Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112284 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ayu Utami
"Ada banyak cara untuk mulai belajar atau mulai menulis, atau mulai belajar menulis. Kali ini, Mari mulai dengan intuisi. Teori menyusul. Mari mulai dengan bermain. Aturan menyusul. Kosongkan pikiran kita dari beban pedoman dan nilai-nilai (segala hal itu akan datang pada waktunya). Tarik nafas dalam panjang duduk santai, kalau perlu lakukan sedikit peregangan, terutama untuk leher, bahu, dan lengan agar kamu sudah rileks. Mari iseng-iseng mencoba menulis tanpa rencana. Pejamkan mata dan abrakada kita mulai dengan kata aku atau kamu atau iya. Buka mata dan coba tulis satu paragraf awal sebuah cerita yang dimulai dengan salah satu kata ganti tadi tak usah panjang-panjang. Katakanlah satu paragraf yang terbentuk dari sekitar 10 kalimat. Buku Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis ini akan mengajarkanmu menulis mulai dari awal. Buku ini berisi materi-materi, antara lain: 1. Mulai dari intuisi, baru beranjak pada abstraksi. 2. Dimulai dan diakhiri dengan latihan. 3. Memberi latihan berpikir filosofis dalam terapan di dalam cerita (karya sastra) 4. Cocok untuk menulis sebagai sarana menemukan dan mengaktualisasikan diri yang otentik. 5. Membuktikan bahwa kita bisa menulis tanpa harus punya ide yang jelas untuk mulai (sebab menulis justru merupakan proses penjernihan ide). Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin jadi penulis tapi bingung memulainya dari mana."
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2021
808.06 AYU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2017
808.06 AYU m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2017
808.06 AYU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Reid, S.P.
Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2004
153.42 REI b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Riyono Pratikto
Bandung: Alumni, 1984
421 RIY k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ipnu Rinto Nugroho
Yogyakarta: Penerbit PKB, 2019
808.06 IPN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Reid, Jerry C
Jakarta: Anak Prestasi Pustaka, 2006
115.4 REI mt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lenny Brida
"Era globalisasi menuntut adanya kemampuan komunikasi yang dapat dipahami secara internasional, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Akan tetapi dari laporan hasil pengawasan dan pemeriksaan pengajaran bahasa Inggris, secara nasional penguasaan bahasa Inggris siswa disimpulkan masih rendah. Dalam hal ini masalah kurikulum, PBM, sarana, mutu pengajar, jumlah siswa perkelas sering dianggap sebagai penyebabnya, sementara faktor karakteristik pembelajar kurang diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor psikologis.
Sebagaimana yang dipaparkan oleh Mackey (1979) banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa asing dan Mackey mengelompokkannya ke dalam tiga kelompok, yaitu faktor linguistlk, faktor sosial budaya dan faktor psikologis. Faktor psikologis yang menjadi fokus penelitian ini adalah faktor berpikir, yaitu berpikir kreatif dan berpikir komprehensi, karena biaanya orang dewasa lebih mengandalkan strategi kognitifnya dalam mempelajari sesuatu, temmasuk mempelajari bahasa asing.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar sebenarnya kontribusi kemampuan berpikir kreatif dan berpikir komprehensi terhadap penguasaan bahasa Inggis mahasiswa Administrasi. Bisnis Poiiteknik Negeri Jakarta Dengan demikian hail penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai dasar dalam upaya pengintegrasian aspek kreativitas dalam pengajaran bahasa Inggris.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
a. Terdapat kontribusi yang signilikan dan posiiif antara kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan bahasa Inggris (Hal).
b. Terdapat kontribusi yang signihkan dan positif antara kemampuan berpikir komprehensi dengan penguasaan bahasa Inggris (Ha2)
c. Terdapat kontdbusi yang signilikan dan positif antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir komprehensi terhadap penguasaan bahasa Inggris (Ha3).
d. Kedua prediktor secara simultan bergabung memberi kontribusi lebih besar terhadap penguasaan bahasa Inggris, dibanding ketika masing-masing prediktor berdiri secara terpisah (Ha4).
