Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darmabrata
"Buku ini merupakan buku pelajaran menulis huruf Jawa. Disertai dengan ilustrasi yang diambil dari kutipan kisah pewayangan. Sementara di bagian belakang ada serangkaian cerita mengenai asal-usul aksara ha, na, ca, ra, ka dan seterusnya. Contoh-contoh dari bacaan sederhana, bentuk tembang, pengenalan angka pada halaman akhir dari buku ini."
Djakarta: J. B. Wolters, 1954
BKL.0126-BA 8
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Darmabrata
"Buku ini berisi pelajaran membaca aksara Jawa. Mulai dari carakan Hanacaraka, legena, kemudian sandhangan a, i, u, e, o hingga pangkon."
Jakarta: J.B. Wolters, 1952
BKL.0190-BA 19
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
Darmabrata
345 Dar k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Darmabrata
614.15 Dar p (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pramudita Darmabrata
"Studi yang membahas masalah pedagang kaki lima telah banyak dilakukan baih oleh negara-negara berkembang maupun oleh para ahli dari negara maju. Namun masih banyak juga kaki lima menjadi masalah sosial perkotaan di negara-negara berkembang, Indonesia termasuk diantaranya mengemban masalah ini.
Permasalahan sesungguhnya oleh para ahli dikemukakan karena kesalahan cara melihat PKL. Mereka dianggap sebagai masalah sosial yang perlu diberantas. Selain itu mereka juga dipisahkan dari sektor perekonomian modern dan di labelkan sebagai sektor ekonomi informal. Mereka adalah komunitas tersendiri yang masih menjalankan sistem perekonomian tradisional, yang mereka jalankan tanpa modal yang besar untuk memulainya. Ini berjalan bukan tanpa sebab. Modus ekonomi tradisional ini berjalan alas dasar latarbelakang kultur adat asal mereka masing-masing. Kedua adalah karena latar belakang ekonomi mereka yang rendah, hanya dapat menyediakan modal kecil, dan dapat mengandalkan sistem kekerabatan mereka yang erat untuk menjalankan usahanya.
Studi ini bertujuan mencari alternatif pemecahan masalah penataan kaki lima dengan perspektif pendekatan sosiologi perkotaan dan planologi perkotaan, dengan memilih lokasi penelitian di Pasar Baru Kota Bekasi. Yang dipelajari, sebagaimana seharusnya untuk tiap proses membuat kebijakan seharusnya diawali dengan assesment seperti berikut, adalah bagaimana karakteristik sosioekonomi PKL, untuk menganalisa apa yang menjadi kebutuhan, hambatan dan potensi mereka Kemudian meninjau, apa konsep yang dimiliki pemda kota, sebagai penyelenggara publik kota, dalam menangani PKL.
Bagaimana strategi, perencanaan tata ruang kota dan pelaksanaan kebijakan-kebijakannya dilapangan?.
Metade yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif, dengan penekanan analisa secara kualitatif. Analisa kuantitatif digunakan sebagai dukungan data profil PKL yang nyata dalam menganalisa temuan-temuan penelitian. Profit PKL dan karakteristik sosioekonominya dalam penelitian ini hanya sebatas untuk menemukan kebutuhan, potensi dan pola kehidupan aktivitas mereka Sedangkan untuk analisa tingkat makro, yaitu. tinjauan perkotaannya, lebih efektif dianalisa dengan metode kualitatif Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk 50 pedagang kaki di Pasar Baru Bekasi. Penelitian kualitatif adalah dengan melakukan indept interview dengan beberapa pejabat pemkot Bekasi terkait. Termasuk pula di tingkat camat dan kelurahan. Ditambah wawancara dengan beberapa konsumen pasar dan warga kota untuk mendapatkan opini dan aspirasi mereka.
Dari penelitian ditemukan bahwa karakter pedagang tradisional, termasuk PKL, berasal dari latarbelakang kultural rnereka masing-masing yang embedded dalam kehidupan mereka, bahkan dalam organisasi perniagaan mereka Sedangkan pedagang di Pasar Baru Bekasi berasal dari bermacam etnis. Ini menjadi hal yang unik sekaligus rumit yang menjadikan warna kemasyarakatan di pasar itu. Untuk pengelolaannya diperlukan konsep bottom up untuk efektivitas manajemennya di tingkat mikro maupun makro.
Pola berdagang ekonomi subsisten yang "menjemput" konsumen dengan berdagang di tempat-tempat strategis dan terbuka, mengakibatkan mereka memadati bahu jalan, bahkan sampai sebagian dari badan jalan, menghambat lalu lintas kota dan memperburuk pemandangan kota. Maka perlu strategi untuk dapat mengakomodasi keberadaan mereka disertai dengan regulasi-regulasi yang perlu disepakati stakeholder kota dalam masalah ini.
