Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Herawati Zetha Rahman
"Kesalahan diskretisasi dalam melode elemen hingga hampir selalu terjadi pada setiap pemodelan. Kualitas hasil analisa sangat berganfung pada model elemen hingga. Akurasi dan reliabilitas hasil dapat ditingkatkan dengan pemodelan yang lebih baik. Kesalahan akan berkurarag jika ulmran pembagian elemen (melode h) semakin kecil atau derajat polinomial (melode p) pada fungsi pendekaran samakin tinggi. Hal yang menjadi perhalian adaiah bagaimana mengestimasi besarnya kesalahan, batas kesalahan yang ditolerir dan strategi diskritisasi. Dalam penulisan ini, akan ditunjukkan bagaimana mengeslinasi kesalahan dari solusi elemen hingga dan upaya yang dilakukan untuk memperkecil kesalahan tersebut dengan cara membemuk jaringan adaptif. Estimator kesalahan yang digunakan adalah model Zienkiewicz dan Zhu yang berbasiskan pada pemulihan tegangan terhadap hasil solusi elemen hingga yang nonkontinu menjadi kontinu. Implementasi estimator kesalahan ini diaplikasikan pada program FEAPpv dengnn menggunakan elemen membran Q-4 Pian-Sumihara. Dari hasil penelitian yang dilakukan akan dilihat bagaimana estimator ini menyelesaikan berhagai masalah strukrur membran dan dapat digunakan sebagai panduan untuk penghalusan jaringan secara adapaptif."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T6369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herawati Zetha Rahman
"Railways play a significant role in daily life, offering speed, safety and massive capacity for delivering people from one place to another. However, developing countries such as Indonesia are currently encountering problems related to Operation and Maintenance (OM) contracts. Railway operators are mostly experiencing a negative rate of return when operations depend only on farebox revenue. Thus, an alternative approach that includes government involvement should be instigated to improve project performance. This research aims to evaluate the contract agreement between the state, in the form of the Ministry of Transportation, and business entities in the operation and maintenance phase. The Makassar–Parepare railway section on Sulawesi Island is used as a case study. The study uses a combination of qualitative and quantitative approaches that follow three stages: assessing the initial design; generating an alternative OM scheme; and propose a suitable OM scheme. The results indicate five components that should be considered when developing an OM contract, namely the tariff, risk, feasibility, subsidy and period of the contract. The study recommends a five-year contract for operation and maintenance, and the government should assign a business entity to manage available assets in the project."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library