Untuk membuktikan hipotesis di atas, penclitian ini menggunakan meiode regresi multivariat untuk mengkaji akibat-akibat dan besarnya akibat dan dua variabel bebas terhadap satu variabel terikat Sampel dipilih berdasarkan strata dan dengan mempcrhatikan proporsinya berdasarkan banyaknya subjek dalam masing-masing strata. Instrumen-instrumen yang digunakan untuk mernperoleh data yang diperlukan adalah Tes Kreativitas Verbal (TKV) untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif, Cloze Test (CT) digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir komprehensi dan English Proficiency Test (EPT) digunakan untuk mengukur penguasaan bahasa inggris subjek penelilian Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terleblh dahulu instrumen diujicoba dan dianalisis validilas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Uji slaristik Cronbach Alpha dan Analisis Faktor. Data utama yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan regresi linear ganda, dengan menggunakan bantuan komputer, yaitu program SPSS 7.5 dan tingkat signifikansi yang dipilih adalah 5% atau P 0.05. Dari hasil analisis tersebut ditemukan :
Terdapat kontribusi yang signifikan dan positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan bahasa lnggris mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Jakarta Besaran kontribusi adalah 3l,9% dengan tingkat probabilitas 0.000. Dengan demikian hipotesis kerja pertama (Hal) diterima. Terdapat kontribusi yang signifikan dan positif antara kemampuan berpikir komprehensi dengan penguasaan bahasa lnggris mahasiswa, dengan bsaran konuibusi yang tidak terlalu besar, yaitu hanya l0,8%, tetapi dengan tingkat probabilitas 0,002 (lebih kecil dari 0.05). Dengan demikian hipotesis kerja kedua (Hal) diterima. Terdapat kontribusi gabungan yang signifikan dan positif antara kemampuan berpikir kreatlf dan berpikir komprehensi terhadap penguasaan bahasa Inggris, yaitu sebesar 57,3% dengan tingkat probabilitas 0.000. Dengan demikian hipotesis kerja ketiga (l-la3) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan bahasa Inggris mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negexi Jakarta berkaitan dengan variahel lain yang tidak 'diteliti dengan besaran 42,7 %. Hasil kontribusi gabungan jauh lebih tinggi dari konttibusi variabel bebas secara sendiri-sendiri. Besaran kontribusi gabungan adalah 57,3 % > 3l,9% (TKV) > l0,8% (CT). Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan prediktor TKV lebih besar kontribusinya dari pada predilctor CT, tetapi prediktor gabungan (TKV dan CT) lebih besar kontribusinya dari pada prediktor terpisah. Dengan demikian secara terpisah kemampuan berpikir kreatif lebih besar kontribusinya terhadap penguasaanbahasa lnggris dibanding kemampuan berpikir kornprehemi, sementara gabungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir komprehensi memberi kontribusi yang lebih besar lagi. Dengan demikian hipotesis kerja keempat (Ha4) dapat diterima Dari hasil temuan di atas dapat disarankan agar teknik-teknik pengembangan berpikir kreatif diintegrasikan ke dalam pengajaran bahasa Inggris dan penelinan ini perlu dikembangkan dalam populasi yang lebih besar, dan dengan komposisi jenis kelamin yang lebih seimbang sehingga dapat diperoleh gambaran hasil yang lebih akurat."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Synectics Model matched with Mind Maps were applied in the instruction in order to achieve the target. This was an experimental quasi research with pre-test post-test control group design. The sample of the research was the eighth grade students of low and high academic levels in Makassar which was selected using cluster sampling random technique. Research data were analyzed using descriptive and inferential statistic of anacova. The results of analyses indicate that: (1) there was significance difference with the mean score of creative thinking ability, creative attitude, and mastery of biology materials due to difference of instruction model used, (2) there was no significant difference of mean score of creative think ability, creative attitude, and mastery of biology materials among the students who belong to the high and low academic level, ( 3) there was no interactional effect between the instructional model used with the students academic level towards creative thinking ability, creative attitude, and mastery of biology materials."
574 JPB 1:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>