Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Ayu Sekarini
"Penelitian ini menganalisis jumlah, jenis, dan ukuran mikrplastik yang tersangkut pada lembar insang ikan bandeng yang dibudidaya di Tambak Marunda, Jakarta Utara. Kriteria pengambilan sampel ikan bandeng adalah yang berumur sekitar 5—6 bulan (siap konsumsi) sebanyak 10 ekor. Organ yang diteliti adalah insang ikan bandeng pada lenbar terluar (anterior hemibranch), tengah, dan dalam (posterior hemibranch). Masing-masing lembar tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu atas (upper), tengah, dan bawah (lower). Insang ikan bandeng diisolasi dari organ tubuh lainnya kemudian dibagi berdasarkan posisi lembar insang. Sampel insang kemudian diamati dengan object glass yang ditetesi akuades di bawah mikroskop cahaya dan didokumentasikan menggunakan kamera. Ukuran mikroplastik dianalisis menggunakan aplikasi ImageJ. Jenis mikroplastik yang ditemukan adalah fiber, film, fragmen, dan granula dengan persentase fiber 66%, film 14%, granula 14%, dan fragmen 6%. Ukuran partikel fiber memiliki rentang 974—5000 µm, film 144—628,8 µm, fragmen 157—1.125 µm, dan granula 117,7—484 µm. Komposisi mikroplastik terbanyak ditemukan di lembar terluar (6.667 partikel) > dalam (6.480 partikel) > tengah (6.449) dan komposisi pada sisi kanan insang lebih tinggi (10.414 partikel) dibandingkan sisi kiri insang (10.055 partikel).

This research analyzed the number, types, and size of microplastics in milkfish gills sheets from cultivated pond in Marunda, North Jakarta. The criteria for the sample were fish that ready for consumption (around 5—6 month old) and 10 individuals. The organs studied were the outer sheet (anterior hemibranch), middle (posterior hemibranch), and inner (posterior hemibranch) of milkfish gills on each sheet was divided into three parts, namely upper, middle, and lower. The gills were isolated from other organs and then divided based on position of the gills sheets. The gills were then placed on object glass dripped with distilled water under a light microscope and were documented using a camera device. Microplastic size was analyzed using ImageJ (Application). Microplastic types found include fiber, film, fragment, and granule with 66% fiber, 14% film, 14% granule, and 6% fragment. The particle size of the fiber has a range of 974—5000 µm, film 144—628,8 µm, fragment 157—1.125 µm, and granule 117,7—484 µm. The highest microplastic composition was found in outer sheet (6,667 particles) > inner (6,480 particles) > middle (6,449 particles) and the composition on the right side of the gills was higher (!0,414 particles) than the left side of the gills (10,055 particles)."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sara Ayu Sekarini
"Kaolin merupakan mineral alam yang melimpah keberadaannya di
Indonesia dan memiliki kandungan SiO2 dan Al2O3 tertentu yang dapat
digunakan sebagai bahan dasar pembentukkan material lain, seperti zeolit X.
Zeolit X merupakan material aluminosilikat berongga yang memiliki rasio Si/Al
yang rendah(1-1,5) dan banyak digunakan sebagai katalis dalam berbagai
proses industri. Dalam penelitian ini dilakukan sintesis zeolit X dengan
proses hidrotermal pada suhu 900C selama 72 jam dari bahan dasar kaolin
dengan komposisi gel yaitu: 3,83 Na2O : 1,17 K2O : Al2O3 : 2,97 SiO2 : 118
H2O yang divariasikan rasio Si/Al-nya, yakni Si/Al=1,33 dan 1. Zeolit X
tersebut diaplikasikan sebagai katalis dalam reaksi O-metilasi fenol dan
metanol menjadi anisol. Reaksi yang terjadi divariasikan menurut waktu
(6,10,14,18, dan 24 jam) dan %berat katalis (5%,10% ,15%, dan 25% berat
reaktan). Hasil reaksi kemudian dianalisa menggunakan kromatografi gas
dan ditentukan %yield anisol, %konversi fenol, dan %selektifitas katalis.
Kondisi optimum yang tercapai adalah waktu 10 jam dan berat katalis 15%
berat reaktan dengan menggunakan zeolit X (Si/Al=1,33) dimana %konversi
fenol = 85,4%; %yield anisol = 84,6%; dan %selektifitas = 99,1%. Reaksi Ometilasi
juga dilakukan pada minyak jambu mete sebagai sumber fenol
dengan metanol. Hasil reaksi kemudian diekstrak menggunakan etil asetat
dan heksana kemudian diambil fasa organiknya dan dianalisa menggunakan FTIR. Didapati bahwa terbentuk puncak pada daerah 2869 cm-1 yang
menunjukkan –OCH3."
