Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Fakhruddin
"ABSTRAK
Pembangunan jalan tol atau jalan bebas hambatan telah dilakukan dan memberikan dampak ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti jalan Tol Cipali. Pembangunan Tol Cipali secara langsung telah menumbuhkan pusat kegiatan ekonomi baru. Hal ini menjadi tanda adanya pusat kegiatan ekonomi baru. Tumbuhnya pusat kegiatan ekonomi baru membuat harga tanah di sekitar Tol Cipali menjadi meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola keruangan perubahan harga tanah di sekitar Tol Cipali beserta faktor yang mempengaruhinya yaitu pusat kegiatan ekonomi, jarak dari pintu tol, status tanah dan penggunaan tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya pengumpulan data sekunder melalui instansi, wawancara sekaligus validasi di lapangan. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan overlay sebagai media penyampaian dan juga analisis kuantitatif dengan rumus pearson product moment, One Way Annova, dan Regresi Linier. Penelitian menunjukkan bahwa tidak semua wilayah di sekitar jalan tol mengalami perubahan harga tanah. Perubahan harga tanahnyapun bervariasi. Pada tanah yang mengalami perubahan harga, jarak terhadap pintu tol sangat berpengaruh. Perubahan harga tanah terutama terjadi pada wilayah dengan dominasi penggunaan tanah terbangun atau di dominasi dengan pusat kegiatan ekonomi. Status tanah tidak berpengaruh pada perubahan harga tanah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan perubahan harga tanah di pengaruhi oleh jarak dan pusat kegiatan ekonomi.

ABSTRACT
Toll road construction has been carried out and has had an economic impact directly and indirectly, as well as Cipali Toll Road. The high economic activities, the growth of new facilities, and the land use changes around this toll road are signs of new economic ativities. The new economic activity centers has increased the land price in the surrounding area. The objective of this study is to determine the land use price changes at the Cipali Toll Road and understand the factors that influence it, namely the economic activity, distance from toll road gate, land status and land use. Data were colllected by interviewing key informants from the formal agencies and the communities as well. Using overlay technic between land price changes and factors that influence it, the result shows that land price changes did not happen in all areas around the toll road in the same way. Changes in land price also vary. The dominant factor that influence land price changes is distance from the toll road gate. Land price changes mainly occur in areas dominated by built up areas or areas that been dominated by economic facilities. Land status has no effect on land price changes. This result were support by Pearson Product Moment analysis, one way annova, and linier regression. The conclusion of this study showed that land price changes influence by distance from the toll road gate and economic activity center."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fakhruddin
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pembangunan tol khusus tol Trans Jawa terhadap perubahan lahan pertanian dan lahan terbangun. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan difference-in-defference untuk melihat dampak sebelum dan sesudah adanya pembangunan jalan tol. Penelitian ini menggunakan batas administrasi kabupaten / kota sebagai unit analisis serta 92 kabupaten atau kota yang menjadi fokus dari penelitian ini. Pemilihan kabupaten / kota ini berdasarkan pada kabupaten / kota yang dilewati tol serta yang berdampingan dengan kabupaten / kota yang dilewati tol. Hasil dari pengolahan data serta analisis menunjukkan bahwa ada pengurangan luas lahan pertanian sebanyak 24% dan penambahan luas lahan terbangun sebanyak 7% jika dibandingkan dengan kabupaten / kota yang tidak dilewati tol. Jika dilihat dari segi kebijakan, pembangunan tol Trans Jawa dapat dikatakan berdampak buruk terhadap sektor pertanian. Hal ini tidak sesuai dengan cita – cita presiden Joko Widodo yang menginginkan pembangunan dari pelosok negeri serta distribusi barang termasuk hasil pertanian semakin cepat guna menyejahterakan masyarakat yang di dalamnya termasuk para petani.  

This study aims to see the impact of the special toll road construction of the Trans Java toll road on changes in agricultural land and built-up land. The data processing and analysis in this study uses a difference-in-difference approach to see the impact before and after the construction of the toll road. This study uses district/city administrative boundaries as the unit of analysis and 92 districts or cities that are the focus of this research. The selection of regencies/cities is based on the regencies/cities through which the toll road passes as well as those adjacent to the regencies/cities through which the toll road passes. The results of data processing and analysis show that there is a reduction in the area of ​​agricultural land by 24% and an increase in the area of ​​built-up land by 7% when compared to districts/cities that are not passed by toll roads. From a policy perspective, the construction of the Trans Java toll road can be said to have a negative impact on the agricultural sector. This is not in accordance with the ideals of President Joko Widodo who wants development from remote parts of the country and the distribution of goods including agricultural products to be faster in order to improve the welfare of the community, including farmers."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library