Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 70 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfred
"Pada sebuah pelaksanaan perencanaan dibutuhkan suatu pengendalian terhadap proyek tersebut. Pengendalian yang dilakukan terdiri dari pengendalian biaya, waktu, mutu. Pengendalian ini dilakukan untuk menjaga pekerjaan pada proyek tetap pada target untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pengendalian memiliki fungsi penting yaitu monitoring performa dan fungsi manajerial. Dalam pelaksanaan suatu rencana yang telah disusun biasanya terjadi perubahan-perubahan yang mengakibatkan penyimpangan-penyimpangan dari rencana yang telah disusun. Penyimpangan ini terjadi akibat faktor resiko yang terjadi dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Penyimpangan yang terjadi antara lain pembengkakan biaya (overhead cost), mutu yang kurang baik, waktu pelaksanaan yang tidak sesuai jadwal. Pembengkakan biaya yang terjadi dapat menggangu neraca perencanaan yang sudah dibuat. Hal ini mengakibatkan perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dari yang direncanakan. Penyimpangan ini memerlukan suatu tindakan yang tepat dari pihak kontraktor. Untuk mengatasi penyimpangan itu diperlukan tindakan koreksi. Tindakan koreksi berarti tindakan pengendalian untuk memperbaiki trend yang tidak baik atau tindakan mengambil keuntungan dari trend yang menguntungkan. Tindakan koreksi ini merupakan tindakan yang terus dilakukan selama tahap pelaksanaan proyek berlangsung dan dilakukan dengan mempelajari berbagai kemungkinan metode yang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini akan menganalisa pelaksanaan proyek yang ada dibandingkan dengan rencana proyek. Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam proyek tersebut dianalisa dan diberikan tindakan koreksi yang dibutuhkan untuk meminimalisasi penyimpangan yang terjadi. Penyimpangan yang dianalisa hanyalah penyimpangan kelebihan biaya (overhead project). Dari penelitian ini diharapkan dari setiap penyimpangan yang terjadi dapat diketahui tindakan koreksi yang dibutuhkan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S34832
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfred
Barkeley: Peachpit press, 1999
025.042 52 ALF s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alfred
"ABSTRACT
Silo merupakan struktur yang cocok sebagai tempat penyimpanan material-material kering bulk material seperti gandum, semen, abu terbang, dll. karena memberikan proteksi terhadap cuaca luar. Sering kali, silo dibangun berkelompok dan dihubungkan dengan tangga/ jembatan. Retak pada dinding menjadi hal yang krusial dan dapat memepengaruhi kualitas material di dalamnya, hingga berdampak pada kerugian finansial. Struktur silo umumnya memiliki redudansi rendah, dengan massa yang besar dan geometri yang tinggi. Hal ini membuat silo sebagai salah satu struktur dengan laju kegagalan yang tinggi dibanding struktur industrial lainnya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana jenis sambungan antara struktur tangga pada dinding silo memengaruhi perilaku struktur terhadap gempa. Analisis dilakukan dengan metode respons spektrum, dan pembebanan sesuai Eurocode. Penelitian ini akan mempelajari variasi jenis sambungan, ketinggian silo, serta ketinggian material yang tersimpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek jenis sambungan antara tangga dengan dinding silo bersifat lokal, dan sambungan fleksibel memberikan reduksi besar terhadap gaya aksial yang terjadi pada balok tangga serta tegangan pada dinding di sekitar sambungan. Selain itu, silo yang lebih tinggi dan menyimpan lebih banyak material akan mengalami gaya-gaya yang lebih besar, terutama akibat tekanan material yang disimpan terhadap dinding akibat eksitasi dinamik.

ABSTRACT
Silos are suitable as storage structure for bulk materials such as wheat, cement, fly ash, etc. for its protection from weather effect. Usually, silos are built as a group and connected by stairs bridges. Crack on silos rsquo wall become a crucial problem and may affect storage rsquo s quality, so bad that it becomes a financial problem. Silos commonly have low redundancy, high mass, and high geometry. These factors make silos have high failure rate compared to other industrial structure. This research will be focused on how connection between stairs and silos rsquo wall affect structure response on earthquake. Response spectrum analysis will be used and models are loaded according to Eurocode. Variation of connection type, silos and storage rsquo s height will be conducted. The results of this study show that connection type gives local effect on silos. The usage of flexible connection reduces connecting beam rsquo s axial forces, as well as stresses on wall around the connection. The higher the silos, and the higher the materials stored, the higher displacement, forces and stresses on silos. This effect in mainly caused by additional pressure given by materials stored onto silos wall due to dynamic excitation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Glossbrenner, Alfred
Berkeley Osborne: McGraw-Hill, 1993
004 GLO f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Heubeck, Alfred
Oxford : Clarendon Press, 1990
883.01 HEU c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Maund, Alfred
Urbana : University of Illinois Press, 1999
813.54 MAU b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cobban, Alfred
New York : Penguin Books, 1990
944.08 COB h III
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Marolop Alfred
"Pengujiaan ini merupakan salah bentuk pengujiaan pasar efisien setengah kuat (semi strong form) pada pasar di Indonesia yaitu Bursa Efek Jakarta, tujuaan utamanya adalah untuk melihat pengaruh informasi berupa rumor saham terhadap pergerakan harga saham. Pergerakan disini meliputi abnormal retun, likuiditas dan reaksi investor. Metodologi penelitian yang digunakan adalan metodologi event study yang berfokus pada abnormal return untuk melihat besarnya pengaruh dari suatu event dan metodologi pengujiaan t lest: paired two-sample means untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata antara sebelum dan sesudah event.