Hans Dieter Evers memberikan perspektif untuk jalan pemecahan masalah perkotaan dari segi sosiologi perkotaan, yang menjadi problem klasik negara-negara berkembang di Asia Tenggara. Evers memberikan teori Image of the City yang dikemukakan Kevin Lych untuk melihat kembali kepada pikiran mendasar sederhana, yaitu dengan mengurai analisa elemen-elemen dasar kota. Sedangkan di tingkat kebijakan perkotaan penulis merekomendasikan langkah-langkah yang di ajukan oleh John M Bryson untuk menyepakati kembali visi untuk dapat membuat perencanaan strategis untuk mengorganisasi PKL menjadi pedagang tradisional di pasar."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T13819
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danianta Darmabrata
"Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam thesis yang berjudul : "Hot Dog sebagai Realisasi dari Nilai Budaya Amerika" ini bertujuan untuk membuat analisis dan kesimpulan tentang adanya representasi dari nilai-nilai budaya Amerika pada makanan Hot Dog.
Penelitian yang bersifat deskriptif-analitik dilakukan oleh penulis melalui pendekatan kualitatif dan cultural studies dengan menganalisa mengenai aktualisasi dan keberadaan dri makanan Hot Dog serta nilai-nilai budaya Amerika apa saja yang terdapat pada makanan Hot Dog tersebut; yang kesemuanya dilaksanakan dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai buku literatur dan artikel ilmiah yang membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan budaya dan nilai budaya Amerika, industrialisasi di Amerika, serta tentu saja Hot Dog.
Dari pengamatan yang dilakukan terhadap nilai-nilai budaya Amerika diperoleh kesan bahwa, nilai-nilai budaya Amerika tersebut timbul dalam sikap-sikap yang dimiliki oleh orang-orang Amerika seiring dengan tumbuh dan berkembangnya era industrialisasi di Amerika.
Dalam hal yang berkenaan dengan Hot Dog, nilai-nilai budaya Amerika yang dijadikan sebagai sumber penelaahan pada thesis ini adalah :
Time is Money, dan disertai pula dengan Work and Play. Penerapan dari nilainilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari orang Amerika antara lain tampak pada sikap-sikap mereka yang cenderung untuk suka bekerja keras dengan produktifitas tinggi, senantiasa menerapkan efektifitas dan efisiensi dengan penerapan jadwal kegiatan kerja yang ketat serta alokasi waktu yang tepat (Punctuality), disamping menyukai pula kegiatan rekreasional serta berbagai hal (sesuatu atau barang) yang bersifat praktis, relatif dapat cepat diraih (diperoleh), namun dengan harga yang cukup terjangkau (murah), meskipun menyukai pula barang-barang yang berharga cukup mahal untuk menunjukkan Prestise (sekumpulan orang pada strata sosial teratas dalam lingkungan kemasyarakatan di Amerika) mereka atas kelebihan jumlah materi yang telah mereka peroleh sebagai,hasil dari kerja keras mereka sebelumnya, dan lain-lain.
Sikap-sikap seperti di atas, secara langsung maupun tidak, telah turut pula mempengaruhi pada terbentuknya jenis makanan Hot Dog sebagai makanan yang dipilih oleh masyarakat Amerika, karena dianggap (dirasa) telah dapat memenuhi tuntutan mereka akan nilai-nilai budaya Amerika yang mereka anut.

This thesis of "Hot Dog as a realization of American Cultural Values" has a purpose in making analyzes and to finally make a conclusion that there is a representation of American Cultural Values within a Hot Dog, which kowingly well has become an American Food itself.
It is a Descriptive-Analytical research by using a Qualitative and Cultural Studies approach in analyzing about what kind of American cultural Values in existing and actualized the American food of Hot Dog.
By compiling, coIIecting, and comparing the substances in every single literatures and articles that refers and specifically explain to all the matters of American Cultural Values, American Industrialization's Progress from the Past until the Present, and surely ofcourse about the Hot Dogs.
In a way of learning about American Cultural Values, there's an appearing of a conclusion that American Cultural Values basically has just emerged within the behaviour and attitude of the American theirselves which relates accordingly to the development of American Industrialization.
For about a Hot Dog, few American Cultural Values which been used as a Social Scientific resources to analyzed this thesis are :
Time is Money, Material Well-Being, and include also Work and Play. All of the American Cultural Values above has appearingly showned in the behaviour or attitude of American themselves such as; effectively efficient, hard worker, high productivity, and applied always a persistence schedule of time (Punctuality), but still, able also to enjoy the fun and other recreational activity on the other side. Usually they prefer to choose a certain kind of condition to do also in keeping their priceless property owned (namely cash or money) by hoping, that kind of cash or money could be easily to get, but later on wouldn't be necessary to them to spend quite a lot of it. But there's also an opposite of that such as, they also love to have the fancy things, just to show up their prestige.
Their attitudes of all above are directly or indirectly has contribute and giving somekind of influence too in the emerging and creating process of Hot Dog as an Identically American Food, that caused by the needs in fulfilling the demand of American Cultural Values.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T17588
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahjadi Darmabrata
Jakarta : EGC, 2003
614.15 WAH p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyono Darmabrata
Jakarta: Setio Acnees , 2001
346 WAH h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Soekatri Darmabrata
Depok: Universitas Indonesia, 2000
345.05 SOE p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>