Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Herlina Limyati
"ABSTRAK
Bekal pendidikan perlu dimiliki oleh semua orang agar dapat bertahan
hidup di jaman modem ini. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang
sama untuk menempuh pendidikan, salah satunya adalah kelompok disadvantaged
children atau anak-anak yang kurang bemntung. Di Indonesia, pengertian
disadvantaged children dapat dilihat dengan kriteria keluarga pra sejahtera. Bekal
pendidikan sangat penting bagi anak-anak ini agar dapat bertahan hidup dan
memperbaiki taraf hidup mereka sehingga tidak hidup selamanya dalam
kemiskinan.
Dalam pendidikan, motivasi menjadi unsur yang penting untuk
dikembangkan karena dapat menolong siswa untuk terns bersemangat dalam
belajar. Siswa yang kurang bemntung pada dasamya memiliki semangat belajar yang tinggi, tetapi tertinggal dalam hal stimulasi pendidikan dan kondisi lain,
seperti kesehatan, nutrisi, perhatian dan sikap orang tua twhadap pendidikan.
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai motivasi belajar
pada siswa yang kurang beruntung di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Daerah ini
merupakan salah satu daerah IDT. Alat ukur yang dipakai adalah skaia motivasi
belajar yang disusun berdasarkan karakteristik motivasi belajar dari Woolfolk
(1993). Jumlah sampel penelitian ini adalah 105 orang, terbagi dalam 3 kelompok
kelas dari kelas 4 sampai kelas 6 SD dengan usia antara 9-14 tahun. Rumus yang
digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas adalah rumus Pearson's Product
Moment dan koefisien alpha Cronbach. Metode pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan rumus frekuensi, nilai rata-rata, dan one wayANOVA.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa taraf motivasi belajar pada
siswa kelompok ini berada antara - ISD sampai + 1 SD, atau bertaraf sedang.
Dilihat juga ada perbedaan nilai rata-rata skor motivasi belajar yang bermakna
pada perbandingan kelas 4, 5, dan 6. Pada uji perbedaan nilai rata-rata keenam
aspek motivasi belajar ditemukan bahwa ada lima aspek yang menunjukkan
perbedaan nilai rata-rata yang bermakna berbeda, sedangkan satu aspek, yaitu
aspek kebutuhan untuk berprestasi tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna
dan aspek ini juga memiliki nilai rata-rata yang tertinggi. Saran untuk penelitian
selanjutnya adalah perbaikan alat ukur pemilihan sampel dengan kriteria v
lebih spesifik, penambahan jumlah sampel, dan perbandingan dengan kelompok
anak disadvantaged lainnya."
1999
S2374
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Herlina Limyati
"ABSTRAK
Salah satu gangguan klinis yang dapat terjadi pada masa perkembangan adalah Attention-Deficit Hyperactmty Disorder (ADHD). Terdapat lebih dari separuh populasi anak dengan ADHD yang mengalami kesulitan dalam hubungan interpersonalnya dengan anak lain, orang tua, dan guru. Perilaku anak-anak tersebut menimbulkan respons negatif dari lingkungan teman sebayanya yang mengakibatkan munculnya tingkat penolakan yang tinggi terhadap mereka. Mereka dianggap mengganggu, sebagai penyebab keributan, sulit menyesuaikan diri, dan mudah
tersinggung. Hal itu dikaitkan dengan karakteristik perilaku mereka yang bersifat
inatentif, hiperaktif, dan impulsif.
Intervensi dini terhadap anak yang menunjukkan simtom ADHD penting untuk dilakukan guna mengurangi kemungkinan munculnya perilaku agresif, oposisional, dan perilaku hiperaktif-impulsif di tahapan usia selanjutnya. Intervensi tersebut diharapkan dapat membantu mengembangkan interaksi yang positif antara orang tua dengan anak serta meningkatkan fungsi adaptasi anak di lingkungan keluarga dan sekolah. Pelatihan keterampilan sosial merupakan salah satu penanganan yang dapat membantu anak dengan ADHD dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihan keterampilan sosial, dalam ha! ini dipilih keterampilan mengikuti instruksi (following
histruction) sebagai sasaran perilaku. Keterampilan mengikuti instruksi ini dipilih
karena merupakan keterampilan yang mendasar untuk dikuasai oleh anak agar dapat
terlibat aktif dalam kegiatan sehari-hari serta merupakan prasyarat untuk menguasai
keterampilan yang lebih kompleks.
Berdasarkan analisis, rancangan program pelatihan ini perlu memusatkan perhatian pada satu aspek perilaku yang lebih spesifik. Selain itu, generalisasi penguasaan keterampilan yang dilatihkan memerlukan waktu yang lebih lama dan perlu dilakukan secara bertahap pada setting yang berbeda-beda."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38126
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library