Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Enggar Cahya Firdaus
"Kapal pelat datar adalah sebuah kapal yang lambungnya disusun oleh pelat-pelat datar. Dengan diaplikasikannya diamond plate pada kapal pelat datar ini, diharapkan dapat mengurangi nilai tahanan gesek maupun tahanan total pada kapal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dimensi optimum dari diamond plate dengan menggunakan pelat tebal 6 mm dan 8 mm. Metode yang digunakan yaitu dengan menganalisa kekuatan, pengujian struktur mikro dan makro untuk mengetahui kekuatan dan perubahan struktur dari logam setelah pengelasan. Dimensi didapat dengan melakukan pengukuran jarak antar HAZ menggunakan measuring microscope.
Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa dimensi optimum untuk diamond plate untuk pelat tebal 6 mm lebih besar sekitar 2% - 9% dibandingkan pelat tebal 8 mm. Namun hal ini bukanlah patokan, karena dilihat dari hasil foto makro, hasil lasan pada pelat tebal 8 mm kurang memenuhi syarat dibanding pelat 6 mm. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengukuran pada percobaan ini belum sepenuhnya efektif dalam menentukan dimensi diamond plate.

Flat Hull ship is a ship that its hull composed by flat plates. The implementation of diamond plate on a flat hull ship is expected to reduce the frictional resistance or total resistance of the ship. The purpose of this study to determine the optimum dimensions of the diamond plate with 6 mm and 8 mm plate thickness. The method used is to analyze the strength, microstructure and macro tests to determine the strength and structural changes of the metal after welding. Dimensions obtained by measuring the distance between the HAZ using a measuring microscope.
The results of testing showed that the optimum dimensions for the diamond plate with 6 mm plate thickness is larger about 2% - 9% compared to 8 mm thick plate. However this is not the final benchmark, as seen from the results of the macro picture, the welds in 8 mm thick plate is less qualified than 6 mm plate. This suggests that the results of measurements in this experiment has not been fully effective in determining the dimensions of diamond plate.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1947
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Enggar Cahya Firdaus
"ABSTRAK
Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia dan untuk mendukung pengembangan potensi laut Indonesia serta menghubungkan antar pulau satu dengan pulau yang lainnya maka diperlukan sebuah moda transportasi yakni kapal. Untuk mempermudah pembuatan kapal, maka berkembang ide pembuatan Kapal pelat datar (flat plate ship). Desain kapal pelat datar ini dari segi konstruksi mudah dibuat dan dapat diproduksi secara massal dengan harga yang lebih murah. Tetapi untuk mengetahui kelayakan dari kapal pelat datar diperlukan perhitungan kekuatan kapal itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimasi dimensi dan posisi diamond plate pada sambungan kapal pelat datar dan untuk mengetahui tegangan yang dihasilakan pada kapal dengan diamond plate dibandingkan dengan yang tidak menggunakan diamond plate dengan bantuan pemodelan Finite Element Analysis (FEA). Metode yang digunakan yaitu melakukan simulasi terhadap sample diamond plate dengan berbagai posisi dan dimensi. Kemudian melakukan simulasi gelombang sagging-hogging terhadap kapal pelat datar tanpa diamond dan kapal pelat datar ber-diamond plate. Dari hasil simulasi didapat bahwa kapal pelat datar ber-diamond plate menghasilkan stress yang lebih kecil sebesar 33.17% pada gelombang sagging dan 37.24% pada gelombang hogging dibandingkan dengan yang tidak menggunakan diamond plate.

Indonesia is the largest archipelago in the world and to support the
development potential of the sea between the islands of Indonesia and connect one
with the other islands will require a mode of transportation that ship. To facilitate
the shipbuilding, then evolved the idea of making a flat plate ship. This flat plate
ship design in terms of construction are easy to make and can be mass produced at
a price to be cheaper. However, to determine the feasibility of a flat plate ship, it
required the strength calculations of the ship itself.
The purpose of this study is to
optimize the dimensions and position of the diamond plate in flat plate ship and to
determine the stress generated on the ship using diamond plate compared with
those not using diamond plate with the help of modeling of Finite Element
Analysis (FEA). The method used is to simulate the sample of diamond plate with
a variety of positions and dimensions. Then simulate the sagging-hogging wave
on the flat plate ship without the diamond plate and flat plate ship with diamond
plate. From the simulation results obtained that flat plate ship with diamond plate
produces less stress on the tides by 33.17% on the sagging wave and 37.24% on
hogging wave compared with those not using diamond plate."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library