Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muh. Rifki Eka Putra
"Skripsi"ini"membahas"mengenai"pengujian"sistem"M-Herbal"yang"berbasis teknologi smartphone. Aplikasi kesehatan M-Herbal dibangun pada environment Android menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML. Aplikasi M-Herbal terhubung pada server yang dibangun pada operating system non-server yang menggunakan engine server XAMPP yang berbasis MySQL. Database tanaman menggunakan database yang telah dibuat oleh Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.
Dari hasil pengujian, diperoleh nilai Mean Opinion Square yaitu 3,82 yang berarti aplikasi diterima oleh user. Waktu yang dibutuhkan untuk mengakses fitur yang ada pada aplikasi m-herbal adalah 0,000317697 ms.

This thesis deals with the testing system M-Herbal-based smartphone technology. M-Health Herbal applications built on Android environment using the Java programming language and XML. Application of M-Herbal connected on a server that is built on a non-server operating system that uses XAMPP server engine MySQL based. Plant Database using a database that has been created by the Faculty of pharmacy of the University of Indonesia.
From the test results, obtained a value of 3.82 Square Mean Opinion which means the application is received by the user. The time it takes to access the features of the application m-herbs is 0,000317697 ms.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47335
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laurentinus Rian
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang aplikasi Instant Messenger pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ini memanfaatkan asymmetric encryption dalam pengamanan pesan. Asymmetric encryption dipilih agar dapat memberikan pengamanan yang baik kepada pengguna aplikasi sehingga pesan yang dikirimkan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Aplikasi ini menggunakan protokol XMPP yang merupakan salah satu protokol dalam instant messenger yang bersifat open source. Analisa keamanan pesan dilakukan terhadap variasi algoritma enkripsi dan panjang kunci yang digunakan yang mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk melakukan proses enkripsi tersebut dan panjang data hasil enkripsi. Variasi-variasi ini dianalisasi untuk menentukan algoritma enkripsi dan panjang kunci yang optimal untuk digunakan pada aplikasi instant messenger pada smartphone berbasis Android dengan memperhatikan batas kemampuan smartphone tersebut. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa algoritma enkripsi ECIES memiliki performa yang paling baik untuk diterapkan pada aplikasi instant messenger. Pada proses pembuatan kunci memiliki persentase peningkatan sebesar 99.89% dibandingkan RSA dan 93,63% dibandingkan Diffie-Hellman. Pada proses enkripsi algoritma ini tidak sebaik RSA namun pada proses dekripsi memiliki peningkatan sebesar 85, 36 % dibandingkan RSA dan 98,35% dibandingkan Diffie-Hellman

ABSTRACT
This paper discussing about Instant Messenger application for Android. This application uses asymmetric encryption for message protection. Asymmetric encryption is used because it will give good protection for application user so that only message sender and receiver who can read the message. This application uses XMPP protocol. XMPP is an open source instant messenger protocol. Message protection is analyzed using encryption algorithms and key lengths variation. An algorithm and a key length will be chosen as the most suitable to use in Android smartphone. In the end, this research shows that ECIES encryption is the best algorithm to be used in instant messenger application. ECIES has 99.89% increment than RSA and 93.63% increment than Diffie-Hellman in creating keys process. Although ECIES does not have increment in encryption process than RSA but it has 85.36% increment than RSA and 98.35% increment than Diffie-Hellman in decryption process."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54053
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhelia Irawan
"Seni tari pada umumnya dilakukan oleh manusia dan diturunkan ke generasi muda sebagai bentuk pelestarian tarian tersebut. Sebagai bentuk lain dari pelestarian seni tari digunakanlah Robot Humanoid. Robot akan akan melakukan pembelajaran gerakan manusia (imitation learning) melalui kemera Microsoft Kinect, yang dapat menangkap gerakan manusia (motion capture). Gerakan tersebut juga dikompensasi untuk penyeimbangan robot dengan metode Zero Moment Point (ZMP). Sistem ini dilakukan dengan framework dari Robot Operating System (ROS) dan berhasil melakukan imitation learning dengan rate 5Hz pada pengiriman data ke joint robot serta waktu sampling sekitar 10Hz.

