Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudyanto Soesilo
"Arsitektur Postmodern yang mulai berkembang pada tahun 1970an, merupakan bagian yang penting dan tak terpisahkan dari Fenomena Postmodern sebagai pergerakan budaya pada akhir abad XX. Setelah Postmodernisme berkembang di dunia sastra, maka perkembangan ini menjalar ke sektor-sektor lain terutama ke sektor postmodern 'par-excellence", yaitu arsitektur. Pada tahun 1975, seorang sejarawan dan teoritikus Amerika. Charles Jencks dalam bukunya The Language of Post Modern Architecture telah mengalihkan istilah Postmodern dari sastra ke arsitektur. Sampai sekarang arsitektur merupakan bidang yang menonjol dalam wacana mengenai modernitas dan postmodernitas, sehingga tak dapat dipungkiri, bahwa arsitektur mempunyai peran yang penting dalam pergerakan Postmodern sebagai fenomena abad XX.
Di antara tahun 1960-an dan 70-an Postmodernism menyebarkan pengaruhnya pada seni dan arsitektur. Hal itu telah dimulai sejak tahun 1961 oleh buku yang spektakuler yang ditulis oleh Jane Jacobs The Death and Life of American Cities yang menjelaskan tentang pengaruh modernisme dan politik welfare state yang menciptakan kantong-kantong perumahan untuk kaum miskin, kebijaksanaan yang anti urban dan anti human yang pola-pola gridnya telah memotong mekanisme sosial dari pola urban neighbourhood yang telah secara tradisional hidup dalarn masyarakat.
Tahun 1966 Robert Venturi, seorang arsitek, kritikus dan teoritikus arsitektur meluncurkan buku Complexity and Contradiction in Architecture yang menekankan bahwa komunikasi arsitektural membutuhkan kompleksitas bukan simplisitas dan bahkan membutuhkan kontradiksi. Slogan dari kaum modernis "less is more" akan menjurus pada "less is a bore". Pendekatan gaya modernis dan pendekatan sosial yang uniform, teknokratik, dan solusi top down telah ditinggalkan.
Istilah postmodern kemudian dipakai secara menyebar sejak tahun 1970-an. Pada tahun 1975 Charles Jencks menggunakannya dalam arsitektur. Pada akhir tahun 1970-an tiga buah buku menegaskan Postmodernisme sebagai sebuah pergerakan : The Language of Post-Modern Architecture (1977) oleh Charles Jencks, La Condition Postinoderne : rapport sur le savoir (1979) oleh Jean-Francois Lyotard dan Philosophy and the Mirror of Nature (1979) oleh Richard Rorty.
Walaupun sulit untuk merumuskan arti postmodemisme, bukan saja banyaknya hal-hal yang dilabeli postmodernisme tetapi karena para postmodemis sendiri menyangkal bahwa mereka mempunyai doktrin dan teori tertentu. Tetapi walau bagaimanapun harus dilakukan suatu pemahaman yang kurang lebih dapat dicatat, sbb : Adanya tema-tema besar ataupun ide yang muncul dalam karya-karya post-modernisme, adanya berbagai klaim para postmodemis dan adanya isu-isu yang membagi postmodernisme.
Arsitektur Post-Modern kemudian berkembang pesat dengan beberapa doktrin-doktrinnya, di antaranya dikenal : Historicism, Straight-revivalism, Neo-vernacular, Adhocism Urbanist, Metaphor Metaphysical, Post-modern space Masing-masing mempunyai ciri fisik arsitektural tersendiri dan secara keseluruhan mengandung makna pluralistis serta mengindahkan masa lalu.
Arsitektur sering disebut sebagai Applied Art salah satu cabang seni-guna. Sesuai perkembangannya sebagai applied-art, karena harus bisa digunakan, Arsitektur harus ditopang oleh teknologi (building-engineering) dan fisibilitas ekonomi. Dalam perkembangan terakhir, Arsitektur didekati dari berbagai cabang ilmu, misalnya: ilmu-ilmu perilaku (behavioural sciences) seperti: Psikologi, Sosiologi dan Antropologi, di?."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
D489
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjut Arasya Nadhifa
"Arsitektur Postmodern mengkritik Arsitektur Modern dengan memasukkan unsur-unsur tradisional dan gaya sejarah dengan pendekatan kontemporer, mendorong apresiasi terhadap tradisi arsitektur dengan menciptakan interaksi dinamis antara masa lalu dan sekarang. Arsitektur Postmodern menolak narasi besar yang mengklaim memberikan pendekatan tunggal, universal untuk arsitektur, alih-alih pendekatan yang menghargai inklusi dan variabilitas. Campuran gaya elektik dan referensi historis mendorong pendekatan desain multi-faceted yang mencakup kompleksitas dan kontradiksi untuk mendapatkan makna yang lebih dalam dan keterlibatan dengan audiens. Abstrak ini mengeksplorasi bagaimana Arsitektur Postmodern mengilustrasikan hubungan yang kompleks antara arsitektur postmodern dan tradisi dengan memeriksa dua arsitek postmodern: pendekatan desain Robert Venturi dan James Stirling. Skripsi ini mengeksplorasi bagaimana hubungan Arsitektur Postmodern dengan tradisi terlihat dalam karya dua arsitek terkenal, Vanna Venturi House karya Robert Venturi dan Neue Staatsgalerie karya James Stirling. Skripsi ini didasarkan pada ulasan penilaian kritis terhadap karya-karya arsitek tersebut, dan pernyataan dari berbagai teoretik untuk memahami hubungan Arsitektur Postmodern dengan tradisi, dilihat sebagai reaksi atau tanggapan.

Postmodern Architecture critiques Modern Architecture by blending traditional elements and historical styles with contemporary approaches, fostering an appreciation for architectural tradition while creating a dynamic interplay between past and present. It rejects grand narratives that claim to provide a single, universal approach to architecture, instead an approach that values inclusion and variability. The eclectic mix of styles and historical references encourages a multifaceted design approach that includes complexity and contradiction to gain deeper significance and engagement with the audience. This abstract explores into how Postmodern Architecture exemplifies the complex relationship between Postmodern Architecture and tradition by examining two Postmodern architects: Robert Venturi and James Stirling’s design approach. This undergraduate thesis examines how Postmodern Architecture's relationship with tradition is evident in the works of two renowned architects, Robert Venturi's Vanna Venturi House and James Stirling's Neue Staatsgalerie. This writing is based on a review of critical assessments, the architects' own works, and statements from various theorists to understand whether Postmodern Architecture's relationship with tradition, viewed as a reaction or a response."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Portoghesi, Paolo
New York: Rizzoli, 1980
724 POR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ghirardo, Diane
New York: Thames & Hudson, 1996
724.6 GHI a (1);724.6 GHI a (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sutro, Dirk
New York: Van Nostrand Reinhold, c1994
728.37 SUT w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sutro, Dirk
New York: Van Nostrand Reinhold, 1994
R 728.37 SUT w
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Dal Co, Francesco, 1945-
New York : The Monacelli Press, 1998
720.92 FRA f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Stern, Robert A.M.
New York: Rizzoli, 1981
720.92 STE r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3   >>