Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aulia Mardhatillah Bilhaq
"Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses konstruksi atas realitas sosial pada pendidikan teknologi yang dialami oleh guru bidang pendidikan teknologi. Konstruksi terkait pendidikan tidak akan terlepas dari aspek komunikasi pendidikan yang melingkupi peranan guru dalam pelaksanaan pendidikan dan mengahadapi hambatan serta menjawab tantangan dunia kerja melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa proses konstruksi terjadi secara dialektis melalui eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Komunikasi dan interaksi yang terjadi antara guru dan lingkungannya membentuk pemahaman tentang kondisi yang dihadapi serta menjadi perwujudan dari konstruksi yang terbentuk. Eksternalisasi yang terjadi berupa proses interaksi dan pencarian informasi. Objektivasi ditunjukkan saat guru menentukan tindakan sebagai bentuk adaptasi. Internalisasi terjadi melalui sosialisasi sekunder yang membentuk nilai pemaknaan terkait pendidikan teknologi kemampuan siswa daerah dan kesenjangan teknologi yang ada. Konstruksi yang terjadi mengarah pada adaptasi dari kondisi yang ada pada pendidikan teknologi di daerah dengan tuntutan pekerjaan dan perkembangan teknologi yang terjadi. Adaptasi yang dilakukan antara lain penyesuaian metode belajar dengan kondisi yang ada serta bentuk tindakan guru dalam menjawab tantangan dunia kerja.

This research aims to discover the construction process of social reality in technology education experienced by teachers in the field of technology education. Construction related to education cannot be separated from the communication aspect of education which covers the role of teachers in implementing education and facing obstacles and responding to challenges in the world of work through Vocational High Schools (SMK). This research uses a qualitative approach and a constructivist paradigm with a case study method. The research found that the construction process occurred dialectically through externalization, objectivation and internalization. Communication and interaction between teachers and their environment forms an understanding of the conditions faced and becomes an embodiment of the construction that is formed. Externalization that occurs is in the form of a process of interaction and information seeking. Objectivation is shown when the teacher determines action as a form of adaptation. Internalization occurs through secondary socialization which forms meaning values related to technology education and the abilities of regional students. The construction that occurs leads to adaptation of existing conditions in technological education in the region to the demands of work and technological developments that occur. The adaptations made include adjusting learning methods according to existing conditions and the forms of teacher action in responding to the challenges of the world of work."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library