Depok: [Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, ], 2009
S30516
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Viona Ayu Sekarini
"ABSTRACT
The primary objective of this study is to examine the role of infrastructure on income convergence in Indonesia. 29 provinces are observed in this study between 2000 until 2013. Infrastructure measured by the access to electricity, quality of roads and clean water distribution. Another variables also tested such as human capital and physical capital. The result shows that some variables are significant but still have less impact indicates that growth of infrastructure is not good enough to closed the gap between provinces.

ABSTRAK
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji peran infrastruktur pada konvergensi pendapatan di Indonesia. 29 provinsi diuji dalam penelitian ini dalam periode waktu 2000 -2013. Infrastruktur diukur dengan jumlah masyarakat yang dapat mengakses listrik, kualitas jalan, dan distribusi air bersih. Dalam tesis ini, variabel lain juga diuji antara lain; sumber daya manusia, dan modal fisik. Hasil dari tesis ini menunjukkan bahwa hanya beberapa variabel infrastruktur yang signifikan. Dengan itu, pertumbuhan infrastruktur yang cukup pesat belum dapat menurunkan tingkat kesenjangan antar provinsi di Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji peran infrastruktur pada konvergensi pendapatan di Indonesia. 29 provinsi diuji dalam penelitian ini dalam periode waktu 2000 -2013. Infrastruktur diukur dengan jumlah masyarakat yang dapat mengakses listrik, kualitas jalan, dan distribusi air bersih. Dalam tesis ini, variabel lain juga diuji antara lain; sumber daya manusia, dan modal fisik. Hasil dari tesis ini menunjukkan bahwa hanya beberapa variabel infrastruktur yang signifikan. Dengan itu, pertumbuhan infrastruktur yang cukup pesat belum dapat menurunkan tingkat kesenjangan antar provinsi di Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji peran infrastruktur pada konvergensi pendapatan di Indonesia. 29 provinsi diuji dalam penelitian ini dalam periode waktu 2000 -2013. Infrastruktur diukur dengan jumlah masyarakat yang dapat mengakses listrik, kualitas jalan, dan distribusi air bersih. Dalam tesis ini, variabel lain juga diuji antara lain; sumber daya manusia, dan modal fisik. Hasil dari tesis ini menunjukkan bahwa hanya beberapa variabel infrastruktur yang signifikan. Dengan itu, pertumbuhan infrastruktur yang cukup pesat belum dapat menurunkan tingkat kesenjangan antar provinsi di Indonesia."
2017
S68603
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sekarini
"Angka Kematian Bayi AKB menjadi salah satu poin prioritas pembangunan kesehatan dan indikator kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu cara untuk menurunkan tingginya AKB adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi bayi dan balita melalui pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan. Cakupan ASI eksklusif di Jakarta tahun 2015 sebesar 67,1, sedangkan di wilayah kota Jakarta Selatan sebesar 34,5 dan untuk wilayah Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu pada tahun 2015 sebesar 68 dan mengalami penurunan pada tahun 2016 menjadi 59,4 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hubungan pengetahuan ibu, Inisiasi Menyusu Dini, dan keterpaparan informasi susu formula dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0 ndash; 6 bulan di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Tahun 2017. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan responden seluruh ibu yang mempunyai bayi usia 7 ndash; 24 bulan sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisa secara univariat dan bivariat menggunakan chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 35,7 responden yang ASI eksklusif. Hasil analisis bivariat yang terbukti berhubungan secara bermakna adalah pengetahuan ibu p=0,024, dan Keterpaparan informasi dan promosi susu formula p=0,009 dengan perilaku pemberian ASI eksklusif. Disarankan bagi Puskesmas kecamatan Pasar Minggu untuk memberikan informasi tentang ASI eksklusif dan IMD pada ibu dan keluarganya sejak dalam masa kehamilan, meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan mengenai tata cara pelaksanaan IMD dan kebijakan terkait IMD dan ASI eksklusif dan melakukan supervisi, serta meningkatkan sosialisasi pentingnya pemberian ASI eksklusif dan larangan pemberian susu formula untuk bayi 0 - 6 bulan tanpa indikasi medis, menyediakan klinik laktasi atau sarana konsultasi laktasi untuk ibu yang mengalami kesulitan atau masalah dalam proses menyusui. Bagi Ibu dan keluarga untuk meningkatkan mereka suami/ibu/ibu mertua tentang ASI sejak kehamilan, tentang IMD dan peraturan pemerintah tentang larangan penggunaan susu formula untuk bayi 0 ndash; 6 bulan tanpa indikasi medis.