The art of dance is generally performed by humans and handed down to the younger generation as a way to preserve the dance. As another form of preservation is used Humanoid Robot. The Robot will be imitation learning of human movement through the Microsoft Kinect camera, which can capture human motion (motion capture). The movement is also compensated for balancing robot with Zero Moment Point (ZMP) method. This system is done with the framework of the Robot Operating System (ROS) and managed to imitation learning with rate 5Hz for sending data and the sampling time 10Hz."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65292
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghana Nazala Putra
"Humanoid Robot Soccer adalah sebuah robot yang dapat bermain sepak bola layaknya manusia secara otomatis. Untuk membuat sebuah robot humanoid sepak bola dibutuhkan sistem tertanam yang mumpuni dan terpadu disebabkan oleh kebutuhan akan beberapa sensor sebagai pendukung kecerdasan yang diambil secara kontinu dan kalkulasi yang besar pada sistem pengendalian dan pengolahan citranya. Penelitian skripsi ini fokus pada perancangan dan penerapan Odroid XU-4 Komputer Papan Tunggal sebagai pengendali utama didukung dengan sensor Inertial Measurement Unit dan aktuator Dynamixel MX-28T dan MX-64T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang diusulkan mumpuni untuk menjadi sistem tertanam pada Humanoid Robot Soccer.

Humanoid Robot Soccer is a robot with human like form tha could play soccer autonomously. To create Humanoid Robot Soccer, a robust, compact and rich of feature embedded system is needed caused by the need of many sensors data sampled continously, weight of running process and complex calculation espesially for its control system and image processing. This thesis focus on designing and implementing Odroid XU 4 Single Board Computer as Main Controller support by Inertial Measurement Unit sensors and Dynamixel MX 28T and MX 64T actuators for Humanoid Robot Soccer. The result of this reasearch indicate that the purposed device is qualified to be an embedded system in Humanoid Robot Soccer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67020
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Riski Syafrino
"ABSTRAK
Kestabilan dari pergerakan kaki adalah salah satu tantangan robot humanoid. Maka desain dalam pergerakan robot menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain gerak jalan menggunakan model kinematika terbalik dan mengukur kestabilan robot menggunakan pendekatan zero momen point. Pemilihan material dan mengukur kekuatan struktur robot menggunakan metode elemen hingga juga dilakukan guna mendapat desain yang optimal. Permodelan gerakan menggunakan pendekatan Matlab dan disimulasikan dengan Inventor. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah joint trajectory kaki robot dan perbandingan nilai ZMP data real robot dengan data simulasi robot.

ABSTRACT
Bipedal locomotion stability is one of the challenging problem in humanoid robot. So, design for the robot movement becomes important. This paper aims to design the walking motion using inversee kinematics model and measure the stability of the robot using the zero moment point approach. Material selection and measuring the strength of robot structure using finite element method is also done to get optimal design. Motion modeling using Matlab approach and simulated with Inventor. The result of this research are joint trajectory of robot leg and comparison of ZMP value between real robot data with robot simulation data."
2017
S68965
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fikri
"Skripsi ini menjelaskan tentang perbandingan Android Runtime ART dan Dalvik pada aplikasi berbasis Android, tahap pertama akan dibuat aplikasi yang dijalankan pada kode native dan selanjutnya uji coba pada empat versi Android, yaitu versi 4.1 Jelly Bean, 4.2 Jelly Bean, 4.4 KitKat, versi 6.0 Marshmallow dan 7.0 Nougat, hasil percobaan yang dihasilkan dibandingkan sesuai dengan urutan algoritma perhitungan yang dijalankan. Algoritma yang menjadi penentu perbandingannya adalah algoritma perhitungan Quick sort, Float calculation dan Prime number yang akan dijalankan pada platform berbasis native. Hasil pengujian membuktikan bahwa ART bekerja lebih baik daripada Dalvik dari segi performa dan implementasinya.

