Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soni Andrie Wijaya
"ABSTRAK
Praktik Humas Politik saat ini marak digunakan oleh pihak-pihak yang aktif dalam politik, termasuk pihak-pihak yang ada di dalam suatu pemerintahan. Hal tersebut juga berlaku untuk pemerintahan yang saat ini menjabat di Republik Indonesia yaitu Pemerintahan Jokowi-JK. Salah satu yang memicu perhatian serta kontroversi di publik adalah isu pengangkatan Budi Gunawan sebagai calon orang nomor satu (1) di POLRI. Kontroversi tersebut muncul lantaran tidak lama setelah dijadikan calon tunggal KAPOLRI oleh Presiden Joko Widodo, Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Setelah itu satu persatu pimpinan KPK dijadikan tersangka oleh POLRI dengan berbagai kasus yang beragam. Isu pengangkatan Budi Gunawan oleh Presiden Jokowi akan dibahas melalui konsep Agenda Building. Konsep tersebut menyatakan bahwa isu di media tidak terlepas dari berbagai kepentingan, termasuk kepentingan politik yang dapat menjadikan salah satu isu menjadi fokus dari media itu sendiri, dan tidak jarang nantinya berlanjut menjadi fokus publik.

ABSTRACT
Political Public Relations is common to be used by the parties who are active in politics, or the parties who are stand in government side. Those also applied to the current government era of Republic of Indonesia, Joko Widodo?s era. One of the issues that have raised the public concern and controversy was the promotion of Budi Gunawan as the chief in POLRI. The controversy arose because not long after Mr. Jokowi appointed Budi Gunawan?s promotion as the only candidate for chief position in POLRI, Budi Gunawan was named as suspect by KPK. Afterward, each KPK?s leader was named as a suspect for several cases by POLRI. Budi Gunawan?s promotion issue by President Joko Widodo will be reviewed by agenda building concept. Those concept said that the issues in media cannot be separated from several interests, including political interest that can make one issue become a focus for the media itself, and not seldom it will become a focus for public too.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Soni Andrie Wijaya
"Setiap kelompok yang berkompetisi biasanya memiliki penggemar. Penggemar selalu hadir untuk mendukung idolanya. Seiring dengan berkembangnya teknologi kini seorang penggemar dimampukan untuk mengirim pesan atau komentar kepada idolanya. Interaksi pun terjadi antara penggemar dengan idolanya melalui sosial media. Dari terpaan informasi melalui sosial media tersebut akhirnya seseorang menjadi anggota fandom untuk yang diidolakannya. Seperti misalnya seorang yang tergabung dalam fandom terhadap klub Sepakbola yang diidolakannya. Ia tidak akan segan untuk menandai klub tersebut bahkan menandai personel klub tersebut dalam komentar yang disampaikanya. Meskipun komentar dan semangat yang disampaikan tidak pernah dibalas oleh idolanya hal itu tidak menyurutkan niat sang penggemar untuk mendukung idolanya. Namun ada juga seorang penggemar yang menyampaikan kritik agar idolanya menjadi lebih baik lagi.
Dalam fandom sendiri juga erat kaitannya dengan kehadiran penggemar dan antifans. Antifans mendasari perilakunya dengan kebencian dan rasa muak. Sehingga kerapkali komentar yang disampaikan adalah hinaan. Seringkali anggota fandom yang merupakan seorang penggemar dan seorang antifans berkonflik. Di mana sang penggemar membela idolanya dari segala kritik dan hinaan. Serta hal inilah yang menjadikan kolom komentar pada akun sosial media dari suatu komunitas penggemar menjadi interaktif. Konflik yang terjadi tentunya dipicu oleh rivalitas antara penggemar satu kelompok dengan penggemar kelompok lainnya dan keduanya saling familiar karena saling mengamati perkembangan rivalnya.
Dari komentar- komentar yang disampaikan tersebut penulis menyimpulkan terdapat tipe pelontar komentar yakni fanatik positif, realistis, dan fanatik negatif. Komentar- komentar yang disampaikan juga dibagi menjadi empat tipe yakni komentar membela, komentar menyemangati, komentar kritik, dan komentar menghina. Dari studi fandom ini penulis juga menjelaskan tingkatannya yakni entertainment social level ,personal intense level, dan borderline pathological. Melalui tiga faktor utama tersebut yakni tipe pembicara, tipe pembicaraan, serta tingkatan fandom. Penulis hendak menjelaskan mengapa hubungan berbasis medium digital tersebut dapat bertahan. Temuan studi ini membuka peluang hubungan parasosial yang awalnya di tingkat personal sangat mungkin untuk dikaji dalam level kelompok. Hal ini di dorong oleh teknologi yang memudahkan pembentukan & kolaborasi.

Every group that compete in competition usually has a fans. The fans always there to support their idol.Along with the development of technology, a fan is now enabled to send messages or comments to his idol. Interaction between a fan and his idol also happen through social media. Through information exposure by the social media finally a fan can be a member of fandom. As an example a person that joined in the fandom of football club that he love. He will never regret to tag the club or even the club's member in the comment that he sent. Eventhough the comments and the support that was sent never been replied by his idol. This issue never decrease the will from the fan to support his idol. But also there's a fan that send the critics to his idols to be better.
In the 'fandom' itself has a closely related between the presence of fans and antifans. Antifans underlies his behavior with hatred and disgust. So that usually the comments that he sent was the insults. More often a member of fandom and antifans were in conflict. And this is the reason that makes the comment column can be interactives. The conflict is certainly triggered by rivalry between supporters of one group and supporters of the other groups and both are familiar with each other as they observe the development of their rivals.
From the comments conveyed, the authors conclude that there are types of commentators namely positive, realistic, and negative fanatics. The comments delivered were also divided into four types namely defensive comments, encouraging comments, critical comments, and derogatory comments. From this fandom study the authors also explained the level of entertainment social level, personal intense level, and borderline pathological. Through these three main factors, namely the type of speaker, type of conversation, and the level of fandom. The author wants to explain why digital media- based relationships can survive. The findings of this study open opportunities for parasocial relations which at the personal level are initially very likely to be studied at the group level. This is driven by technology that facilitates the formation & collaboration.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T52518
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library