Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zahrah Riski Sakinah
"Meningkatnya persaingan dalam bisnis membuat keunggulan kompetitif perusahaan yang didasari oleh keunggulan fungsional sudah tidak dapat diandalkan lagi (Deb et al., 2020). Hal tersebut mendorong pemasar untuk melakukan strategi pemasaran yang kreatif sehingga mampu menarik perhatian konsumen serta menjadi diferensiasi dengan merek / perusahaan lain. Salah satu strategi pemasaran efektif yang dapat diterapkan sebuah merek adalah cause related marketing (CRM). Hal tersebut dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai isu sosial (Minton, 2015), khususnya masyarakat yang termasuk ke dalam kelompok usia milenial (Bucic et al., 2012). Akan tetapi, dalam praktiknya pemasar dihadapi oleh resiko tertentu yaitu skeptisisme konsumen. Timbulnya keraguan konsumen atas klaim dalam iklan dapat mengancam hasil akshir dari program promosi tersebut. Oleh sebab itu, tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen atas klaim pemasaran yang memicu terjadinya skeptisisme konsumen serta meninjau pengaruhnya terhadap intensi berperilaku konsumen muslim milenial Indonesia. Sebagaimana penelitian sebelumnya yang telah dilakukan di India, studi ini juga menganalisis efek mediasi dari kepuasan konsumen serta peran moderasi dari religiusitas dalam hubungan antara skeptisisme pada kampanye CRM dengan intensi berperilaku. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) untuk melihat hubungan antar variabel, efek mediasi, dan moderasi dengan menggunakan aplikasi IBM AMOS 26.

Competition in business makes the company's competitive advantage based on functional advantages no longer reliable (Deb et al., 2020). This encourages marketers to carry out creative marketing strategies, therefore they can attract consumers' attention and be different from other brands/companies. One of the effective marketing strategies that companies can implement is cause-related marketing (CRM). This is influenced by public awareness of social issues (Minton, 2015), especially people belonging to the millennial group (Bucic et al., 2012). However, in practice, marketers are faced with a certain risk, namely consumer skepticism. The existence of consumer doubts over claims in advertisements can threaten the final results of the promotional program. Therefore, the purpose of this study is to analyze the factors which can influence consumer perceptions of marketing claims that trigger consumer skepticism and review their influence on consumer behavior of Indonesian millennial Muslims. Based on previous research conducted in India, this study also analyzes the mediating effect of consumer satisfaction and the moderating role of religiosity in the relationship between skepticism in CRM campaigns and behavior intention. The analytical method that will be used in this study is the Covariance based Structural Equation Model (CB-SEM) to see the relationship between variables, mediating effects, and moderation using the IBM AMOS 26."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library