This final project explains the comparison of Android Runtime ART and Dalvik in the Android based app. First step is creating a native based app and test it on four versions of Android, that is version 4.1 Jelly Bean, 4.2 Jelly Bean, 4.4 KitKat, 6.0 Marshmallow and 7.0 Nougat. The results that have been tested will compare three kind of calculation algorithm, that run on a native based platform. That is Quick Sort, Float calculation and Prime number algorithms. The experiment show that native C is better when used with ART rather than DALVIK in terms of performance and implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Daniel Nico Tohap
"ABSTRAK
Android merupakan sebuah sistem operasi perangkat mobile berbasis linux
yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi. Android menyediakan
platform terbuka (Open Source) yang sangat fleksibel sehingga para pengembang
dapat membuat aplikasi sendiri.
Semakin meningginya angka pengguna media sosial Twitter membuat
situs Twitter menjadi salah satu parameter popularitas suatu benda atau seseorang.
Sementara itu, menyambut Pemilihan Umum 2014, para calon presiden dari
masing-masing partai mulai melakukan kampanye baik secara langsung maupun
tidak langsung. Berdasarkan dua hal tersebut, skripsi ini mengembangkan aplikasi
yang berguna untuk mengakses data Twitter dengan topik terkait dengan aspek
politik yang dimasukkan pada fitur aplikasi.
Pada skripsi ini dilakukan pengujian aplikasi yang telah dirancang, antara
lain pengujian fungsional untuk menguji tampilan dan fungsi-fungsi program.
Juga dilakukan pengujian User Acceptance Test yaitu menguji kemudahan
aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan metode crowdsourcing.
Hasil dari pengembangan aplikasi ini berupa angka dan grafik dengan
interval waktu tertentu yang dihasilkan dari ujicoba pada pengguna smartphone
berbasis Android. Di samping itu, terdapat juga grafik penilaian pengguna
terhadap aplikasi yang telah dirancang. Hasil ini dinilai dapat mewakili angka
penyebutan dan mention dari pengguna Twitter kepada tokoh politik.

ABSTRACT
Android is an operating system is linux-based mobile devices that includes an
operating system, middleware, and applications. Android provides an open source
service in flexibly so that the developers is able to make applications
independently.
Nowadays, as number of social media is growing high, Twitter website
became one of the popularity parameters of an object or a person. Meanwhile,
ahead of the 2014 General Election, the candidates of each party began a
campaign either directly or indirectly. Based on both of these things, research was
made on the application of investigators popularity of topics related to the
political aspects of the features included in the application.
In this thesis, the designed application has been tested, such as the functional
trial to test the interface and technical function of the application. User
Acceptance Test survey also done to get information about application’s fluidity
through the crowdsourcing method.
The result of the developed application is set in number and chart in a
specified time interval which is gathered from smartphone based Android user
trial. Besides, thesis also provides the chart of users’ scoring about application
performance, interface, user-friendly and benefit. The result generated is
considered able to represent the mentional number from Twitter user to political
actor."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53963
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Icha Renisha Mulia
"Pada pesawat angiografi modern, dosis maupun DAP selama pemeriksaan ditampilkan pada panel kendali. Namun, dosis tersebut tidak secara langsung menunjukkan dosis entrans kulit, utamanya pada pusat lapangan radiasi. Dengan menggunakan perangkat lunak berbasis AndroidTM telah dilakukan estimasi dosis entrans kulit pasien berdasarkan hasil pengukuran dengan fantom polymethyl methacrylate PMMA. Dosis entrans kulit pasien yang dikalkulasi dengan mengacu pada Kerma at Reference Point Ka,r dan Dose Area Product DAP dilakukan dengan memasukkan koreksi geometrik akibat kemiringan gantri, atenuasi meja pasien, koefisien konversi kerma udara menjadi dosis serap, dan faktor hamburan balik. Hasil kalkulasi ESD merupakan dosis titik pada pusat lapangan radiasi, bukanlah dosis maksimum yang diterima kulit pasien.
Hasil kalkulasi dibandingkan dengan hasil pengukuran ESD pada simulasi dengan fantom PMMA. Penelitian dilakukan dengan pesawat angiografi Siemens Artis Zee dengan kondisi eksposi 69-87 kV dan filter tambahan 0,1 mmCu. Pengukuran dengan thermo-luminescent dosemeters TLD dilakukan pada proyeksi penyinaran posterior-anterior PA , left anterior oblique LAO , right anterior oblique RAO , cranial CRA dan caudal CAU . Diskrepansi ESD hasil kalkulasi dan ESD pengukuran memiliki rata-rata 0,66-5,25 untuk kalkulasi mengacu DAP dan 0,52-5,17 . untuk kalkulasi mengacu Ka,r.

