Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fathra Annis Nauli
"Prevalensi depresi pada lansia di Indonesia sebesar 30% (Komnas lansia, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh logoterapi lansia dan psikoedukasi keluarga terhadap penurunan depresi, harga diri rendah, ketidakberdayaan, keputusasaan, isolasi sosial dan peningkatan kemampuan memaknai hidup pada lansia di Kelurahan Katulampa Bogor Timur. Desain penelitian quasi eksperimental pre test-post test with control group. Sampel berjumlah 72 orang, 36 orang kelompok intervensi dan 36 orang kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan lansia yang diberikan logoterapi lansia dan psikoedukasi keluarga mengalami penurunan lebih besar bermakna terhadap depresi, harga diri rendah, ketidakberdayaan, keputusasaan, isolasi sosial dan peningkatan kemampuan memaknai hidup dibandingkan dengan lansia yang hanya diberikan psikoedukasi keluarga (p value < α 0.05). Logoterapi lansia dan psikoedukasi keluarga direkomendasikan pada lansia depresi dengan diagnosa keperawatan harga diri rendah, ketidakberdayaan, keputusasaan dan isolasi sosial.

Depression is a major problem for elderly, and the prevalence rate of depression among elderly in Indonesia is around 30% (Komnas Lansia, 2011). The aim of this study was to determine the effect of logotherapy and family psychoeducation on depression, low self-esteem, powerlessness, hopelessness, social isolation, and the ability to look upon the meaning of life among elderly in Katulampa village of East Bogor. The research design was quasi-experimental pre-post test with control group. The sample of this research are 72 respondents, 36 respondents in the intervention group and 36 respondents in the control group.
The results showed a significant decrease of depression, low self-esteem, powerlessness, hopelessness, social isolation, and an increase in meaning life ability among the elderly who receive logotherapy and family psychoeducation compared to the elderly only receive a family psychoeducation (p value < α 0.05). Therefore, the logotherapy and family psychoeducation are recommended for the elderly with depression who are diagnosed with low self-esteem, powerlessness, hopelessness and social isolation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fathra Annis Nauli
"Harga diri rendah situasional adalah Evaluasi diri atau persepsi diri negatif tentang harga diri sebagai respon terhadap situasi saat ini (Herdman, 2012). Terapi kognitif adalah suatu proses mengenali atau mengidentifikasi pikiran – pikiran yang negative dan merusak yang dapat mendorong ke arah rendahnya harga diri dan depresi yang menetap (Granfa, 2007). Psikoedukasi keluarga merupakan terapi yang memberikan informasi, pengetahuan dan mengajarkan keluarga tentang bagaimana manajemen stres keluarga yang mengalami distress sehingga keluarga memahami dan menggunakan koping dalam penyelesaian masalah yang terjadi di keluarga (Goldenberg, I dan Goldenberg, H, 2004).
Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah menggambarkan hasil manajemen kasus harga diri rendah situasional dan kemampuan pasien dan keluarga (care giver) dalam mengatasi harga diri rendah situasional dengan penerapan terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga dengan pendekatan model adaptasi Roy. Penerapan terapi kognitif pada pasien dan psikoedukasi pada care giver dilakukan pada 33 orang pasien di ruang Cempaka Atas dan Bedah kelas RSUP Persahabatan pada kurun waktu 20 Februari - 20 April 2012.
Hasil terapi kognitif sangat efektif pada 33 pasien menunjukkan mampu mengatasi pikiran negatif dan peningkatan kemampuan dalam mengatasi harga diri rendah situasional. Psikoedukasi keluarga juga menunjukkan efektifitasnya dimana sebanyak 33 care giver mampu merawat pasien dengan harga diri rendah situasional, manajemen ansietas dan manajemen beban pada keluarga.
Berdasarkan hasil di atas perlu direkomendasikan bahwa terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga dapat dijadikan standar terapi spesialis keperawatan jiwa untuk pasien dan care giver dengan harga diri rendah situasional dan perlu disosialisasikan pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan.

Situational low self-esteem is development of a negative perception of self-worth in response to a current situation (Herdman, 2012). Cognitive therapy is a process to recognize or identify the mind negative and destructive thoughts that can lead to low self-esteem and depression that permanent (Granfa, 2007). Family psychoeducation is a therapy that provides information, knowledge and teach families about how families experiencing stress management so that families understand the distress and the use of coping in the resolution of problems that occur in families (Goldenberg, I, and Goldenberg, H, 2004).
The goal of this scientific paper is to describe the results of case management situational low self esteem and the ability of the patient and the family to overcome situational low self esteem with the application of cognitive therapy and family psychoeducation by using Roy’s adaptation model. cognitive therapy and family psychoeducation is done for 33 patients along with general therapy in Cempaka atas and Bedah class room at range of time 20 February - 20 April 2012.
The results of cognitive therapy is effective in 33 patients showed able to overcome negative thoughts and increased ability to cope with situational low self esteem. Family psychoeducation also show effectivelly as much 33 care givers able to caring patients with situational low self esteem, anxiety management and management burden on the family.
Based on the above results need to be recommended that cognitive therapy and family psychoeducation can be used as standard therapy of nursing specialist for patient and care giver with situational low self esteem and require to be socialized at all of health service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library