Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reihan Putra
"3D printer merupakan sumber daya yang terus berkembang dan bertambah penggunanya, baik digunakan dari konsumer kecil hingga industrial. Penggunaan 3D printer pada umumnya masih menggunakan cara konvensional dimana pengguna harus mengoperasikan alat ditempat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun Remote 3D printer sehingga 3D Printer bisa diakses secara wireless dan melakukan analisis pada skenario indoor yaitu 6 skenario dengan jenis penghalang yang berbeda-beda untuk mendapatkan kondisi optimal dari perangkat agar bisa bekerja secara maksimal. Raspberry pi bekerja sebagai server antara 3D printer dengan user sehingga user dapat memonitor dan mengendalikan 3D printer dari perangkat lain secara web-based. Berdasarkan pengujian didapat performansi sistem bekerja dengan optimum pada skenario LoS dengan nilai RSSI -65 dBm dan nilai throughput 1.4 x 107 Bits/s untuk sistem monitoring.

3D printer is a growing resources that number of user's keep increasing. Both are used from small to industrial consumers. The use of 3D printer's in general is still using conventional methods where the user have to operate the printer directly. This study aims to design remote web-based 3D Printer so it can be operated wirelessly, then analyze the communication performance of Remote 3D printer in indoor scenario which varied by the kind of barrier used into 6 scenarios to obtain optimal conditions of the device in order to work optimally. Raspberry pi works as a server between 3D printer's and user's so that user's can monitor and control 3D printer's from other device's on a web-based basis. Based on the testing, it is found that the system performance works with the optimum in the LoS scenario with a RSSI value of -65 dBm and a throughput value of 1.4 x 107 Bits / s for the monitoring system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reihan Putra
"Jumlah pemain video game di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Mudahnya akses game tentunya membuat tidak sedikit orang yang mengalami adiksi. Pada tahun 2019 WHO menetapkan adiksi pada game sebagai sebuah penyakit. Dari berbagai genre, salah satu yang paling membuat adiksi adalah genre MMORPG. Saat ini game MMORPG yang menguasai pasar adalah Final Fantasy XIV dengan 27 juta pemain. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong adiksi pada game MMORPG khususnya Final Fantsay XIV. Penlitian ini menggunakan teori MMORPG Affordance dan Motivation Factors sebagai model penelitian. Berdasarkan 132 data yang valid, terdapat tiga hipotesis yang signifikan dalam mempengaruhi adiksi. Penelitian ini memberikan pembuat kebijakan dan pengambil keputusan wawasan untuk mencegah kecanduan MMORPG untuk menciptakan taman bermain virtual yang sehat.

The number of video game players in the world continues to increase every year. Easy access to games certainly makes not a few people experience addiction. In 2019 WHO defined game addiction as a disease. Of the various genres, one of the most addictive is the MMORPG genre. Currently the MMORPG game that dominates the market is Final Fantasy XIV with 27 million players. This study seeks to find out what factors drive addiction to MMORPG games, especially Final Fantsay XIV. This research uses the MMORPG Affordance theory and Motivation Factors as a research model. Based on 132 valid data, there are three hypotheses that are significant in influencing addiction. This research provides policy makers and decision makers with insights to prevent MMORPG addiction to create a healthy virtual playground."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library