During examination of interventional radiology, radiation dose as well as Dose Area Product DAP are shown on control panel in modern angiography devices. However, dose shown indirectly indicates entrance skin dose received by patient, especially dose at center point of radiation field. Using AndroidTM based software, estimation of entrance skin dose ESD has been done based on measurement result using polymethyl methacrylate PMMA phantom in examination simulation. Patient entrance skin dose calculated using Kerma at reference point Ka,r and DAP as input value, then corrected by geometrical factor, patient table attenuation, air kerma to dose conversion coefficient, and backscatter factor.
Calculation result then compared to measurement result of ESD on PMMA phantom. The study was performed using Siemens Artis Zee angiography with exposure condition of 69 87 kV and additional filtration 0,1 mmCu. ESD measurements were carried out with thermo luminescent dosemeters TLD , in the projection of posterior anterior PA , left anterior oblique LAO , right anterior oblique RAO , cranial CRA dan caudal CAU . Discrepancy between ESD calculation and ESD measurement ranged from 0,66 to 5,25 for calculation using DAP as reference, in the other hand calculation using Ka,r as reference has discrepancy ranged from 0,52 to 5,17.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
S67007
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harianto Adriprasetyo
"Lokalisasi robot adalah permasalahan dalam melakukan estimasi posisi dan orientasi robot dalam suatu lokasi yang diketahui sebelumnya. Untuk melakukan lokalisasi diri, robot harus memproses gambar dari kamera menjadi landmark, yaitu persimpangan crossing garis lapangan. Landmark yang terdeteksi kemudian dibandingkan dengan peta landmark garis lapangan, untuk dihitung oleh algoritma lokalisasi vision-based, yang menghasilkan data lokalisasi posisi dan orientasi. Data lokalisasi dari algoritma vision-based digabungkan dengan metode particle filter, bersama dengan odometri dan pembacaan data kompas. Hasil yang didapat antara lain persentase keberhasilan deteksi crossing 93.33 , lokalisasi dengan rata-rata error posisi sebesar 57.66cm, dan mengurangi error akibat kidnapped robot problem hingga sebesar 87.88

Robot localization is the problem of estimating the position and orientation of a robot, given a known absolute location. To achieve self localization, robot must be able to process camera images into landmarks, which is the crossing of field lines. The detected landmarks are compared to a field line landmark map to be further processed by a vision based localization algorithm, resulting in robot position and orientation estimate. The resulting localization data is then integrated with particle filter, along with odometry and compass readings. Among the achievements made in this research are 93.33 field line landmark detection success rate, self localization with 57.66cm average positional error, and reducing up to 87.88 of errors caused by the beginning of a kidnapped robot problem."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Chandra Irawan
"Teknologi SMS sebagai media komunikasi dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat IoT seperti SCADA Supervisory Control and Data Acquisition untuk pengontrolan suatu proses dalam sistem kendali industri berbasis computer . Serta sebagai alternatif yang handal pengganti media Internet untuk kendali jarak jauh. Namun, teknologi SMS masih memiliki kekurangan terhadap aksi penyadapan. Oleh karena itu pada penelitian ini dirancang pengendalian jarak jauh melalui SMS berbasis algoritma enkripsi NTRU dan kompresi GZIP yang di implementasikan pada Raspberry Pi dan perangkat Android.
Dari hasil uji coba penerapan algoritma NTRU dan GZIP pada Raspberry pi menghasilkan parameter bilangan prima 5 sampai 23 untuk membangun public key dan dalam proses enkripsi dekripsinya. Dengan rentang parameter tersebut membuat perintah dapat dikirim dalam 1 kali SMS tidak lebih dari 160-byte . Dengan menggunakan parameter optimal yaitu 23, implementasi enkrispi dan kompresi dilanjutkan pada hasil performa untuk menggerakan 3 aktuator relay, servo, dan LED PWM dengan 100 perintah yang dikirim berhasil diterjemahkan untuk dieksekusi pada aktuator.

SMS Technology as a communication medium can be used to control the IoT device for example, SCADA Supervisory Control And Data Acquisition . However, SMS technology still has a disadvantage of wiretapping. Therefore, in this study designed remote control system via SMS based NTRU Encryption and GZIP compression algorithm that is implemented on Raspberry Pi and Android devices to control the actuator.
Based on the result, the best parameter size of NTRU encryption and GZIP compression algorithm is 5 until 23 to build public key and encryption decryption process that can be sent in one time SMS not more than 160 bytes. Using the optimum parameter of 23, the encryption and compression implementation are continued on the performance result to drive three actuators relay, servo and LED PWM with 100 of the commands sent successfully decrypted for control the actuator.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68743
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>