Dari hasil yang didapat berdasarkan metodologi diatas ternyata menunjukaan bahwa terdapat perubahan CAR (Cumulative Abnormal Return), AAR (Average Abnormal Return), CAAR (Cunulatve Average Abnormal Return) dan likuiditas saham yang searah dengan isi dari rumor yang diberitakan dan juga terdapatnya reaksi dari investor berupa peningkatan volume dan frekuensi perdagangan. Hal ini tentu sangat menarik bagaimana rumor dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan atau menjadi dasar keputusan bertransaksi para investor di Bursa Efek Jakarta, jika kita lihat karakteristik dari rumor itu sendiri yaitu informasi yang tidak jelas kebenarannya. Inilah yang membuat rumor menjadi sebuah fenomena dalam dunia informasi, bagaimana sesuatu yang tidak jelas kebenarannya dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

This thesis is one of test of semi-strong efficient market hypothesis on Jakarta Stock Exchange (JSX). We used two methodology to analyses rumor on stock market: the event study methodology and the analysis t test: paired two sample means. Event that is used in this thesis is market rumor from investor daily and website investor indonesia. We used 198 rumors that we divided into 151 rumors positive and 46 negative rumor from January 2004 to June 2005. Focus of this thesis is to analyze effect of the market rumor (positive and negative) can the abnormal return movement (CAR, AAR and CAAR) and stock liquidity. We also analyze stock market reaction to the new information in form rumor.
Our result shows that CAR, AAR, CAAR and stock liquidity changes is move along with rumor content and follows with increasing in volume and trading frequency. This is very interesting how rumors can influence decision-making process or foundation to make decision that can influence stock return. This result is phenomenal because in information without good source can influence process of decision-making.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T17053
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inkiriwang, Alfred
"Tesis ini meneliti, Iowa 80 Truckstop, tempat istirahat pengemudi trek yang terletak pada Interchange exit 284, yang merupakan interchange dari Interstate Highway 1-80 di negara bagian Iowa, Amerika Serikat. Truck stop ini mendapat julukan "The largest tuckstop in the world" dan oleh beberapa pengunjung dikatakan bahwa Iowa 80 Truckstop sudah menjadi sate Trucker Village. Lokasi Iowa 80 Truckstop terdapat dalam Scott County, Iowa dirnana terdapat dua kota metropolitan yaitu Davenport dan Bettendorf dan beberapa kota-kota kecil pedesaan yang terletak sekitar Iowa 80 Truckstop. Bersama dengan dua kota yang terletak di Illinois, Davenport dan Bettendorf disebut the Quad Cities dan bersama tiga county pedesaan yang terletak di Iowa dan Illinois daerah ini dikatakan sesuai dengan bentuk terbaru daerah metropolitan Amerika, a mulitinucleated metropolitan region.
Perkembangan kota Amerika dengan pusat kota, mainstreet atau downtown, yang berada ditengah kota, berubah menjadi bentuk daerah metropolitan dimana pusat-pusat perkotaan terletak pada daerah rural urban fringe yang menjadi bagian daerah metropolitan ini. Metropolitan menjadi daerah dimana terdapat kota besar, kota pedesaan dan daerah antara kota dan desa dan metropolitan menjadi daerah yang luas dan dalamnya terdapat pusat-pusat kegiatan dengan fungsi tertentu. Kota-kota dikatakan sudah tidak berbatas lagi.
Transformasi metropolitan ini terjadi karena dibangun satu sistem jaringan jalan raya yang memungkinkan orang bisa melakukan perjalanan di Arnerika dengan mudah, dan semua kota ataupun daerah dapat dicapai dengan cepat dengan memakai mobil. Mobilitas masyarakat Amerika yang tercipta sangat sesuai dengan nilai budaya kebebasan dan keinginan sesuatu yang bare, dan pemukiman yang terjadi tersebar seluruh benua Amerika. Untuk menghidupkan pemukiman-pemukiman ini diperlukan media transportasi yang bisa mengikuti jaringan jalan raya dart sebagai alat yang paling sesuai adalah pengangkutan dengan truk. Perjalanan berhari-hari meliwati jaringan jalan raya menyebabkan terbentuk kebudayaan pengemudi truk yang disamakan dengan koboi Arnerika masa lampau. Perjalanan jauh membutuhkan isirahat dan muncullah dipinggir jalan raya truck stop, tempat pengemudi truk beristirahat dan truk diservis. Salah satu perhentian truk ini adalah Iowa 80 Truckstop.
Truck stop ini maju pesat selarna empat puluh tahun karena mengikuti misi dan visi pendirinya, Bill Moon yaitu tetap menekuni pelayanan pengemudi truk (trucker) dan menyesuaikan pelayanan dengan kebudayaan pengemudi truk. Dengan semua fasilitas dan jasa pelayanan yang ada sudah menjadi satu nuclei atau simpul khusus dalam daerah metropolitan Quad Cities.
Tesis ini mencoba membahas dan merangkai keterkaitan Iowa 80 Truckstop dengan perkembangan daerah metropolitan bare, daerah rural-urban fringe, pusat perkotaan, jalan raya Interstate, perkembangan pinggir jalan rays, mainstreet kota pedesaan, kebudayaan pengemudi, dan usaha komersiil dengan meneliti fungsi-fungsi pusat perkotaan yang sudah dipenuhi dan dioperasionalkan oleh Iowa 80 Truckstop terhadap kota-kota kecil pedesaan disekitarnya."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T17555
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bendixen, Alfred
Chichester: Wiley-Blackwell, 2010
813.010 3 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>