Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Adi Yasir Maulana P.
"Program pembangunan kota yang bersih dan nyaman menjadi idaman serta tujuan dari pemerintah kota di seluruh Indonesia namun program tersebut menjadi terhambat akibat permasalahan sampah yang tidak dikelola dengan terencana. Metode komposting yang dianggap sesuai untuk daerah perkotaan seperti di Jakarta adalah Tromol Komposter.Alat ini dapat membuat sampah organik menjadi kompos dengan cara memutarnya didalam tabung sehingga menjaga proses komposting pada temperatur operasi yaitu 40°C - 70°C. Saat ini banyak hasil rancangan Tromol Komposter menggunakan kayuhan tenaga manusia (konvensional) sedangkan kondisi masyarakat perkotaan memiliki budaya tidak menyita waktu dan tenaga. Disamping itu, rancangan konvensional tidak dapat menjaga kondisi pengomposan sehingga memakan waktu 7-15 hari untuk menghasilkan kompos. Untuk itu dilakukan pengembangan dengan menggunakan motor listrik AC yang dapat diputar dengan otomatis sehingga tidak menyita waktu dan tenaga serta lebih dapat menjaga temperatur operasional pengomposan sehingga mempercepat hasil kompos menjadi 5 hari.Sumber energi yang digunakan motor listrik dapat menggunakan panel surya yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dan dapat menggunakan dari perusahaan listrik. Sumber energi panel surya pada penelitian ini hanya sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini melakukan pengambilan data penurunan temperatur antara metode konvensional dan menggunakan motor AC agar dapat diketahui metode yang tepat untuk menjaga kondisi temperatur operasional pengomposan. Penelitian ini juga memberikan hasil untuk menurunkan 1_C dibutuhkan waktu 13,89 menit dengan menggunakan motor AC sedangkan dengan menggunakan kayuhan tenaga manusia membutuhkan waktu 31,25 menit. Hal ini menunjukkan untuk menjaga temperatur operasional proses komposting didalam tabung dibutuhkan putaran konstan pada tabung putar sehingga dapat mempercepat waktu pengomposan. Dengan demikian penelitian ini membantu memberikan solusi terhadap pengolahan sampah di daerah perkotaan.

Program balmy and clean town development become the intention of town government of Indonesia but the the program become pursued effect of garbage problems which is not managed. The Method of composting assumed by according to for the urban district as in Jakarta is Tromol Komposter. This earn to make organic garbage become compost by turning around it in tube so that take care of process composting at temperature operate for that is 40°C - 70°C. In this time a lot of result of device of Tromol Komposter use paddling of manpower (conventional ) while town culture do not confiscate time and energy. Beside that, conventional device cannot take care of condition composting so that eat time 7-15 day to yield compost. For that be done development by using electromotor of revolvable AC automatically so that do not confiscate time and energy and also more earn to take care of temperature of operational composting so that quicken compost result become 5 day. Source of electromotor earn to use photovoltaic (PV) which can alter power of sunlight become power electrics and earn to use from electrics company. Source of photovoltaic (PV) at this research only upon which study. This research intake of data of temperature degradation between conventional method by using motor AC so that the correct method to take care of condition of temperature of operational composting. This research also give result to degrade 1_C required 13,89 minute by using electromotor of AC while by using paddling of manpower require time 31,25 minute. So that show to take care of operational temperature process composting in tube required a constant tube turn around so that earn to quicken timecomposting. Thereby this research assist to give solution to processing garbage in urban district."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37895
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Adi Yasir Maulana P.
"ABSTRAK
Pada kompetisi global saat ini, perusahaan berlomba-lomba menunjukkan keunggulan daya saingnya baik yang didorong dari kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Kondisi eksternal merupakan salah satu faktor yang kuat mendorong perusahaan untuk terus berupaya berkompetisi. Untuk itu, perusahaan mempunyai perhatian yang khusus terhadap kondisi eksternal tersebut dengan melakukan kegiatan kegiatan corporate social responsibility (CSR).
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan perusahaan yang penting dalam mempengaruhi value creation perusahaan yang memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan (keuangan dan non keuangan). Namun tidak semua kegiatan CSR berdampak positif bagi perusahaan dikarenakan CSR tidak menyentuh core business atau dapat dikatakan tidak stratejik. Penelitian ini menekan bahwa kegiatan CSR yang stratejik terbagi atas lima dimensi centrality, specificity, proactivity, visibility dan voluntarism akan mempengaruhi value creation perusahaan (Burke & Logsdon, 1996) sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan.
Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus PT Astra International Tbk yang diharapkan mendapatkan informasi dan pemahaman yang lebih mendekati pada konteks sehingga perusahaan dapat melihat persepsi stakeholder baik dari internal dan eksternal perusahaan dari program CSR yang dijalankan.