Infant Mortality Rate IMR became one of the priority points of health development and quality of life indicator and public health status. The way used to decrease the high rate of IMR is to fulfill the nutritional needs of infants and toddlers through exclusive breastfeeding for 6 months. The coverage of exclusive breastfeeding in Jakarta in 2015 amounted to 67.1, while in South Jakarta city area was 34.5 and for the Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu area in 2015 was 68 and decreased in 2016 to 59.4 . This study aims to determine the relationship of knowledge of mother, Initiation of Early Breastfeeding, and exposure of infant formula information with exclusive breastfeeding in infants aged 0 6 months in Puskesmas Pasar Minggu Subdistrict 2017. The design of this study is a quantitative study with respondents all mothers who have infants aged 7 24 months as many as 84 respondents. Technique of collecting data using questioner, then analyzed by univariat and bivariate using chi square.
The results showed that only 35.7 of respondents were exclusive breastfeeding. The result of bivariate analysis that proved to be significantly related was maternal knowledge p 0,024, and exposure of information and promotion of infant formula p 0,009 with exclusive breastfeeding behavior. Suggested to Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu to provide information on exclusive breastfeeding and IMD to mothers and their families since pregnancy, to increase the knowledge of health personnel on IMD implementation procedures and related policies on IMD and exclusive breastfeeding and to supervise and to increase the socialization of the importance of exclusive breastfeeding and prohibition of infant formula feeding 0 6 months without medical indication, providing lactation clinic or lactation consultation facility for mother having difficulties or problems in breastfeeding process. For mothers and families to improve their knowledge husband mother mother in law about breastfeeding since pregnancy, IMD and government regulations about the prohibition of using infant formula 0 6 months without medical indication.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandjaitan, Dwi Ayu Sekarini
"Pandemi COVID-19 menyebabkan teknologi untuk berkembang pesat dan memaksa berbagai sektor untuk turut berubah mengikuti perkembangan, salah satunya adalah strategi pemasaran. Penggunaan media elektronik dan digital untuk pemasaran dan komunikasi mengalami peningkatan yang pesat. Di Indonesia, strategi pemasaran online tidak lagi menjadi sesuatu yang asing dilihat, terutama pada media sosial. Instagram dikutip sebagai salah satu platform media sosial terbesar di Indonesia dengan lebih dari 90 juta pengguna tidak melepaskan kesempatan ini dan menawarkan layanan pemasaran online yang dikenal sebagai Instagram ads. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa faktor apa saja yang memengaruhi niat beli konsumen pada pemasaran online melalui Instagram ads dengan fokus utama pada mahasiswa. Dengan responden sejumlah 149 responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan sekitarnya, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram ads memiliki enam faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen. Faktor tersebut antara lain adalah tiga faktor yang memengaruhi secara langsung yaitu kemampuan konsumen mengingat iklan, click-through rates, sikap terhadap iklan dan tiga faktor yang memengaruhi secara tidak langsung melalui sikap terhadap iklan yaitu kredibilitas, hiburan, dan tingkat informasi yang ditawarkan dalam iklan. Dengan kata lain, Instagram ads mampu meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Ditemukan bahwa iklan dengan konten yang informatif dan kredibel namun tetap menghibur mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan sehingga berpengaruh pula pada niat beli.

The COVID-19 pandemic has accelerated technological development and forced various sectors to adapt to these advancements, including marketing strategies. The use of electronic and digital media for marketing and communication has seen rapid growth. In Indonesia, online marketing strategies have become well-established, especially on social media. Instagram, cited as one of the largest social media platforms in Indonesia with over 90 million users, has seized this opportunity by offering an online marketing service known as Instagram ads. This study aims to examine the factors influencing consumer purchase intention in online marketing through Instagram ads, focusing primarily on students. With 149 respondents residing in DKI Jakarta and its surroundings, the results of this study indicate that Instagram ads have five factors that influence consumer purchase intention. These factors include three that have a direct effect: ad recall, click-through rates, and attitude towards the ad, and three that have an indirect effect through attitude towards the ad: credibility, entertainment, and the level of information offered in the ad. In other words, Instagram ads can increase consumers' desire to purchase promoted products, thereby boosting sales. It is found that ads with informative and credible content, yet entertaining, affect consumers' attitudes towards the ads, which in turn influences their purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library