetics industry market share. However, from the consumers point of view, halal is not their primary consideration when they buy a cosmetic product. It is contrary to the fact that religion has been considered as an important aspect for Indonesian that also influences consumer behavior. This research is trying to study the role of religious orientation in strengthening the effect of brand credibility on customer loyalty to cosmetics with halal branding. Questionnaires were distributed online to regions in Indonesia, and 515 respondents were collected. Structural equation modelling (SEM) was applied to evaluate the hypothesized relationships between variables. The study found that there is a significant and positive effect of trustworthiness and perceived quality on brand credibility, as well as brand credibility on customer loyalty. Additionally, there is a mediating effect of brand credibility in the relationships between trustworthiness and perceived quality with customer loyalty. This research also found a moderating effect of religious orientation on the relationships between trustworthiness and perceived quality with brand credibility. "
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ratu Fathia Adhawiyahasni
"
ABSTRAKCorporate Social Marketing (CSM) sudah lama digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran oleh lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba, akhir-akhir ini konsep tersebut diperluas ke konteks perusahaan dimana CSM digunakan dalam strategi pemasaran CSR mereka. Dengan menggunakan CSM, perusahaan dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal manfaat sosial dan bisnis, namun sayangnya masih belum banyak penelitian yang meneliti lebih dalam mengenai CSM, sehingga dalam penelitian ini peneliti memilih PT. Paragon Technology and Innovation sebagai perusahaan yang menggunakan strategi CSM dengan tujuan untuk menyelidiki efektivitas strategi pemasaran CSM dan pengaruhnya terhadap loyalitas serta perilaku prososial pada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 265 konsumen muslim di Indonesia dan data diolah menggunakan metode
Structural Equation Modeling (SEM) di software Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CSM memberikan pengaruh positif terhadap perilaku prososial dan loyalitas konsumen terhadap merek PTI Paragon.
ABSTRACTCorporate Social Marketing (CSM) has long been used as one of the marketing strategies by government institutions and non-profit organizations, these concepts have recently been extended to the corporate context where CSM is used in the marketing strategy of their CSR. By using CSM, companies can influence consumer behavior in terms of social and business benefits, but unfortunately there are still not many studies that examine deeper about CSM, so in this study researchers chose PT. Paragon Technology and Innovation as a company that uses CSM strategy with the aim to investigate the effectiveness of CSM marketing strategies and their effect on loyalty and prosocial behavior on consumers. The method used in this study is to distribute questionnaires to 265 Muslim consumers in Indonesia and the data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in Lisrel 8.8 software. The results showed that the CSM strategy had a positive influence on prosocial behavior and consumer loyalty to the PTI Paragon brand."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Melinia Devi Fenitasari
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas social media marketing terhadap brand experience, attitude towards the brand, dan purchase intention pada konsumen muslim Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia dengan menggunakan studi kasus merek Kahf sebagai produk personal care laki-laki halal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu muslim pada Generasi Y berusia 27-41 tahun dan Generasi Z berusia 12-26 tahun yang pernah membeli produk Kahf. Sampel yang diperoleh yaitu 211 untuk Generasi Y dan 216 untuk Generasi Z. Penelitian ini dalam pengolahan datanya menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya aktivitas social media marketing memiliki pengaruh terhadap brand experience, attitude towards the brand, dan purchase intention dengan adanya customer engagement yang memperkuat hubungan aktivitas social media marketing dengan brand experience. Penelitian ini juga mengukur keterlibatan Generasi Y dan Generasi terhadap aktivitas social media marketing dengan brand experience.
This study aims to determine the effect of social media marketing activities on brand experience, attitude towards the brand, and purchase intention among Generation Y and Generation Z Muslim consumers in Indonesia using a case study of a Kahf as Indonesia halal brand. The sample used in this study were Muslims in Generation Y aged 27-41 years and Generation Z aged 12-26 years who had bought Kahf products. Data were collected from 211 for Generation Y and 216 for Generation Z. This research in its data processing uses the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that social media marketing activities have an influence on brand experience, attitude towards the brand, and purchase intention with customer engagement that strengthens the relationship between social media marketing activities and brand experience. This study also measures the involvement of Generation Y and Generation towards social media marketing activities with brand experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Handbook of Islamic Marketing' provides state-of-the-art scholarship on the intersection of Islam, consumption and marketing and lays out an agenda for future research."
Northampton, MA: Edward Elgar, 2011
381 HAN
Buku Teks Universitas Indonesia Library