ABSTRACT
In today's global competition, companies are competing to show the advantages of both the driven competitiveness of the internal and external conditions. External condition is one of the factors that could strongly encourage companies to continue to compete. Because of that, the company has a focus on the external conditions by conducting activities of corporate social responsibility (CSR).
Corporate Social Responsibility (CSR) is an important corporate activities that affect value creation in companies that have an impact on firm performance (financial and non-financial). However, not all CSR activities have positive impacts for the company because the CSR does not touch the core business or can be said to be strategic. This study stressed that CSR activities are divided into five dimensions of strategic centrality, specificity, proactivity, voluntarism and visibility will affect the company's value creation (Burke & Logsdon, 1996) thus affecting the performance of the company.
This study used a qualitative method focusing on a case study of PT Astra International Tbk. It is expected to gain more information and understanding of the specific context in the field study in order to make the company notices the perception of the stakeholders both internal and external regarding the implementation of CSR programs in PT. Astra International Tbk.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T45472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Adi Yasir Maulana P.
"ABSTRAK
Pada kompetisi global saat ini, perusahaan berlomba-lomba menunjukkan
keunggulan daya saingnya baik yang didorong dari kondisi internal maupun
eksternal perusahaan. Kondisi eksternal merupakan salah satu faktor yang kuat
mendorong perusahaan untuk terus berupaya berkompetisi. Untuk itu, perusahaan
mempunyai perhatian yang khusus terhadap kondisi eksternal tersebut dengan
melakukan kegiatan kegiatan corporate social responsibility (CSR).
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan
perusahaan yang penting dalam mempengaruhi value creation perusahaan yang
memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan (keuangan dan non keuangan).
Namun tidak semua kegiatan CSR berdampak positif bagi perusahaan
dikarenakan CSR tidak menyentuh core business atau dapat dikatakan tidak
stratejik. Penelitian ini menekan bahwa kegiatan CSR yang stratejik terbagi atas
lima dimensi centrality, specificity, proactivity, visibility dan voluntarism akan
mempengaruhi value creation perusahaan (Burke & Logsdon, 1996) sehingga
mempengaruhi kinerja perusahaan.
Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus PT Astra
International Tbk yang diharapkan mendapatkan informasi dan pemahaman yang
lebih mendekati pada konteks sehingga perusahaan dapat melihat persepsi
stakeholder baik dari internal dan eksternal perusahaan dari program CSR yang
dijalankan.

ABSTRACT
In today's global competition, companies are competing to show the
advantages of both the driven competitiveness of the internal and external
conditions. External condition is one of the factors that could strongly encourage
companies to continue to compete. Because of that, the company has a focus on
the external conditions by conducting activities of corporate social responsibility
(CSR).
Corporate Social Responsibility (CSR) is an important corporate activities
that affect value creation in companies that have an impact on firm performance
(financial and non-financial). However, not all CSR activities have positive
impacts for the company because the CSR does not touch the core business or can
be said to be strategic. This study stressed that CSR activities are divided into five
dimensions of strategic centrality, specificity, proactivity, voluntarism and
visibility will affect the company's value creation (Burke & Logsdon, 1996) thus
affecting the performance of the company.
This study used a qualitative method focusing on a case study of PT Astra
International Tbk. It is expected to gain more information and understanding of
the specific context in the field study in order to make the company notices the
perception of the stakeholders both internal and external regarding the
implementation of CSR programs in PT. Astra International Tbk."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library